6 Usaha Sampingan Karyawan Terbaik 2021

Menjadi karyawan bukan berarti semua kebutuhan tercukupi. Tidak sedikit banyak dari mereka yang merintis bisnis sampingan. Karena sekarang banyak usaha sampingan karyawan sibuk yang sangat fleksibel.

Kebanyakan karyawan biasanya bekerja mulai pagi sampai sore. Kamu punya waktu dari sore sampai malam untuk menjalankan bisnis baik online maupun online. Namun perlu kamu ketahui kalau tidak semua bisnis itu cocok untuk karyawan sibuk.

Ide Usaha Sampingan Karyawan Sibuk

Bagi kamu yang saat ini statusnya masih karyawan dan ingin memulai bisnis, sekarang kamu ada di tempat yang tepat. Ya, karena Cecepkocep akan memberikan ide usaha sampingan yang bisa kamu lakukan. Simak ulasannya berikut ini.

1. Bisnis Online

Usaha sampingan pertama yang kami rekomendasikan adalah bisnis online. Tak bisa dipungkiri lagi kalau bisnis online mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam beberapa waktu ke belakang ini.

Bisnis offline banyak yang tumbang di masa pandemi seperti sekarang dan mulai beralih ke bisnis online.

Sekarang kamu bisa dengan leluasa untuk jualan secara online. Misalnya dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram dan Facebook. Atau juga bisa memanfaatkan berbagai ecommerce seperti Tokopedia dan Shopee.

Kalaupun tidak punya produk. kamu bisa menjadi dropshipper dengan menjual produk orang lain. Kamu tinggal nyari konsumen saja, sementara masalah barang mulai dari packing hingga tangan konsumen itu urusan supplier. Sangat mudah bukan?

2. Jualan Pulsa Atau Kuota Internet

Pulsa atau internet sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok untuk kebanyakan orang. Hal ini tentu saja bisa kamu jadikan peluang untuk dijadikan bisnis. Apalagi berjualan kuota internet itu sangat fleksibel dan bisa menyesuaikan waktu luang kamu.

Kamu bisa menawarkan jualan pulsa atau internet ke teman-teman kantor atau kerabat dekat. Meskipun keuntungannya tidak besar, namun jika dikumpulkan dalam waktu yang lama juga akan besar juga.

3. Menjual Foto

Bagi Anda yang suka fotografi, jangan hanya sekedar disimpan di HP atau dipajang di sosial media saja. Karena sekarang ini kamu bisa menjual foto ke internet.

Kamu bisa memanfaatkan microstock seperti Shutterstock untuk menjual foto hasil jepretan kamu. Harga satu fotonya memang relatif kecil, namun seiring berjalannya waktu harganya akan semakin besar. Apalagi kalau kamu sering upload foto ke microstock tersebut.

4. Membuat Blog

Dalam beberapa tahun terakhir ini, ngeblog menjadi pekerjaan yang tengah trend. Pekerjaan ini sangat cocok untuk mereka yang hobi menulis dan memiliki kesabaran tingkat tinggi.

Untuk menjadi blogger yang menghasilkan memang butuh pengorbanan yang sangat besar. Namun selama kamu sudah memperoleh pemasukan tentu saja tidak akan begitu khawatir. Karena blog ini termasuk investasi jangka panjang juga.

Kalau pengunjung blog sudah banyak, kamu bisa monetasi dengan menjadi publisher Google Adsense atau layanan iklan lainnya.

5. Penulis Lepas

Banyak situs besar di internet memerlukan artikel untuk mengisi website mereka supaya tetap terupdate dan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Namun tidak semua pemilik website tersebut punya keahlian di bidang kepenulisan atau tidak punya waktu yang cukup.

Biasanya mereka akan menggunakan jasa penulis online untuk mengisi websitenya. Jadi selain menjadi blogger, kamu juga bisa menjadi seorang penulis lepas. Waktunya bisa disesuaikan dengan pekerjaan kamu sebagai karyawan.

Baca juga: Peluang Usaha Sampingan Kuliah untuk Mahasiswa Rantau

6. Jasa Desain Grafis

Usaha ini sangat cocok untuk kamu yang bekerja di perusahaan desain grafis atau suka dengan desain grafis. Kunci kesuksesan seorang desainer profesional yaitu punya banyak portofolio dan selalu mengasah kemampuannya.

Untuk modal yang kamu perlukan tidak begitu besar, apalagi kalau kamu sudah punya laptop yang memadai. Kemudian kamu juga memerlukan koneksi internet dan biaya langganan untuk software desain yang diperlukan.

Untuk mencari klien kamu bisa melakukannya di berbagai marketplace freelance di internet seperti Upwork, Sribulancer, Fiver, dan masih banyak lagi.

Penutup

Itulah rekomendasi 6 usaha sampingan karyawan sibuk yang bisa kamu lakukan secara fleksibel. Kamu bisa melakukan bisnis di atas setelah pulang dari kantor atau pabrik. Kalau kamu punya waktu senggang di weekend juga bisa menjalankan bisnis di atas.

Leave a Comment