10 Wisata Lombok Dekat Bandara yang Eksotis

Lombok termasuk salah satu daerah yang sangat layak untuk dieksplor. Pasalnya disana terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik. Banyak objek wisata Lombok dekat Bandara, sehingga tidak akan memakan banyak waktu untuk mencapainya.

Bahkan di dekat bandara ini juga terdapat beberapa tempat wisata di Lombok yang belum terkenal, sehingga bisa kamu eksplor. Setelah sampai ke tujuan, kamu bakal terpesona dengan keindahan alam yang disuguhkan disana. Wisata Lombok ini memiliki pesona yang tak kalah eksotis seperti Bali.

Objek Wisata Lombok Dekat Bandara

Jika kamu tak memiliki waktu banyak untuk menelusuri Pulau Lombok dengan lebih dalam, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di lombok di bawah ini.

1. Pantai Kuta

Wisata Lombok Dekat Bandara Pantai Kuta
Foto: Go Trip Indonesia

Tidak hanya bali, tapi Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang memiliki keindahan alam yang tak kalah eksotisnya. Pantai Kuta ini menjadi salah satu objek wisata yang bisa kamu kunjungi di kawasan Kuta Mandalika. Terlebih Kawasan ini memiliki banyak sekali tempat wisata dengan fasilitas yang menunjang.

Di Pantai Kuta ini terdapat Bukit Mandalika yang merupakan pasir putih yang membentang sejauh 7,2 cm. Selain memiliki keindahan alam yang cantik, Pantai Kuta ini juga sangat tenang. Air lautnya sangat jernih, jadi kamu bisa melihat keindahan gugusan terumbu karang hanya dari tepi pantai saja.

Pantai ini tidak terlalu jauh dari bagian selatan Bandara Lombok, yakni sekitar 18 km. Untuk alamatnya berada di Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Kamu tidak perlu bayar untuk berlibur ke Pantai Kuta alias Gratis.

2. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak
Foto: Travel Tempo

Banyak turis mancanegara yang menyukai pantai yang satu ini. Karena Pantai Selong Belanak ini memiliki pesona pasir yang bersih dan halus yang membentang sangat luas. Meskipun termasuk pantai, tapi gelombang ombak yang dimiliki oleh Pantai ini tergolong cukup besar.

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Selong Belanak ini, diantaranya surfing, berjemur, atau hanya sekedar menikmati keindahan pantainya saja. Yang lebih uniknya lagi, kamu akan melihat gerombolan kerbau yang melewati pantai ini.

Pantai Selong Belanak ini memiliki jarak sekitar 23 km dari Bandara Lombok. Lokasinya berada di Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Pantai ini hanya beroperasi mulai pukul 9 sampai pukul 5 WITA, tapi untuk tiket masuknya gratis.

3. Pantai Tanjung Aan

Pantai Selong Belanak
Foto: Lombok Indonesia

Satu lagi nih pantai yang tak kalah mempesona di Lombok yang tidak jauh dari Bandara, yaitu Pantai Tanjung Aan. Pantai ini masih ke dalam kawasan Kuta Mandalika,

Pantai Tanjung Aan ini juga memiliki pesona pasir putih yang bersih dan membentang luas dari barat ke Timur. Air lautnya juga masih sangat indah dengan gradasi tosca hingga biru tua. Bahkan arus air lautnya juga masih sangat tenang, sehingga sangat cocok dijadikan tempat bersantai.

Pantai Tanjung Aan ini tidak terlalu jauh dari Bandara Lombok yaitu sekitar 25 km. Pantai ini beroperasi selama 24 jam, hanya saja kamu harus membayar tiket sebesar Rp5 ribu per orang. Tapi itu juga sebanding dengan keindahan alam yang akan kamu lihat di tepi pantai.

4. Pantai Seger

Pantai Selong Belanak
Foto: Paket Wisata Lombok

Objek wisata dekat Bandara Internasional Lombok yang selanjutnya bisa kamu kunjungi adalah Pantai Seger. Di pantai kamu bisa menyaksikan Festival Bau Nyale yang menjadi budaya suku Sasak di Lombok.

Jika ingin berlibur ke Pantai Seger ini, kamu harus masuk ke dalam kawasan Kuta Mandalika. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok, yakni sekitar 20 km. Untuk tiket masuknya gratis dan beroperasional selama 24 jam.

Pantai ini akan membuat pikiranmu kembali segar setelah menjalani hari-hari yang berat di kantor. Pantai Seger ini memiliki pasir yang mempesona karena dihiasi dengan air laut yang biru jernih. Bahkan disana juga terdapat bukit hijau di sekitar pantai.

Setelah berada disana, dijamin kamu bakal betah. Selain bisa menikmati pemandangannya yang menyegarkan mata, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkling.

5. Desa Sasak Sade

Desa Sasak Sade
Foto: IDN Times

Di dekat Bandara Internasional Lombok terdapat tempat tinggal masyarakat asli Suku Sasak bernama Desa Sasak Sade. Masyarakat disini masih mempertahankan adat dan budayanya. Sehingga banyak hal menarik yang akan kamu dapatkan setelah memasuki desa tersebut.

Bangunan yang ada di Desa Suku Sasak Sade ini masih terbuat dari anyaman bambu. Bagian atapnya masih terbuat dari ijuk dengan bambu sebagai kuda-kudanya. Sementara untuk lantainya terbuat dari tanah dan kotoran kerbau.

Disana kamu juga bisa belajar cara membuat tenun karena akan diajarkan langsung oleh masyarakat suku Sasak asli. Untuk kamu yang ingin belajar lebih banyak tentang budaya Nusantara, sangat cocok mengunjungi Desa Sasak Sade ini.

Desa ini berada di Rembitan, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB dengan jarak dari Bandara sekitar 10 km. Desa ini bisa diakses selama 24 jam penuh, bahkan kamu juga tidak perlu bayar untuk memasukinya.

6. Goa Bangkang Prabu

Goa Bangkang Prabu
Foto: Panduan Wisata

Lombok tidak hanya terkenal dengan pantainya yang mempesona saja loh! Ada juga objek wisata tersembunyi di Lombok yang belum tereksplor oleh wisatawan. Tempat wisata itu bernama Goa Bangkang yang berada di Pujut, Lombok Tengah dengan jarak dari Bandara sekitar 21 km.

Goa ini memiliki daya tarik tersendiri untuk pengunjungnya karena terdapat lubang besar, sehingga cahaya matahari bisa menyinari bagian sisi goa. Oleh sebab itulah masyarakat disana menyebutnya sebagai “Cahaya Tuhan”.

Karena cahaya yang masuk ke dalam lubang besar di atap itu memberikan kesan seperti cahaya yang turun dari langit. Objek wisata ini hanya beroperasi di siang hari saja dengan tiket masuk seharga Rp10 Ribu saja per orang.

7. Masjid Kuno Gunung Pujut

Masjid Kuno Gunung Pujut
Foto: Harga Transport Lombok

Lombok juga dikenal sebagai ‘Pulau Seribu Masjid” karena disana terdapat banyak sekali masjid. Ketika berlibur kesana kamu akan menemukan banyak masjid meskipun hanya di daerah pedesaan. Jarak masjid di setiap desa itu juga sangat berdekatan.

Berbicara tentang masjid, di Kabupaten Lombok Tengah terdapat sebuah masjid kuno karena berdiri sejak awal abad ke-17. Masjid kuno itu bernama Masjid Kuno Gunung Pujut. Dulu masjid ini sering digunakan sebagai tempat untuk melakukan tradisi Wetu Telu.

Masjid kuno ini memang sudah tidak digunakan lagi, tapi kamu masih tetap bisa mengunjunginya. Objek wisata ini akan buka mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore dengan tiket masuk gratis.

8. Islamic Center NTB

Islamic Center NTB
Foto: Travel Tempo

Jika diperhatikan, kubah Masjid Hubbul Wathan ini mirip seperti motif batik dari suku Sasak, Samawa, dan Mbojo. Masjid ini tidak hanya bisa digunakan sebagai tempat beribadah. Kamu juga bisa naik ke atas menara dengan ketinggian 99 meter untuk melihat keindahan kota Mataram dan Pulau Lombok.

Rasanya kurang lengkap deh liburan ke Lombok kalau tidak mengunjungi Masjid Raya Hubbul Wathan. Masjid ini juga merupakan Islamic Center Nusa Tenggara Barat karena menjadi masjid terbesar di Provinsi NTB. Bahkan sudah dijadikan pusat bagi mesjid lainnya yang tersebar di Lombok sampai Sumbawa.

9. Taman Wisata Tanjung Beru

Jika bosan dengan suasana pantai, kamu juga bisa pergi ke Taman Wisata Tanjung Beru yang lokasinya berada di Batujai. Taman ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak masyarakat, apalagi ketika akhir pekan.

Disana kamu bisa melihat langsung proses penangkapan ikan nila dan mujair yang dilakukan oleh warga setempat dengan menggunakan jala. Taman Wisata Tanjung Baru ini beroperasi mulai jam 6 pagi sampai jam 9 malam dengan tiket per orangnya sebesar Rp2 Ribu saja.

10. Bukit Merese

Bukit Merese
Foto: The Langkah Travel

Jika kamu berkunjung kesana di musim kemarau, rumput yang menghiasi bukit Merese akan berwarna kecoklatan. Jika di musim hujan, warnanya akan kembali menghijau.Ketika berlibur ke Pantai Tanjung Aan, tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Bukit Merese.

Karena suasana alam yang ada di bukit ini sangatlah cantik dan mempesona. Bukit ini sering dijadikan spot untuk menikmati sunset, karena kamu bisa melihat betapa cantiknya Pantai Aan dari atas bukit. Bukit ini beroperasi selama 24 jam dengan tiket masuk per orangnya sebesar Rp5 Ribu saja.

Itulah beberapa objek wisata Lombok dekat Bandara yang bisa kamu kunjungi. Lokasinya memang tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok, jadi waktu liburanmu bisa lebih efisien tanpa harus menghabiskan waktu di jalanan. Semoga bermanfaat.