10+ Objek Wisata Bandung Timur Wajib Dikunjungi

Bandung memang terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, termasuk juga di kawasan Bandung Timur. Banyak objek wisata Bandung Timur yang bisa kamu kunjungi untuk liburan.

Objek wisata di Bandung Timur juga tidak kalah indahnya seperti halnya objek wisata Bandung-Lembang. Karena ada juga beberapa tempat yang memiliki nuansa alam yang mempesona.

Rekomendasi Wisata Bandung Timur

wisata bandung timur

 

Untuk kamu yang masih bingung mau pergi berlibur akhir pekan kemana, tenang saya akan kasih referensinya. Yuk langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Curug Cisanggarung

Salah satu tempat wisata Bandung Timur, Jawa Barat yang sangat mempesona adalah Curug Cisanggarung. Kamu akan seperti menyusuri tempat dinosaur alias Jurassic Park.

Wisata Curug Cisanggarung ini memang belum begitu populer di kalangan para traveller. Wisata yang sering disebut Curug Batu Templek ini belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Bahkan oleh traveler Bandung sekalipun.

Curug Batu Templek ini terletak di Kampung Cisanggarung, Kelurahan Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Kalau kamu berada di sekitaran Bandung Timur, akses jalannya bisa melalui jalan Pasir Impun. Setelah itu tinggal mengikuti petunjuk berupa plang papan nama.

Sebenarnya Curug Cisanggarung ini hampir sama seperti air terjun pada umumnya. Hanya saja curug ini memiliki tebing batu yang mempesona dan nampak seperti bersusun.

Kemudian di celah-celah batunya akan ada air yang mengalir tidak deras. Sehingga tebing tersebut akan tampak seperti curug kuno.

2. Curug Cinulang

Tempat wisata terdekat di Bandung Timur yang selanjutnya bisa kamu kunjungi adalah Curug Cinulang. Wisata air terjun ini tidak akalh unik dan mempesona seperti halnya Curug Batu Templak.

Curug Cinulang memiliki tempat yang tersembunyi dan belum banyak traveler yang mengetahuinya. Lokasinya berada di kawasan hutan lindung Gunung Masigit Kareumbi.

Ketika ingin mengunjungi tempat wisata ini,  kamu harus memiliki tenaga yang ekstra karena lokasinya berada di dalam hutan. Tapi semua itu akan terbayarkan ketika sudah sampai. Kamu akan melihat betapa indahnya air terjun Curug Cinulang.

Curug ini terletak di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Hal ini juga sesuai dengan keindahan dua air terjun yang berdampingan.

Baca juga: Tempat Wisata Bandung Dago yang Hits

3. Kampung Bamboo

Tempat wisata yang satu ini mengusung tema back to nature karena semua fasilitasnya terbuat dari bambu. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika sudah berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini, misalnya outbound dan camping.

Yang lebih uniknya lagi, kamu bisa melihat secara langsung proses pembuatan alat musik tradisional sunda, Karinding. Selain untuk liburan, kamu juga bisa menambah wawasan tentang cara pembuatan alat musik di Kampung Bamboo ini.

Jika kamu ingin membawa si buah hati untuk berlibur, Kampung Bamboo bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Karena mereka bisa belajar membuat kerajinan dan lebih mencintai lingkungan hidup.

Kampung Bamboo terletak di Jl Terusan Padasuka, Cimenyan, Bandung. Untuk kamu yang berada di Bandung sangat dekat ke lokasi objek wisata alam tersebut.

4. Bukit Teletubbies Cicalengka

Jika dilihat dari namanya, mungkin kamu akan teringat dengan tokoh kartun pada serial anak-anak yang sempat populer. Ya, objek wisata ini disebut dengan Bukit Teletubbies yang berada di Cicalengka.

Bukit-bukit yang berada di objek wisata Bandung Timur ini memang sama seperti halnya bukit pada serial Teletubbies. Karena alasan itulah objek wisata ini disebut dengan Bukit Teletubbies.

Bukit ini terletak di kawasan lindungan Gunung Masigit Kareumbi, jadi lokasinya tidak terlalu jauh dengan Curug Cinulang. Jadi kamu bisa mengunjungi kedua objek wisata ini ketika sedang sedang berlibur di daerah hutan lindung Gunung Kareumbi.

Ketika sudah sampai disana, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas untuk melepas lelah. Misalnya berkemah, bersantai, atau mencari spot terbaik untuk selfie. Keindahan alamnya dijamin tidak akan merusak keindahan feeds Instagram kamu deh!

5. Taman Oray Tapa

Karakteristik yang dimiliki oleh objek wisata yang ada di Bandung Timur ini lebih didominasi untuk bersantai. Karena tempatnya memiliki keindahan alam yang pas untuk bersantai. Salah satunya adalah Taman Oray Tapa.

Kalau kamu suka berlibur di alam terbuka dengan suasana yang sejuk, Taman ini bisa kamu pertimbangkan. Taman Oray memiliki hawa yang sejuk karena letaknya berada di ketinggian. Sangat cocok kamu jadikan tempat untuk camping bersama sahabat-sahabat terdekat.

Di malam hari, kamu bisa menyaksikan betapa indahnya Kota Bandung dari ketinggian. Pas banget kalau dinikmati bersama dengan orang-orang terdekat kamu entah itu kekasih ataupun sahabat.

Uniknya lagi, di Taman Oray Tapa ini terdapat sebuah mata air yang konon akan muncul secara misterius. Mata air tersebut tidak akan mengering meskipun kondisinya sedang di musim kemarau.

6. Villa Kancil

Taman Kancil atau Villa Kancil sangat cocok untuk dijadikan objek wisata menarik bersama keluarga tercinta. Banyak sekali fasilitas yang bisa kamu manfaatkan ketika sampai kesana.

Kamu bisa bermain menikmati wahana permainan yang menyenangkan untuk anak-anak. Ada juga outbound yang akan membuat suasana liburan Anda menjadi lebih menantang.

Yang lebih menarinya lagi, kamu bisa menikmati berbagai kuliner khas Bandung. Restorannya mengusung konsep floating market yang saat ini banyak diminati oleh para pecinta kuliner.

Untuk lokasinya, Villa Kancil terletak di Jalan Raya Desa Padamukti, Kampung Bojong, Majalaya.

7. The Valley Resort Hotel

Tak hanya lingkungan alamnya yang mempesona, The Valley Resort Hotel juga memiliki konsep alam. Objek wisata di Bandung Timur ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

Fasilitas yang ada di objek wisata ini terbilang cukup lengkap, salah satunya adalah kolam renang outdoor. Di tepi kolamnya juga terdapat bar, sehingga kamu bisa berlibur dengan lebih santai lagi. Bahkan juga disediakan pusat kebugaran di dalamnya.

Jika kamu ingin berlibur kesana, lokasinya berada di Jl Lembah Pakar Tim No 28, Cimenyan, Bandung Timur. Kamu akan dengan mudah sampai ke objek wisata ini karena akses jalannya sangat mudah.

8. Villa Alam Santosa

Objek wisata Bandung Instagram yang selanjutnya bisa kamu kunjungi adalah Villa Alam Santosa. Objek wisata alam yang satu ini sangat eksotis karena mengusung konsep khas Sunda. Tata ruangan dan arsitekturnya menonjolkan unsur alam.

Ketika berkunjung ke sini, kamu seperti sedang berada di kawasan perdesaan. Sehingga sangat cocok kalau kamu ingin menyegarkan pikiran dari dunia pekerjaan maupun problema hidup lainnya.

untuk lokasinya, Villa Alam Santosa terletak di Kampung Sekar Balingping, Cimenyan, Bandung Timur.

9. Situ Cisanti

Situ Cisanti menjadi salah satu sungai yang memiliki peranan penting bagi sebagian besar masyarakat Jawa Barat. Karena situ ini terletak langsung di hulu sungai Citarum.

Situ ini sebenarnya sempat mengalami kerusakan akibat perambahan hutan yang sedang marak pada tahun 2000-an lalu. Tapi situ ini kembali dibangun dengan dijadikan tempat wisata. Di dekat situ Cisanti ini juga terdapat situ sejarah yang  berkaitan dengan Dipati Ukur.

Kamu memang memerlukan perjuangan yang ekstra ketika akan berkunjung ke Situ Cisanti. Karena perjalanan untuk bisa sampai kesana terbilang cukup jauh. Tapi untuk kondisi jalannya terbilang cukup bagus, apalagi kalau kamu melalui jalur Bandung, Ciparay, Kertasari.

Jika diakses dari jalur Banjaran, Pangalengan jalanannya memang masih jelek. Tapi di sepanjang perjalanannya kamu akan disuguhi pemandangan yang indah. Kamu bisa menikmati pemandangan perkebunan Pangalengan yang elok dan mempesona.

10. Manglayang Jungle Place

Sama seperti Kampung Bamboo, objek wisata Manglayang Jungle Place juga mengusung konsep back to nature. Sangat cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Fasilitas yang ada disana juga terbilang cukup lengkap mulai dari waterboom, outbound, camping area, wisata edukasi dan budaya, hingga wisata kuliner. Manglayang Jungle Place juga menawarkan harga yang terjangkau untuk setiap orangnya.

Manglayang Jungle Place terletak di Jl Cilengkrang, Cilengkrang, Bandung Timur. Objek wisata ini akan buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai jam 9 malam.

11. Caringin Tilu (Cartil)

Jika kamu adalah pecinta alam dan penikmat kuliner, saya rekomendasikan untuk pergi ke objek wisata Caringin Tilu. Tempat wisata ini terbilang sangat romantis, sangat cocok untuk menikmatinya bersama dengan kekasih tercinta ataupun sahabat.

Ketika berada di Caringin Tilu, kamu bisa mengunjungi objek wisata lainnya seperti Tebing Keraton, Bukit Bintang, dan Punclut. Ketiganya tidak terlalu jauh dari Caringin Tilu.

Lokasi ini sempat dikunjungi oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno Hatta. Beliau menanam tiga pohon caringin (beringin) disana, sehingga objek wisatanya disebut dengan Caringin Tilu atau Cartil.

Itulah beberapa objek wisata Bandung Timur yang bisa dijadikan referensi untuk kamu yang ingin pergi liburan. Ketika ke Bandung, kamu juga bisa mengunjungi objek wisata Bandung Dago karena juga tidak kalah menarik dengan objek wisata lainnya.