Universitas Terbaik Di Korea Selatan 2021

Universitas Terbaik Di Korea

Saat ini K Pop telah berhasil menarik perhatian banyak orang di dunia, termasuk Indonesia. Saking sukanya pada artis-artis K Pop, banyak orang yang ingin melanjutkan kuliah di negeri ginseng ini. Jika kamu ingin kuliah disana, banyak universitas terbaik di Korea yang bisa kamu pertimbangkan.

Untuk kami yang ingin kuliah di Korea Selatan, kami akan merangkum 10 universitas terbaik yang dilansir dari The World University Ranking 2021. Untuk informasi lebih lengkapnya, langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Universitas Nasional Seoul

Seoul National University menjadi perguruan tinggi terbaik di Korea Selatan tahun 2021 versi THE World Ranking. Seoul National University juga telah menjadi universitas terbaik di Korea Selatan. Dengan tingkat popularitasnya yang sangat tinggi, tidak heran jika banyak masyarakat yang ingin kuliah disini.

Universitas Nasional Seoul merupakan universitas nasional pertama di Korea dan menjadi kampus terbesar di Korea. Universitas ini memiliki 16 kolase, 1 fakultas pascasarjana, dan 10 fakultas profesional.

Universitas ini juga menawarkan karir untuk para lulusannya nanti. Kamu juga kemungkinan akan mendapatkan bimbingan konseling bantuan keuangan. Bahkan akan mendapatkan dukungan bahasa bagi para mahasiswa internasional, jadi kamu tidak perlu takut lagi untuk masalah bahasa.

2. KAIST

Berdiri pada 1966, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) menjadi perguruan tinggi yang berfokus pada penelitian dan pengembangan. KAIST ini juga menjadi institusi penelitian Sains dan Teknik pertama di Korea Selatan.

Kualitas pendidikan dari KAIST ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi karena sudah menjalin kerja sama dengan banyak institut ternama di dunia. Bahkan sudah memiliki beberapa kampusnya di luar negeri seperti Eropa.

Untuk kamu yang ingin memperdalam ilmu Kimia Biologi, Teknik Biomedis, Neurosains dan Robotik sangat cocok kuliah disini. Perguruan Tinggi ini juga menyediakan beberapa hal yang dibutuhkan oleh mahasiswanya. Diantaranya tempat tinggal, dan asuransi kesehatan untuk para mahasiswa internasional.

KAIST juga menjadi universitas Korea yang menyediakan beasiswa yang mungkin saja bisa dijadikan pertmbingan oleh kamu jika ingin kuliah disini. KAIST ini menjadi perguruan terbaik kedua di Korea tahun 2021 versi THE World Ranking dan terbaik ke-96 di dunia.

3. Sungkyunkwan University

Sungkyunkwan University (SKKU) menjadi perguruan tinggi terbaik ketiga di Korea tahun 2021 versi THE World Ranking. Kamu juga bisa kuliah di universitas ini karena menyediakan mahasiswa internasional.

Popularitas dari perguruan tinggi ini tidak perlu diragukan lagi karena sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan smartphone raksasa, Samsung. Perusahaan inilah yang mendanai berbagai banyak proyek penelitian di SKU.

SKU juga termasuk perguruan tinggi tertua yang ada di Asia Timur dan saat ini sudah memiliki dua kampus. Untuk kampus yang pertama untuk program Sastra dan Ilmu, dan kampus yang kedua untuk program Ilmu Alam. Untuk jenjang S1 dan S2, program kuliah dijalankan dengan menggunakan bahasa Inggris.

4. POSTECH

Kalau kamu tertarik untuk kuliah di jurusan Sains dan Teknik, Pohang University of Science and Technology (POSTECH) adalah piliah yang sangat tepat. Tak hanya popularitasnya yang sudah mendunia, kampus ini juga memiliki fasilitas penelitian yang sangat lengkap dan canggih.

Tidak heran jika POSTECH ini menjadi perguruan tinggi keempat terbaik di Korea tahun 2021 versi The World Ranking. Program kuliah yang ada di kampus ini diantaranya adalah Teknik Mekanik, Teknik Komputer, Teknik Elektro, dan Matematika. Beberapa program kuliah tersebut ditawarkan dalam bahasa Inggris.

5. Korea University

Berdiri sejak tahun 1905, Korea University menjadi salah satu perguruan tinggi tertua di Korea Selatan. Pada awalnya kampus ini didirikan untuk memenuhi pendidikan warga Korea Selatan. Untuk sekarang ini, Korean University sudah bekerja sama dengan banyak institusi pendidikan ternama, salah satunya adalah Universitas 21.

Beberapa program mata kuliah seperti Sains, Matematika, dan Seni ditawarkan dalam bahasa Inggris. Universitas ini juga menawarkan layanan konseling dan tempat tinggal untuk mahasiswa internasional.

6. Yonsei University

Universitas ini memiliki suasana hijau yang indah dan sangat menyatu dengan alam. Yonsei University merupakan universitas tertua yang ada di Korea dan memiliki misi mendidik para pemimpin. Para lulusannya diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi orang lain dalam semangat kebebasan dan kebenaran.

Terletak di Seodaemun, Seoul, Yonsei University memiliki 18 sekolah pascasarjana, 22 perguruan tinggi, dan 133 lembaga. Salah satu sekolah bisnis tertua di Korea, Yonsei Graduate School of Business, menjadi pelopor dari program MBA.

7. Kyung Hee University

Universitas yang satu ini menawarkan 25 perguruan tinggi, 71 departemen dan jurusan, 65 program master, 63 program doktor, 18 sekolah pasca sarjana profesional, dan 43 lembaga penelitian tambahan.

Salah satu program yang telah berkembang dengan pesat di Korea adalah Post-Modern Music dan jurusan ini berada di Kyung Hee University. Beberapa jurusan lain seperti Kedokteran dan Asia Medicine juga terkenal di universitas ini. Perguruan tinggi juga menawarkan biaya tempat tinggal yang relatif lebih rendah.

8. Hanyang University

Terletak di Wangsimni, Seongdong, Seoul, Hanyang University terbagi ke dalam tiga kampus yaitu Seoul Kampus, Erica Campus, dan Graduate School. Universitas ini telah berhasil meluluskan mahasiswa yang berkualitas. Beberapa diantaranya adalah menjabat sebagai CEO dan eksekutif di perusahaan Korea.

Hanyang University juga telah ditunjuk sebagai Outreaching Research Competitiveness. Program ini menjadi salah satu kunci dari rencana New Hanyang 2020. Untuk masuk ke universitas yang satu ini, kamu harus mengikuti ujian masuk terlebih dahulu.

Tidak hanya tersedia program sarjana dan pascasarjana saja, Hanyang University juga menawarkan sistem perkuliahan jarak jauh, program online. Bahkan juga menyediakan program pertukaran mahasiswa. Disini juga tersedia bantuan keuangan untuk para mahasiswa internasional.

9. Chung-Ang University

Universitas swasta terbaik lainnya di Korea Selatan adalah Chung-Ang University yang terletak di Seoul. Di perguruan tinggi tersedia program S1 hingga S3 dan menawarkan program kuliah ke luar negeri dan pertukaran mahasiswa.

Untuk masuk ke perguruan tinggi ini, kamu harus mengikuti ujian masuk terlebih dahulu. Chung-Ang University juga menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional juga berhasil mengikuti persyaratan yang telah ditentukan.

Baca juga: Daftar Universitas Terbaik Di Indonesia 2021

10. Pusan National University

Terletak di Busan, Pusan National University telah berhasil mendapatkan akreditasi dan diakui oleh Menteri Pendidikan Korea. Para mahasiswa yang ingin kuliah di universitas ini diwajibkan mengikuti ujian masuk terlebih dahulu.  Disini tersedia program beasiswa bagian internasional dan menawarkan fasilitas yang sangat lengkap.

Masih banyak universitas terbaik di Korea Selatan 2020 yang lainnya yang bisa kamu pertimbangkan. Kesepuluh universitas di atas diantaranya juga sudah termasuk ke dalam daftar universitas terbaik di dunia.

Itulah beberapa universitas terbaik di Korea yang bisa dijadikan referensi oleh kamu yang ingin kuliah di negeri Ginseng. Tak bisa dipungkiri lagi jika Korea Selatan ini menjadi salah satu negara yang banyak diminati oleh sebagian besar calon mahasiswa di Indonesia. Semoga bermanfaat.