Urutan Kualitas Film & Video Dari yang Terburuk Sampai Terbaik

Urutan Kualitas Film & Video Dari yang Terburuk Sampai Terbaik

Kalau kamu nonton film atau streaming pasti akan menemukan istilah WEBDL, WEBRIP, HDRIP, dan HDCAM. Tahukah kamu kalau istilah-istilah tersebut menunjukkan kualitas dari sebuah video yang kamu tonton.

Urutan Kualitas Film

Berikut ini Cecepkocep rangkum urutan kualitas film dari yang terburuk sampai yang terbagus.

1. HD CAM

Contoh Kualitas Film HDCam
Contoh Kualitas Film HDCam

HD CAM adalah kualitas film paling buruk karena dalam proses perekaman filmnya menggunakan kamera. Ketika menonton film di Bioskop, mereka akan langsung merekamnya dengan kamera, sehingga kualitas gambarnya tidak akan bagus.

Banyak sekali kekurangan yang akan membuat kamu tidak nyaman ketika nonton film dengan kualitas HD CAM. Misal gambarnya buruk, banyak suara penontonnya, dan banyak goncangan-goncangan kameranya.

2. TS (Telesync)

Kualitas Telesync
Kualitas Telesync

Kualitas film TS atau Telesync ini kurang lebih sama seperti halnya HD CAM. Karena film dengan kualitas TS ini juga merupakan hasil rekaman di Bioskop. Hanya saja si perekam meletakkan alat audio recording yang bernama Telesync di dekat dengan sumber suaranya.

Hasil perekaman suara tersebut disatukan dengan hasil rekaman videonya yang menggunakan kamera dengan menggunakan aplikasi video editor. Hasilnya, kualitas audio film TS lebih baik dibandingkan dengan audio pada film berkualitas HD CAM.

Namun untuk kualitas gambarnya, kualitas film TS ini sama saja dengan kualitas film HD CAM.

3. DVDScr

Contoh Kualitas Video DVDScr
Contoh Kualitas Video DVDScr

Kualitas film DVDScr lebih baik dibandingkan dengan kualitas film TS maupun HD CAM. DVDScr ini merupakan salinan dari sebuah promo DVD yang keluar sebelum DVD aslinya dikeluarkan.

Kelemahan dari kualitas film DVDScr ini salah satunya adalah adanya watermark yang ada pada film. Selain itu akan ada tulisan berjalan tanda preview yang bisa membuat kamu tidak nyaman saat menonton. Kualitas film DVDScr ini bukanlah yang terbaik, namun tidak buruk juga.

4. R5

Kualitas film R5 ini masih sama dengan DVDScr karena hasilnya adalah rekaman dari promo DVD. Kalau kamu nonton film dengan kualitas R5 masih akan terdapat subtitle China, Korea, dan bahasa lainnya. Bahkan juga masih ada watermark yang akan mengganggu kenyamanan menonton kamu.

Kualitas gambar R5 setara dengan DVDScr, namun terkadang juga kulitasnya sama dengan TS. Untuk suaranya kadang bagus, namun juga masih ada yang buruk.

5. WEBRip

Apa Itu WEBRip? WEBRip adalah film yang diambil langsung dari sebuah situs yang menyediakan video streaming. Kualita WEBRip ini sudah setara dengan DVDRip, namun bisa juga di bawahnya.

Untuk kamu yang suka nonton film lewat smartphone masih cocok menggunakan kualitas WEBRip. Karena resolusinya sangat jernih dan resolusinya sangat pas untuk ditonton di smartphone.

6. DVDRip

Kualitas film DVDRIP lebih bagus dibandingkan DVDScr, TS, dan HD CAM. DVDRip merupakan hasil salinan dari DVD aslinya, sehingga kualitas gambar maupun audionya bagus. Film dengan kualitas DVDRip ini masih layak kamu tonton.

7. HDTV dan TVRip

HDTV atau TVRip merupakan kualitas film yang diencode dari TV yang berkualitas HD. Film dengan kualitas HDTV atau TVRip ini terkadang masih ada watermarknya yang mungkin bisa membuat kamu tidak nyaman saat nonton.

Film dengan kualitas HDTV atau TVRip ini mempunyai resolusi sekitar 480p sampai 720p dengan format MP4. Kamu yang suka nonton serial TV yang rilisnya seminggu sekali kemungkinan akan memiliki kualitas HDTV/TVRip.

8. HDRIP

Contoh Kualitas Film kualitas HD RIP
Contoh Kualitas Film kualitas HD RIP

Apa Itu HDRIP? Kualitas HDRIP adalah film yang yang disalin secara langsung dari TV yang berkualitas HD. Kualitas film HDRIP ini tentu saja lebih bagus dibandingkan dengan kelima kualitas film di atas baik dari sisi gambar maupun audio. Jadi film dengan kualitas HD RIP ini masih enak untuk ditonton.

Kekurangannya, pada film yang berkualitas HDRIP ini masih terdapat subtitle atau harsub yang sifatnya masih permanen. Misalnya subtitle yang digunakan bahasa Korea atau Jepang. Kamu yang tidak mengerti tulisan Korea atau Jepang pasti tidak akan mengerti dan akan mengganggu kenyamanan saat menonton.

9. WEB DL

Kualitas WEB DL
Kualitas WEB DL

Apa Itu WEBDL? WEBDL adalah kualitas film yang diunduh secara langsung dari situs jaringan TV yang menggunakan internet. Film dengan kualitas WEB DL ini biasanya diunduh dari situs iFlix dan iTunes. Kualitas WEBDL lebih baik dibandingkan dengan HDTV.

Film dengan kualita WEB DL biasanya masih terdapat logo TV atau iklan pada layar seperti halnya di kualitas film HDTV. Hanya saja resolusi WEBDL ini lebih besar dibandingkan dengan HDTV yaitu 720p dan 1080p.

10. mHD (Mini/Micro HD)

Kualitas film mHD ini setara dengan Bluray, namun ukurannya diperkecil sehingga menjadi lebih hemat. Film dengan kualitas mHD ini sangat cocok untuk kamuĀ  penikmat film yang punya kuota terbatas. Karena ukurannya telah diperkecil dari kualitas BluRay.

11. BluRay/BRRip

Contoh Kualitas kualitas BluRay
Contoh Kualitas kualitas BluRay

Kamu penikmat film pasti akan sering menemukan istilah Bluray. Arti Bluray dalam film adalah kualitas film yang ditonton adalah yang terbaik. Gambar dan audionya sudah bagus sehingga kamu bisa nonton dengan nyaman.

Resolusi film dengan kualitas Bluray atau BRRip ini adalah yang tertinggi yaitu 1920 x 1080 (1080p) dan 1280 x 720 (720). Semakin besar resolusinya, semakin bagus kualitasnya. Ukuran film kualitas Bluray juga besar, jadi kamu butuh kuota internet yang lebih besar.

Pastikan laptop atau komputer yang akan kamu gunakan untuk menonton film dengan kualitas Bluray ini sudah punya spesifikasi yang memadai. Kalau spesifikasinya rendah, filmnya akan patah-patah dan bahkan tidak bisa ditonton.

Penutup

Itulah urutan kualitas film dari yang terburuk sampai yang terbaik. Kalau kamu pengen nonton dengan nyaman, download film berkualitas BluRay atau mHD kalau nontonya di smartphone. Semoga bermanfaat.