13 Objek Wisata Bandung Kota Buat Nongkrong

Lembang memang memiliki objek wisata alam yang mempesona di kota Bandung. Tapi di Bandung kota juga terdapat tempat wisata yang tak boleh kamu sia-siakan begitu saja. Banyak tempat wisata Bandung kota yang harus kamu kunjungi.

Pilihan objek wisata yang ada di Bandung kota diantaranya seperti museum, taman, dan tempat belanja. Terlebih kamu juga bisa menjangkau bagian kota Bandung dengan lebih mudah meskipun dengan kendaraan umum.

Rekomendasi Tempat Wisata Bandung Kota

Wisata Bandung Kota

Sebagian besar objek wisata di Bandung kota tidak pungut biaya masuk. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki budget terbatas. Berikut ini adalah beberapa objek wisata Bandung kota yang sangat kami rekomendasikan.

1. Museum Konferensi Asia Afrika

Salah satu sisi menarik yang ditawarkan oleh objek wisata di dalam kota Bandung adalah museum. Salah satu museum bersejarah yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Konferensi Asia Afrika.

Museum ini memiliki sejarah yang sangat penting untuk menentukan perjalanan dunia. Karena waktu itu dunia tengah berada dalam ketegangan di tengah perang dingin antara Amerika dan Uni Soviet.

Museum Konferensi Asia Afrika menjadi tempat yang memorable bagi masyarakat Indonesia. Karena museum ini menjadi tempat berkumpulnya tokoh-tokoh penting di dunia pada tanggal 18 hingga 24 April 1955.

Museum Asia Afrika ini merupakan bagian dari gedung Merdeka yang terdiri dari dua bangunan utama. Bangunan pertama disebut gedung Merdeka yang merupakan tempat sidang utama.

Nah gedung yang kedua terletak di samping gedung Merdeka yang bernama Museum Konferensi Asia Afrika.

Jika kamu ingin berkunjung ke museum bersejarah ini, silahkan datang ke Jl Asia Afrika No 64 Kota Bandung.

2. Museum Geologi Bandung

Di museum ini kamu bisa melihat berbagai peragaan dari tiap zaman seperti fosil dan flora-fauna. Kamu juga akan mengetahui sejarah terbentuknya kota Bandung, sumber daya geologi, serta pemanfaatannya.

Museum ini berada di Jl Diponegoro No 57 Cihaur Geulis, Kota Bandung. Museum ini sudah berdiri sejak 1929 dan sempat ditutup sementara pada tahun 1999. Museum ini juga banyak dijadikan tempat study tour oleh para pelajar, terutama pelajar di Jawa Barat.

3. Museum Kota Bandung

Tidak hanya di museum Geologi saja, kamu juga bisa mengetahui sejarah berdirinya kota Bandung di museum Kota Bandung. Bahkan kamu akan mengetahuinya dengan lebih lengkap mulai dari perkembangan kota dan kabupaten Bandung hingga tokoh-tokoh penting.

Museum Kota Bandung terletak di Jl Aceh No 47, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Museum ini baru diresmikan pada 31 Oktober 2018 lalu. Museum ini juga bisa dijadikan sarana edukasi bersama dengan anak-anak.

4. Museum Sri Baduga

Di museum ini kamu akan melihat berbagai jenis benda-benda bersejarah. Misalnya adalah koleksi Biologika, Arkeologika, Geologika, Etnografika, Numismatika, Historika, Filologika, Keramik, Seni Rupa, dan Teknologi.

Museum ini berada di Jl BKR No 185 Lingkar Selatan Kota Bandung.

Baca juga: Objek Wisata Bandung Barat yang Eksotis

5. Museum Barli

Di museum ini kamu akan melihat berbagai lukisan karya pelukis Barli Sasmitawinata. Museum ini memang dibangun untuk mengenang sekaligus memamerkan karya-karya lukisan dari Barli Sasmitawinata.

Tak hanya akan melihat lukisan saja, kamu juga bisa menonton berbagai kegiatan seni. Misalnya pameran karya seni rupa, diskusi dan sarasehan, penjualan karya, pelatihan studio keramik dan lukis.

Oh iya, Barlin Sastawinata sendiri adalah pelukis realis yang berasal dari Bandung. Popularitasnya sebagai pelukis memang sangat terkenal.

6. Taman Sejarah Bandung

Taman ini berada di belakang Balai Kota Bandung atau kompleks Pemerintahan Kota Bandung. Taman ini baru saja diresmikan pada tahun 2017 lalu oleh Ridwan Kamil.

Di taman Sejarah Bandung ini kamu akan melihat berbagai informasi tentang sejarang kota bandung. Disana terdapat gambar profil para pemimpin kota Bandung dari masa ke masa hingga yang terbaru.

7. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Jika ingin berlibur sambil membawa anak-anak, kamu bisa mengunjungi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani. Taman ini memiliki konsep yang mengedukasi, terutama edukasi lalu lintas karena ada simulasi dan rambu-rambunya.

Jika berminat, kamu bisa berkunjung ke Jl Belitung No 1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung.

8. Taman Film

Taman ini memiliki bentuk seperti taman tematik yang berada di bawah jembatan Pasupati, Kota Bandung. Taman ini memiliki konsep bioskop modern yang terbuka, sehingga warga bisa beraktivitas di taman tersebut.

Mereka juga bisa mendapatkan sarana nonton film secara gratis tanpa harus nonton ke bioskop. Taman ini dikelola langsung oleh Komunitas Film Bandung dan Dinas Pertamanan Kota Bandung.

9. Alun-Alun Bandung

Ketika berkunjung ke Bandung Kota, jangan pernah melewatkan Alun-Alun Bandung. Karena ini adalah objek wisata Bandung Kota yang sangat populer. Akan lebih nikmat lagi kalau mengunjunginya di sore hari.

Sambil menikmati indahnya sore hari di Alun-Alun kota Bandung, kamu juga bisa ditemani oleh berbagai kuliner di sekitarnya. Setelah pemerintah Kota Bandung melakukan renovasi, alun-alun ini kerap dikunjungi oleh banyak pengunjung.

10. Gedung Sate

Salah satu gedung yang paling ikonik bagi masyarakat kota Bandung adalah Gedung Sate. Di sekeliling gedung ini terdapat taman yang menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk berfoto-foto.

Disana kamu juga bisa menikmati kemegahan dari gedung Sate sambil menikmati hiruk pikuk kota Bandung. Lokasinya tidak jauh dari Alun-Alun kota Bandung, jadi kamu bisa juga mampir kesana sejenak.

11. Pasar Cibaduyut

Jika kamu ingin berlibur sambil berbelanja tas dan sepatu berbahan kulit, maka kamu harus pergi ke Pasar Cibaduyut. Meskipun merupakan produk lokal, tapi tas dan sepatu kulit yang diproduksi sangatlah berkualitas.

Kualitas produk sepatu dan tas Cibaduyut tidak kalah berkualitas dengan merk-merk terkenal yang ada di mall. Para pengunjung juga bisa memesan sepatu sesuai dengan keinginannya masing-masing.

Pesanan akan selesai dalam waktu 1 hingga 2 minggu tergantung dari kerumitan model yang dipesan.

12. Jalan Braga

Braga memang terkenal dengan sebutan Paris Van Java karena di sisi jalannya terdapat kompleks dengan arsitektur yang khas. Ya, bangunan arsitekturnya mirip seperti arsitektur kuno Hindia Belanda yang terkesan mewah.

Di jalan ini kamu juga akan merasakan betapa megahnya kota Bandung, terutama bangunannya yang sangat khas. Tidak heran jika jalan ini sering dikunjungi oleh para wisatawan. Kamu juga bisa menikmati keindahan jalan Braga ini di malam hari.

13. Jalan Dago

Jalan Dago juga termasuk salah satu objek wisata Bandung kota yang sangat populer. Jalan ini sangat cocok dijadikan tempat untuk nongkrong maupun berbelanja ria.

Disana terdapat berbagai jenis produk distro dengan harga yang bisa disesuaikan dengan isi dompet kamu. Bahkan disana juga ada beberapa outlet produk-produk branded dan wisata kuliner yang memanjakan para pengunjungnya.

Itulah beberapa objek wisata Bandung kota yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur. Tempat wisata di atas memang sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga dan sahabat. Bahkan juga sangat cocok dijadikan tempat untuk nongkrong.

Next Post

No more post