15 Objek Wisata Bandung Ciwidey yang Hits

Tidak hanya Lembang saja, Bandung juga memiliki objek wisata yang menawan di daerah Ciwidey. Objek wisata Bandung Ciwidey memiliki banyak sekali tempat wisata yang memiliki panorama yang indah.

Tempat wisata yang ada di Ciwidey ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas kepenatan dari pekerjaan kamu sehari-hari. Tak butuh uang banyak untuk liburan kesana karena tiket masuknya sangat terjangkau.

Rekomendasi Tempat Wisata Bandung Ciwidey

Untuk kamu yang ingin lebih tahu lebih lengkap tentang objek wisata di Ciwidey, dibawah ini akan kami sajikan daftar lengkapnya. Mungkin bisa kamu jadikan referensi untuk pergi berlibur bersama keluarga ataupun sahabat. Yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Kawah Putih

wisata bandung ciwidey kawah putih

Bagi sebagian besar kalangan wisatawan sudah mengenal kawah putih Ciwidey ini. Objek wisata Ciwidey ini merupakan danau alami yang memiliki warna putih kehijauan, sehingga terlihat sangat cantik.

Saking cantiknya, banyak orang yang menjadikan kawah putih ini sebagai lokasi untuk prewedding, fotografi, melukis, hingga syuting film. Kalau kamu ingin melepas kepenatan setelah seharian bekerja bisa langsung kesini juga.

Konon katanya kalau danau Kawah Putih ini merupakan hasil dari letusan Gunung Patuha. Air danaunya akan berubah-ubah sesuai dengan kadar kandungan belerang, suhu, dan cuaca.

Ketika ingin liburan ke Kawah Putih ini, kami sarankan untuk memakai jaket dan masker supaya bisa nyaman. Karena udaranya sangat dingin dan ada bau belerang yang menyengat.

Kawah Putih terletak di Jl Raya Soreang Ciwidey Km 25, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Untuk jam operasinya mulai pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore.

Baca juga: Objek Wisata Bandung Barat yang Eksotis dan Instagramable

2. D’Riam Riverside Resort

Wisata Bandung Ciwidey
Foto: Twitter: @bangetbdg

Jika di Bali memiliki wisata Ubud, di Bandung Selatan memiliki D’Riam Riverside. Objek wisata ini tak kalah menariknya seperti  yang ada di Bali.

Sesuai dengan namanya, resort ini berada di area tepi sungai. Kamu akan melihat panorama aliran sungai yang indah yang berpaduan dengan pepohonan yang asri ketika membuka jendela kamar.

D’Riam Riverside merupakan objek wisata Bandung Instagramable yang sangat cocok dikunjungi oleh kaum milenial. Karena disana terdapat spot foto yang sangat menarik seperti taman ungu, ayunan di tepi sungai, playground anak, jembatan bambu, hingga galeri seni.

Objek wisata ini terletak di Jl Soreang-Ciwidey No 25, Desa Cukanggenteng, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Untuk masuk ke kawasan objek wisata ini, kamu harus merogoh uang mulai dari Rp350 ribu sampai Rp500 ribu per malam.

3. Southland Camp

Wisata Bandung Ciwidey
Foto: Gramho

Objek wisata Ciwidey Bandung ini sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk berkemah. Pemandangan di kawasan wisata Southland Camp ini tidak perlu diragukan lagi, udaranya sangat sejuk, dan suasana alam yang sangat terasa.

Kamu bisa memanfaatkan pondok sederhana untuk melepas lelah, atau bisa juga pergi ke pemandian air panas. Hanya sekedar duduk santai saja sambil menyantap bekal dari rumah sudah cukup menikmati keindahan objek wisata ini.

Jangan lupa untuk membawa hammock dan pasangkan di antara pepohonan supaya untuk melepas lelah sambil merasakan sejuknya udara disana. Kamu juga bisa berfoto-foto disana yang nantinya bisa diupload ke Instagram.

Southland Camp ini terletak di Jl Raya Ciwidey – Patengan No 12, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Objek wisata ini buka selama 24 jam.

4. Palalangon Park

Wisata Bandung Ciwidey
Foto: Camerawisata

Beberapa spot foto yang menurut kami sangat bagus adalah Perahu Titanic, tulisan love, balon udara, kastil, dan kupu-kupu. Dijamin feed Instagram kamu akan lebih menarik dengan background foto tersebut.

Palangan Park merupakan objek wisata kolam renang Ciwidey yang wajib kamu kunjungi. Kamu akan dimanjakan dengan kolam renang air panas, mini waterboom, perahu angka, hingga spot foto yang sangat keren.

Objek wisata Palalangon Park ini terletak di Kp Leuwiliang, Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Tempat wisata ini akan buka mulai jam 7.30 sampai 18.30 dengan harga tiket mulai dari Rp10 ribuan.

5. Situ Patenggang

Situ Patenggang Ciwidey
Foto: Urbanradiobandung

Sebagian besar penduduk Jawa Barat tentu tidak asing lagi dengan objek wisata yang satu ini. Situ Patenggang adalah danau alami yang memiliki pemandangan yang sangat eksotis.

Kemudian di sekelilingnya dihiasi dengan hamparan teh, sehingga akan membuat suasananya kian asir. Objek wisata ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menyegarkan pikiran dari lelahnya pekerjaan sehari-hari.

Meskipun hanya merupakan sebuah danau, tapi objek wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti gazebo dan tempat ibadah.

6. Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali
Foto: Travelspromo

Glamping Lakeside Rancabali merupakan tempat penginapan yang sangat cocok untuk kamu yang berkunjung ke Situ Patenggang. Lokasinya memang berada di tepi sungai, sehingga kamu bisa tetap melihat keindahan alam dari danau alami tersebut.

Meskipun Lakeside Rancabali ini hanya berupa tenda saja, tapi di dalamnya sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas. Misalnya kasur, kamar mandi, toilet duduk, peralatan mandi, dan fasilitas lainnya. Tapi untuk sewa inapnya terbilang cukup mahal, yaitu mencapai Rp2 jutaan untuk kapasitas 4-8 orang.

7. Pinisi Resto

Pinisi Resto
Foto: Ayobandung

Kamu tentu lelah kan setelah lama berkeliling di sekitar Situ Patenggang? Nah setelah merasa lelah kamu bisa langsung bersantai sambil menikmati makanan enak di Pinisi Resto.

Resto ini memang didesain ini seperti bentuk perahu pinisi raksasa yang berada di tepi danau. Untuk bisa sampai ke resto ini, biasanya para wisatawan akan melewati jembatan gantung yang ternyata sangat bagus untuk dijadikan tempat berfoto.

Untuk menu makanan yang disajikan tu sangat lengkap mulai dari menu lokal hingga internasional. Minuman yang tersedia juga sangat lengkap mulai dari aneka kopi, teh, jus, dan ada minuman khas Bandung yaitu Bandrek.

Baca juga: Objek Wisata Bandung Timur yang Wajib Dikunjungi

8. Ranca Upas

Pinisi Resto
Foto: Ciwidey Outbound

Objek wisata ini sangat cocok dinikmati bersama dengan keluarga karena terdapat wahana yang asyik. Selain memiliki keindahan alam yang eksotis, disana juga terdapat pemandian kolam air panas, penangkaran rusa, kids zone, tempat memanah, dan outbound.

Aktivitas favorit yang biasanya dilakukan oleh para wisatawan adalah memberi makan rusa-rusa. Tenang saja ya karena rusanya sudah jinak, bahkan kamu bisa berfoto ria bersama dengan mereka.

Untuk tiket masuknya sekitar Rp15 ribu per orang. Tapi kalau mau berkemah harus membayar biaya tambahan sebesar Rp10 ribu. Objek wisata ini terletak di Jl Raya Ciwidey – Patengan No 11, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

9. Kawah Cibuni Rengganis

Pinisi Resto
Foto: Mytrip 123

Satu lagi nih objek wisata bertema sawah yang memiliki keindahan alam yang mempesona, yaitu Kawah Cibuni Rengganis. Ini adalah objek wisata yang terbilang baru, jadi fasilitas yang tersedia disana masih terbatas.

Kalau kamu ingin berendam, disana tersedia pemandian air panas yang beraroma belerang. Disana kamu juga akan menemukan beberapa geiser dengan ukuran yang kecil yang bisa menghasilkan uap panas.

Untuk tiket masuknya sekitar Rp5 ribu, tapi ada juga yang mengatakan gratis. Meskipun bayar, tapi harganya sangat murah. Kawah Cibuni Rengganis ini terletak di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabil, Kabupaten Bandung.

10. Bukit Jamur Rancabolang

Pinisi Resto
Foto: IDN Times

Untuk generasi milenial pasti suka dengan objek wisata Bandung Ciwidey yang satu ini. Karena Bukit ini memiliki spot foto yang sangat instagramable, misalnya berfoto di antara pepohonan seperti jamur. Sehingga akan menghasilkan foto yang bisa mempercantik feeds Instagram kamu.

Objek wisata Jamur Rancabolang ini lokasinya sangat jauh dari kekotaan dan harus menempuh jalan bebatuan. Jadi kamu membutuhkan tenaga yang ekstra ketika ingin sampai kesana. Pastikan kendaraan kalian juga sudah dalam keadaan yang prima dan bahan bakar yang full.

Bukit ini berada di Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung Barat. Objek wisata ini akan buka mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore dan untuk harga tiketnya sekitar Rp5 ribu.

11. Barusen Hills

Barusen Hills
Foto: Wisata Domestik

Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga karena tersedia banyak sekali wahana untuk anak-anak maupun dewasa. Kamu bisa mengajak si kecil untuk bermain air sambil mendampinginya.

Di Barusen Hills ini juga tersedia spot foto yang menarik yang sangat cocok untuk kamu upload ke Instagram. Beberapa spot foto yang bisa kamu coba diantaranya taman bunga, kincir angin khas Belanda, perahu bambu, balon udara, rumah hobbit, dan payung warna-warni.

Fasilitas yang tersedia di kawasan objek wisata ini juga terbilang sangat lengkap mulai dari kuda untuk berkeliling hingga kamar bilas. Untuk tiket masuknya sekitar Rp35 ribu, sementara untuk biaya wahana atau spot foto berkisar Rp5 ribu sampai Rp25 ribu.

Objek wisata ini berada di Gambung Ciwidey, Desa Cisondari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Jam bukanya mulai pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore.

12. Curug Cipanji

Barusen Hills
Foto: Sikidang Travel

Air terjun yang satu ini terbilang unik karena memiliki empat tingkatan. Tingkat paling atas memiliki ketinggian sekitar 25 meter, semetnara tingkatan paling dasar sekitar 5-6 menter. Tak heran jika Curug Cipanji ini termasuk salah satu curug terindah yang ada di Bandung.

Fasilitas yang ada di curug Cipanji ini belum begitu lengkap karena tergolong objek wisata yang baru. Tapi kalau kamu ingin basah-basahan di objek wisata ini tentu saja sangat memungkinkan. Airnya sangat jernih, bersih, dan benar-benar dingin.

Curug Cipanji ini terletak di daerah Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Untuk tiket masuknya gratis, tapi untuk beberapa waktu ke depan mungkin saja akan berbayar.

13. Kampung Pa’go

Kampung Pa’go
Foto: Bobo Cantik

Di Kampung Pa’go ini terdapat sekitar 33 kamar dan sebagian besar kamarnya sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap. Sangat cocok untuk dijadikan tempat pertemuan kerja atau keluarga, atau hanya sekedar berlibur bersama dengan sahabat.

Kampung Pa’go merupakan tempat wisata Bandung yang sangat pas untuk melepas lelah setelah seharian bekerja. Suasananya benar-benar sangat sejuk seperti kamu sedang berada di daerah perkampungan yang dikelilingi oleh pepohonan yang hijau.

Lokasi Kampung Pa’go ini berada di Kampung Pa’go, Soreang, Kabupaten Bandung. Untuk harga sewa per kamarnya sekitar Rp300 hingga Rp875 ribu.

14. Emte Highland Resort

Emte Highland Resort
Foto: Data Wisata

Tempat wisata di Ciwidey yang baru yang selanjutnya bisa kamu kunjungi adalah Emte Highland Resort. Kamu juga bisa menginap disini karena fasilitas yang diberikan sangat lengkap mulai dari arung jeram, paintball, hingga rumah makan.

Disana juga terdapat kebun Strawberry yang buahnya bisa kau petik sendiri. Kalau tidak ingin menginap, kamu bisa berkemah di camping ground yang sudah disediakan.

Untuk harga tiket Ciwidey Emte Highland Resort ini sekitar Rp15 ribu hingga Rp50 ribu. Untuk alamatnya berada di Jl Raya Ciwidey-Rancabali No 11, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung. Pastikan untuk memakai jaket karena suasana disana sangatlah dingin.

Baca juga: Tempat Wisata Bandung Dago yang Hits

15. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini
Info: Pariwisataku

Pemandian Air Panas ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan udaranya yang sejuk. Disini terdapat kolam air panas yang sangat cocok untuk berendam baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Ada juga fasilitas lainnya seperti waterboom, motor cross mini, flying fox, trampolin, dan flying fox.

Fasilitas yang ada di Pemandian Air Panas Ciwalini ini sudah sangat lengkap mulai dari tempat ibadah sampai saung. Harga tiket masuk kesana sekitar Rp20 ribu. Untuk lokasinya berada di Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Itulah objek wisata Bandung Ciwidey yang bisa kamu jadikan referensi ketika ingin pergi liburan. Sebenarnya masih ada banyak objek wisata di sekitar Ciwidey yang bisa kamu kunjungi. Semoga bermanfaat.