Urutan Nonton Gintama, Anime Kocak Bikin Mati Ketawa!

Urutan Nonton Gintama, Anime Kocak Bikin Mati Ketawa!

Urutan nonton Gintama | Untuk kamu yang suka anime bergenre kocak atau komedi, Gintama sangat kami rekomendasikan. Gintama menjadi salah satu anime terbaik yang pernah ada sampai sekarang.

Meskipun bergenre komedi, tapi ada peristiwa serius dan mengancam jiwa yang memaksa harus diselesaikan dengan kekerasan dan aksi mengerikan. Tak heran jika Gintama juga termasuk salah satu anime samurai terbaik. Namun tetap saja komedi adalah genre yang ikonik dari Gintama.

Urutan Nonton Anime Gintama

Untuk kamu yang penasaran dengan anime komedi ini harus tahu terlebih dahulu urutannya. Karena anime ini dirilis tahun 2006 sehingga alur ceritanya sangat panjang. Berikut telah Cecepkocep.com rangkum urutan nonton Gintama yang bisa kamu pelajari.

1. Gintama (2006 – 2010)

Gintama Season 1
Gintama Season 1

Urutan nonton Gintama yang pertama adalah Gintama yang dirilis pada tahun 2006. Gintama yang pertama ini berjumlah 201 episode yang terakhir tayang hingga tahun 2010.

Cerita Gintama (2006 – 2010) berlatar sejarah alternatif di akhir periode Edo ketika umat manusia diserang oleh alien yang disebut “Amanto”. Samurai berusaha untuk mempertahankan bumi dari serangan alien tersebut.

Namun Shogun Jepang pada periode Edo Jepang itu sangatlah pengecut dimana ia menyerah begitu saja ketika menyadari kekuatan dari Amanto. Dia malah setuju menjalin kontrak yang tidak setara dengan alien tersebut.

Persetujuan kontrak tersebut adalah larangan membawa senjata di depan umum. Kemudian para penjajah juga memungkinkan masuk ke negara Jepang. Semua perang disita dan bakufu Tokugawa hanyalah menjadi pemerintahan boneka.

Fokus cerita Gintama (2006 – 2010) adalah Gentoki Sakata yang bekerja sebagai pekerja lepas paruh waktu.

2. Gintama – The Movie (2010)

Gintama - The Movie 1
Gintama – The Movie 1

Gintama The Movie yang dirilis pada tahun 2010 ini termasuk ke dalam arc Benizakura. Arc ini pernah tayang di episode 58-61 di Gintama (2006-2010). Namun pada The Movie ini mempunyai visual yang lebih bagus.

3. Gintama’ (2011 – 2012)

Gintama’
Gintama’

Setelah jeda selama satu tahun dan dilanjutkan kembali pada tahun 2011 hingga 2012. Dalam Gintama’ (2011 – 2012) berisi 50 episode saja yang dimulai dari episode 202 sampai 252.

Ceritanya lebih berfokus pada permasalahan transgender dan invasi makhluk alien yang parasit.

4. Gintama: Yorinuki Gintama-san On Theater 2 (2012)

Gintama Yorinuki Gintama-san On Theater 2
Gintama Yorinuki Gintama-san On Theater 2

Urutan nonton Gintama yang keempat adalah Gintama: Yorinuki Gintama-san On Theater 2. Di film ini menceritakan tentang Hijikata, seorang polisi yang memperoleh pedang kutukan.

Pedang tersebut mengubah dirinya menjadi seorang otaku. Setelah itu dia berjuang untuk mencari solusi dari permasalahan pedang tersebut. Momen tersebut dimanfaatkan oleh Itou Komotarou untuk menggulingkan Toushirou.

5. Gintama’: Enchousen (2012 – 2013)

Gintama Enchousen
Gintama Enchousen

Gintama’ berakhir pada 26 Maret 2012 yang hanya berisi 50 episode itu kemudian dilanjutkan lagi hingga tahun 2013. Gintama’: Enchousen hanya berisi 13 episode saja. Seri ini menceritakan kepergian Gintoki dari episode sebelumnya.

Kepergian Gintoki membuat Yorozuya, agensi yang melayani jasa apapun sangat memerlukan pemimpin. Karena kejadian tersebut Kagura dan Sinpachi merajuk karena ditinggalkan oleh Gintoki.

6. Gintama Movie 2: Kanketsu-hen – Yorozuya yo Eien Nare (2013)

Gintama Movie 2 Kanketsu-hen - Yorozuya yo Eien Nare
Gintama Movie 2 Kanketsu-hen – Yorozuya yo Eien Nare

Gintama The Movie 2 ini seolah olah menjadi akhir dari petualangan Gintoki. Gintama Movie 2: Kanketsu-hen – Yorozuya yo Eien Nare menceritakan tentang Gintoki yang bekerja di bioskop.

Dalam cerita ini Gintoki berhasil menangkap pembajak film. Pembajak film tersebut disimbolkan dengan karakter berkepala kamera.

7. Gintama° (2015-2016)

urutan nonton anime gintama
urutan nonton anime gintama

Seri Gintama yang dirilis tahun 2015 diawali dengan permintaan maaf Gintoki yang berpikir bahwa Gintama Movie 2: Kanketsu-hen – Yorozuya yo Eien Nare adalah seri terakhir.

Petualangan Gintoki, Shinpaci, dan Kagura diawali oleh orang orang kota di kota mereka diam tak bergerak. Mereka mengetahui bahwa penyebabnya diakibatkan oleh perangkat alien yang mengalami kerusakan.

Gintama° (2015-2016) berisi 51 episode yang dimulai dari episode 303 hingga 353.

8. Gintama. (2017)

urutan nonton gintama live action

Gintama. (2017) adalah live action dari anime Gintama. Pada film ini menceritakan tentang kisah Amanto (alien) yang menyerang bumi.

Seri Live Action dan filmnya ini sama yaitu menceritakan perlawanan manusia terhadap Amanto selama 10 tahun terakhir.

9. Perori-Hen (2017)

Perori-Hen yang dirilis pada tahun 2017 ini adalah seri filler Gintama yang sengaja dibuat oleh kreator. Isi konten yang sebenarnya tidak ada dalam karya asli sang penulis asli Gintama.

Filler Perori-Hen sengaja dibuat supaya sang kreator bisa membuat lebih banyak konten yang menghibur dan penuh humor.

10. Shirogane no Tamashii-Hen (2018)

Urutan nonton Gintama yang selanjutnya adalah Shirogane no Tamashii-Hen yang tayang pada 7 Januari 2018. Seri anime ini bercerita tentang Utsuro yang berusaha menghancurkan bumi.

Trio Gintoki, Shinpaci, dan Kagura menghadapi serangan tersebut yang ditambah bantuan kawan-kawan mereka. Mereka dibantu oleh 4 Devas of the Kabuki District hingga penduduk biasa. Semua berjuang untuk menyelamatkan Edo, Jepang dari kehancuran.

11. Gintama: The Semi-Final (2021)

nonton gintama apakah harus urut season nya

Setelah seri Shirogane no Tamashii-Hen, perang sudah mulai mereda dan Edo sudah mulai bangkit. Cerita dilanjutkan di seri Gintama: The Semi-Final yang rilis pada tahun 2021.

Gintoki melihat Shinpachi di jembatan. Pada kondisi lain, ada juga perkelahian antara Yorozuya dan Tenshouin Naraka yang menimbulkan kecurigaan. Hal inilah yang membuat Gintoki terpaksa mengeluarkan loincloth untuk menyembunyikan identitasnya.

12. Gintama: The Final (2021)

urutan nonton gintama beserta movie

Urutan nonton Gintama yang terakhir adalah Gintama: The Final yang dirilis tahun 2021. Seri ini sangat lucu dan kocak karena menyentil Pandemi Covid-19. Ada juga adegan Gintoki yang tidak bisa bekerja akibat pandemi.

Itulah urutan nonton Gintama yang penuh dengan cerita seru dan humor. Pastikan nonton sesuai urutannya ya supaya tidak bingung.