7 Daftar Universitas yang Ada Di Surabaya Beserta Jurusannya

Universitas yang Ada Di Surabaya – Surabaya merupakan ibu kota di Jawa Timur yang memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Hal itu terbukti dengan banyaknya universitas yang masuk ke dalam jajaran universitas terbaik di Indonesia.

Jika Anda berdomisili di Indonesia bagian Timur, Surabaya menjadi daerah yang tempat untuk melanjutkan kuliah. Karena secara kualitas perguruan tinggi di Surabaya juga tidak kalah bagus dengan daerah lainnya. Bahkan ada juga universitas yang menawarkan biaya kuliah yang relatif lebih murah.

Daftar Universitas yang Ada Di Surabaya

universitas yang ada di Surabaya
universitas yang ada di Surabaya

Berikut ini telah cecepkocep.com rangkum daftar universitas di Surabaya yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan untuk melanjutkan kuliah.

1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Salah satu universitas negeri yang ada di Surabaya adalah Universitas Airlangga alias UNAIR. Universitas ini banyak difavoritkan oleh banyak orang dari daerah Jawa Timur seperti Lumajang, Jember, Madiun, dan lain-lain. Untuk Anda yang ingin kuliah jurusan Kedokteran, UNAIR juga bisa menjadi opsi yang tepat.

Beberapa jurusan favorit di UNAIR ini diantaranya Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Perawatan, Ilmu Hukum, Manajemen, Psikologi, dan Ilmu Komunikasi. Persaingan untuk masuk ke jurusan tersebut sangat tinggi, jadi kamu perlu tenaga ekstra untuk mempersiapkannya.

Sebagai alternatif, Anda bisa memilih jurusan yang peminatnya sepi. Misalnya Fisika dan Rekayasa Nanoteknologi.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Universitas yang ada di Surabaya yang selanjutnya dapat Anda pertimbangan adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember alias ITS. Universitas ini sangat cocok untuk Anda yang tertarik dengan perkembangan teknologi.

Beberapa jurusan kuliah yang tingkat persaingannya tinggi di ITS diantaranya Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Industri, dan Teknik Sipil. Sementara untuk jurusan yang sepi peminatnya adalah Fisika, Biologi, Teknik Transportasi Laut, dan Teknik Sistem Perkapalan.

3. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas Negeri Surabaya atau UNESA bisa menjadi opsi jika Anda merasa berat untuk kuliah di UNAIR. Meskipun pamornya kalah, Namun secara kualitas UNESA juga layak disandingkan dengan UNAIR maupun ITS.

Beberapa jurusan favorit di UNESA diantaranya PGSD, Psikologi, Manajemen, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Hukum. Sementara untuk jurusan yang sepi peminat diantaranya Seni Rupa Murni, Seni Musik, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Sendratasik, dan Pendidikan Teknik Bangunan.

4. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Jika Anda ingin kuliah dengan landasan utama pembelajaran agama Islam, maka Universitas Islam Negeri Sunan Ampel adalah pilihan yang bijak. Meskipun berlandaskan Islam, namun banyak jurusan kuliah umum yang disediakan oleh universitas yang ada di Surabaya ini.

Manajemen dan Psikologi adalah dua jurusan kuliah favorit di UIN Sunan Ampel ini. Anda bisa memilih jurusan lain yang tingkat persaingannya tak begitu tinggi. Misalnya Matematika, Ilmu Kelautan, dan Pendidikan IPA. Meskipun sepi peminat, ketiga jurusan tersebut punya prospek bagus di masa depan.

Baca juga: Universitas Di Mojokerto yang Terakreditasi B

5. UPN Veteran Jawa Timur

Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Veteran Jawa Timur merupakan universitas negeri yang ada di Surabaya. Universitas ini juga menawarkan jurusan kuliah yang beragam seperti Manajemen, Sistem Informasi, Ilmu Komunikasi, Hukum, dan Administrasi Bisnis.

Beberapa jurusan lain yang dapat Anda pertimbangkan karena tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi diantaranya, Teknik Kimia, Agroteknologi, dan Desain Komunikasi Visual.

6. Universitas Surabaya (UBAYA)

Salah satu universitas swasta yang ada di Surabaya adalah Universitas Surabaya atau UBAYA. Universitas ini adalah penerus dari Universitas Trisakti yang berdiri sejak tahun 1966. Namun pada tahun 1968 namanya berubah menjadi Universitas Surabaya.

UBAYA mempunyai tiga kampus dengan lokasi yang berbeda-beda yaitu di Ngagel, Rungkut, dan Trawas. Meskipun statusnya swasta, namun banyak jurusannya yang telah memperoleh akreditas A dari BAN PT.

7. Universitas Kristen Petra (UKP)

Universitas swasta yang ada di Surabaya yang selanjutnya adalah Universitas Kristen Petra. UK Petra adalah perguruan tinggi swasta nasional di Surabaya yang berdiri pada tahun 1961. Awalnya universitas ini adalah sebuah yayasan yang berdiri pada tahun 1951.

Baca juga: Universitas yang Ada Di Malang Beserta Jurusannya

Akhir Kata

Itulah daftar universitas yang ada di Surabaya beserta jurusannya yang dapat Anda jadikan pertimbangan. Anda bisa memilih kampus negeri maupun swasta karena keduanya tidak begitu jauh berbeda dari sisi kualitas pendidikan. Semoga bermanfaat.