Urutan Generasi iPhone Dari Tahun Ke Tahun

Urutan Generasi iPhone Dari Tahun Ke Tahun

Generasi iPhone Dari Tahun Ke Tahun – 15 tahun lalu, tepatnya 9 Januari 2007, Steve Jobs sebagai pendiri Apple memperkenalkan iPhone generasi pertama di ajang Macworld Expo.

Kehadiran iPhone tersebut telah merubah industri smartphone di dunia. iPhone yang pertama kali diluncurkan mengurangi fungsi keyboard secara keseluruhan. Karena iPhone ini hanya punya ukuran 3.5 inchi yang pada waktu itu ukurannya tergolong besar.

Pada tahun 2007 lalu, iPhone generasi pertama itu sudah canggih. Namun iPhone terus berevolusi dalam hal fitur, teknologi, dan bentuk seiring berkembangnya zaman. Sekarang iPhone sudah mempunyai fitur canggih dan mampu mengalahkan brand smartphone lain.

iPhone Dari Generasi ke Generasi

Berikut ini adalah rangkuman generasi iPhone dari tahun ke tahun sampai iPhone generasi terbaru.

iPhone Generasi Pertama (2007)

iPhone Generasi Pertama
iPhone Generasi Pertama

Kehadiran iPhone generasi pertama telah berhasil membuat banyak pecinta teknologi berdecak kagum. Karena banyak fitur inovatif yang tersemat dalam smartphone tersebut. Misal layarnya yang berukuran besar dan punya kemampuan touchscreen.

iPhone generasi pertama ini hadir dengan layar berukuran 3.5 inci dan resolusi 480 x 320 piksel. iPhone ini masih menggunakan tombol Home fisik yang ditenagai dengan aRM 412 MHz serta kamera 2MP.

Kemampuan yang dimiliki oleh iPhone generasi pertama ini diantaranya adalah melakukan panggilan telepon, terhubung ke internet, melakukan transfer data iTunes, menerima email, dan mendengarkan musik.

Waktu itu, uang yang harus dibayarkan oleh pembeli tergolong cukup mahal. Pada 29 Juni 2007, iPhone pertama dengan memori penyimpanan 4GB dibandrol seharga 499 dolar AS. Sementara untuk varian 8GB dibandrol 599 dollar AS.

iPhone 3G (2008)

iPhone 3G
iPhone 3G

Setelah merilis iPhone generasi pertama, setahun kemudian Apple merilis iPhone 3G. iPhone ini resmi dirilis pada 11 Juli 2008 dengan mengalami peningkatan di sektor konektivitasnya. Ya, iPhone ini sudah didukung dengan koneksi 3G dan GPS.

Fitur yang dimiliki oleh iPhone 3G juga sudah semakin banyak seperti fitur push email, petunjuk dalam navigasi, hingga adanya aplikasi App Store. Sementara untuk desainnya masih cukup serupa dengan iPhone generasi pertama.

Perbedaan body hanya terletak pada bagian luarnya yang sudah menggunakan bahan metal. Kemudian untuk layarnya sudah lebih ramping lagi dari iPhone pertama.

iPhone 3GS (2009)

iPhone 3GS
iPhone 3GS

Generasi iPhone yang selanjutnya adalah iPhone 3GS yang dirilis pada tahun 2009. iPhone ini punya desain yang sama dengan iPhone 3G, namun penampilan dan spesifikasinya mengalami pembaharuan.

iPhone 3GS ditenagai dengan prosesor terbaru di masanya yaitu ARM A8 600. iPhone ini juga telah dilengkapi dengan lapisan layar yang diklaim mampu mengurangi bekas sidik jari.

Apple juga menyempurnakan fitur pada iPhone 3GS ini seperti kameranya yang bisa merekam video 480p. iPhone generasi ketiga ini juga telah dilengkapi dengan fitur kontrol suara.

iPhone 4 (2010)

iPhone 4
iPhone 4

Generasi iPhone 4 mengalami perombakan yang cukup signifikan dibandingkan generasi iPhone sebelumnya. Misalnya iPhone 4 ini telah menggunakan material stainless steel dan lebih tipis.

Layarnya masih tetap sama yaitu 3.5 inchi, namun resolusi layarnya lebih besar yaitu 960 x 480 piksel. iPhone 4 ini juga telah dilengkapi dengan Retina Display yang bisa mempertajam tampilan yang disajikan pada layar.

Dan untuk pertama kalinya, Apple menyematkan kamera selfie 5MP pada iPhone generasi keempat ini. Dan kamera tersebut mampu merekam video 720 piksel.

iPhone 4s (2011)

iPhone 4s
iPhone 4s

Meskipun mengusung desain yang sama dengan generasi pendahulunya, namun jeroan yang dimiliki oleh iPhone 4s berbeda. iPhone ini telah menggunakan prosesor dual-core.

Pada iPhone 4s yang dirilis tahun 2011 ini juga telah dilengkapi dengan dengan beragam fitur seperti asisten virtual Siri. Kemudian sudah menyediakan beragam layanan seperti iCloud, iMessage, Reminder, Notification Center, dan terintegrasi dengan Twitter.

iPhone 4s diumumkan pada 4 Oktober 2011. Namun iPhone ini tidak diumumkan oleh Steve Jobs sebagai pendiri Apple. Waktu itu Steve Jobs meninggal dunia di umur 56 tahun dengan menderita penyakit kanker pankreas.

iPhone 5 (2012)

iPhone 5
iPhone 5

Meskipun Steve Jobs sebagai pendiri Apple telah tiada, namun inovasi terus dilakukan untuk iPhone. Hal itu terbukti dengan adanya perubahan layar iPhone 5 yang lebih besar yaitu 4 inchi dan resolusi 1.136 x 640 piksel.

Meskipun ukuran layarnya bertambah, namun ketebalannya lebih tipis. Kemudian dari sektor konektivitas, iPhone 5 juga telah didukung oleh koneksi internet 4G LTE.

Untuk teknologi pengisian daya iPhone 5 didukung oleh konektor Lightning dari perusahaan asal Cupertino, AS.

iPhone 5c dan 5s (2013)

iPhone 5c dan 5s
iPhone 5c dan 5s

Pada 23 September 2013, memperkenalkan dua model iPhone terbaru secara sekaligus yaitu iPhone 5c dan iPhone 5s.

Body iPhone 5c terbuat dari material plastik dengan varian warna casing yang beragam. Sementara untuk iPhone 5s desainnya masih sama dengan iPhone generasi sebelumnya. Hanya saja telah dilengkapi dengan dua LED Flash dan bukaan lensa diperbesar.

iPhone 5s juga telah dilengkapi dengan fitur Touchscreen ID untuk membuka kunci smartphone dengan sensor sidik jari.

iPhone 6 dan 6 Plus (2014)

iPhone 6 dan 6 Plus
iPhone 6 dan 6 Plus

Apple menggunakan layar yang lebih besar lagi pada iPhone 6 yaitu 4.7 inchi dengan resolusi 1.334 x 640 piksel. Tingkat kecerahan layarnya juga sudah mencapai 326 ppi dan material bodinya adalah metal.

iPhone 6 juga telah dilengkapi dengan alat pembayaran virtual bernama Apple Pay.

Ukuran layar iPhone 6 Plus jauh lebih besar lagi yaitu 5.5 inchi dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel dengan tingkat kecerahan mencapai 401 ppi. Kapasitas layarnya juga lebih besar yaitu mencapai 2.915 mAh.

Peningkatan layar yang lebih besar sebenarnya melanggar wasiat sang pendiri Apple, Steve Jobs. Dia sangat menantang layar iPhone yang luas karena bisa menghambat proses navigasi ketika menggunakan ponsel.

Meskipun begitu, penjualan iPhone 6 terbilang sukses. Karena pengguna tidak hanya mempertimbangkan ukuran layar, namun yang lainnya.

iPhone 6s dan 6s Plus (2015)

iPhone 6s dan 6s Plus
iPhone 6s dan 6s Plus

Pada 9 September 2015, Apple kembali merilis iPhone terbaru namun masih dari seri 6 yaitu iPhone 6s dan 6s Plus. Perubahan dari generasi iPhone 6 sebelumnya adalah resolusinya menjadi 1.334 x 750 piksel.

Chipset yang digunakan pada iPhone 6s dan 6s Plus juga menggunakan yang terbaru yaitu Apple A9. Performa chipset ini diklaim 70 persen lebih cepat dari A8 yang dipakai pada iPhone 6 dan 6 Plus.

Dari sisi grafisnya juga 90 persen lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ada juga fitur tambahan seperti fitur 3D Touch dan kameranya sudah beresolusi 12MP yang mampu merekam video hingga resolusi 4K.

Perbedaan iPhone 6s dan 6s Plus hanya terletak pada ukuran dan chipset yang digunakan. iPhone 6s Plus ditenagai chipset A9 dan ukuran layar 5.5 inchi dengan resolusi 1920 x 1080 piksel.

Generasi iPhone SE Series (2016)

Generasi iPhone SE Series
Generasi iPhone SE Series

iPhone SE Series adalah iPhone yang dijual dengan harga yang lebih murah. Ukuran layarnya juga lebih kecil yaitu hanya 4 inchi.

iPhone SE generasi pertama adalah gabungan elemen yang dimiliki oleh iPhone 5s dan 6s. Desainnya mengadopsi iPhone 5s, sementara spesifikasinya menyerupai iPhone 6s.

iPhone 7 dan 7 Plus (2016)

iPhone 7 dan 7 Plus
iPhone 7 dan 7 Plus

Tahun 2016 Apple merilis 3 seri iPhone secara sekaligus. Setelah memperkenalkan iPhone SE, mereka juga memperkenalkan iPhone 7 dan 7 Plus.

Generasi iPhone ini punya bodi dan layar yang sama dengan iPhone 6, hanya saja chipsetnya sudah menggunakan A10. Selain itu iPhone 7 dan 7 Plus ini telah mengantongi sertifikasi anti air.

Untuk iPhone 7 Plus sudah dibekali dengan sesuatu yang baru dibandingkan generasi pendahulunya yaitu adanya kamera ganda di belakang. Salah satu kamera tersebut telah mendukung fitur portrait dan 2x optical zoom.

iPhone 8 dan 8 Plus (2017)

iPhone 8 dan 8 Plus
iPhone 8 dan 8 Plus

Generasi iPhone selanjutnya diumumkan pada 12 September 2017 dengan menghadirkan iPhone 8 dan 8 Plus. Keduanya telah dilengkapi dengan fitur wireless charging dan peningkatan pada sektor kamera.

Jeroannya juga sudah menggunakan chipset terbaru yaitu A11 yang performanya lebih kencang. Kemudian telah dilengkapi juga dengan teknologi True Tone yang memungkinkan layar menyesuaikan warna dan intensitas cahaya sesuai lingkungan di sekitarnya.

Generasi iPhone X (2017)

Generasi iPhone X
Generasi iPhone X

Satu dekade sudah Apple bergelut di industri smartphone. Dan mereka melakukan perombakan desain pada generasi iPhone X yang rilis pada tahun 2017.

iPhone X sudah tidak menggunakan tombol Home fisik lagi di layarnya yang menjadi ciri khas iPhone. iPhone X sudah mempunyai layar penuh dengan adanya notch yang menjadi tempat bersemayamnya kamera selfie.

Ada beberapa peningkatan dari generasi iPhone X dibandingkan generasi sebelumnya. Misalnya layar sudah OLED, bezel tipis, dan telah memakai fitur Face ID.

iPhone XR (2018)

iPhone XR
iPhone XR

Setahun setelah merilis iPhone X, Apple kembali merilis iPhone XR yang mempunyai bodi dengan perpaduan material alumunium dan stainless steel.

Di bagian belakangnya hanya terdapat satu kamera dan layarnya masih LCD. iPhone XR tersedia dalam beberapa varian memori internal yaitu 64GB, 128GB, dan 256GB.

iPhone XS dan XS Max (2018)

iPhone XS dan XS Max
iPhone XS dan XS Max

Masih di tahun yang sama, Apple juga meluncurkan iPhone XS dan XS Max. Generasi iPhone X ini mengalami peningkatan dari sisi hardware yaitu telah memakai chipset A12 Bionic.

iPhone XS sudah dilengkapi dengan fitur dual SIM dengan kapasitas memori internal mencapai 512GB. iPhone XS juga telah dibekali dengan kemampuan daya baterai yang diklaim awet.

Dari sisi spesifikasi, iPhone XS Max sama dengan iPhone XS. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran layar yang lebih besar.

iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max (2019)

iPhone 11 Series
iPhone 11 Series

Pada tahun 2019 Apple secara serentak merilis 3 model iPhone dari keluarga iPhone 11. Ketiga model tersebut adalah iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Perbedaan ketiga iPhone tersebut adalah pada bagian kamera dan ukuran layarnya. iPhone 11 Pro Max yang dijual dengan harga tertinggi mempunyai ukuran layar 6.5 inchi dan telah mendukung fitur Night Mode.

iPhone SE Generasi 2

iPhone SE Generasi 2
iPhone SE Generasi 2

iPhone SE Generasi 2 mengalami peningkatan dari generasi iPhone SE sebelumnya yang dirilis tahun 2016. Peningkatan tersebut adalah kehadiran fitur Touch ID dan chipset A13 Bionic.

iPhone SE Generasi 2 ini mempunyai penampilan yang mirip dengan iPhone 8.

iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max (2020)

iPhone 12 Series
iPhone 12 Series

Di tahun 2020 Apple juga merilis 4 model iPhone secara sekaligus yaitu iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max.

iPhone 12 Mini dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Namun spesifikasinya sedikit dipangkas dibanding model iPhone 12 lainnya.

Untuk iPhone 12, 12 Pro, dan 12 Pro Max perbedaannya terletak pada sektor kamera. Ketiganya juga mempunyai kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda.

iPhone 12 regular dan iPhone 12 Mini memiliki tiga varian memori internal yaitu 64GB, 128GB, dan 256GB. Sementara iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu 512GB.

iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max (2021)

iPhone 13 Series
iPhone 13 Series

Sama seperti di tahun 2022, Apple juga merilis 4 model iPhone secara sekaligus di tahun 2021. Keempat model tersebut adalah iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max.

Semua model iPhone 12 mempunyai ukuran notch 20 persen lebih kecil dari generasi iPhone sebelumnya. Semuanya juga telah ditenagai chipset A15 Bionic yang performanya 50 persen lebih ngebut.

iPhone 13 dan iPhone 13 mempunyai desain kamera belakang yang tersusun secara diagonal.

Sementara iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max menggunakan tiga kamera belakang. Keduanya mempunyai empat pilihan memori penyimpanan yaitu 128 GB, 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Generasi iPhone Terbaru: iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, dan 14 Pro Max (2022)

Generasi iPhone Terbaru
Generasi iPhone Terbaru

Berbeda dari tahun sebelumnya, Apple meniadakan iPhone mini namun model iPhone yang dirilis masih 4. Keempat model iPhone tersebut adalah iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, dan 14 Pro Max.

iPhone 14 dibekali dengan layar Super Retina XDR OLED berukuran 6.1 inchi. Panel layar pada iPhone 14 Plus juga sama, namun ukuran layarnya lebih besar yaitu 6.7 inchi.

Untuk chipset kedua menggunakan A15 Bionic dengan dua kamera belakang 12 MP,  satu kamera depan 12 MP, dan varian memori penyimpanan adalah 128GB, 256GB, dan 512GB.

Untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max telah dilengkapi dengan chipset A16 Bionic dengan tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Ada empat varian memori penyimpanan yang ditawarkan yaitu 128 GB, 156 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Perbedaan iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max terletak pada layar dan baterainya.

iPhone 14 Pro menggunakan panel LTPO Super Retina XDR OLED 6.1 inchi. iPhone 14 Pro Max memakai panel layar yang sama, namun ukurannya lebih besar yaitu 6.7 inchi. iPhone 14 Pro Max juga mempunyai kapasitas baterai yang lebih besar.

Penutup

Itulah generasi iPhone dari masa ke masa yang mengalami terus mengalami perkembangan sampai sekarang. iPhone 14 sebagai iPhone generasi terbaru mempunyai fitur dan spesifikasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Karena iPhone seri 14 juga merupakan urutan iPhone terbaru, harga yang ditawarkannya pun juga akan semakin mahal. Semoga bermanfaat.