10 Universitas Terbaik di Australia 2021 & Terkenal

universitas terbaik di australia

Salah satu negara yang menjadi incaran banyak calon mahasiswa dari Indonesia adalah Australia. Letaknya yang tidak terlalu jauh dan kualitas pendidikannya yang bagus menjadi daya tarik tersendiri. Tak heran jika banyak universitas terbaik di Australia yang jadi incaran calon mahasiswa.

Apakah kamu juga tertarik untuk menempuh pendidikan sarjana di negeri kangguru itu? Jika iya, sekarang kamu tengah berada di tempat yang tepat untuk memperoleh informasi mengenai kampus-kampus terbaik di Australia.

Universitas Terbaik di Australia 2021

Berikut ini akan kami berikan informasi mengenai universitas terbaik di Australia versi QS World University Rankings.

1. Australian National University

Australian National University
Gambar: Augstudy

Sudah dua tahun ke belakang, Australian National University bertengger menjadi universitas terbaik di Australia. Bahkan universitas ini masuk ke dalam jajaran perguruan tinggi terbaik ke-24 di dunia.

Universitas ini memiliki jumlah mahasiswa internasional terbanyak di Australia. Bahkan di tahun 2019 lalu saja memperoleh penilaian yang sangat tinggi di bidang riset.

Jadi jangan aneh kalau Australian National University ini dikenal sebagai national research university di dunia. Karena universitas ini memang dikenal sebagai salah satu kampus riset terdepan di dunia.

Kampus yang didirikan sejak tahun 1946 ini telah berhasil meluluskan orang-orang sukses. Terdapat 6 lulusan Australian National University yang berhasil memperoleh penghargaan nobel.

2. Universitas Melbourne

Sesuai dengan namanya, Universitas yang satu ini berada di Melbourne, Australia. Kampus utamanya terletak di Parkville, sementara kampus lainnya berada di pinggiran Victoria.

Universitas Melbourne tidak hanya memiliki kualitas pendidikan yang sangat bagus. Di kampus ini juga terdapat sarana dan program yang lengkap dari berbagai bidang.

Universitas Melbourne juga terkenal sebagai kampus dengan jumlah mahasiswa asing yang sangat tinggi. Kampus ini mempunyai kontribusi yang sangat besar terhadap masyarakat, terutama dalam bidang riset dan pembelajaran.

Jadi tidak heran kalau universitas Melbourne ini telah sukses memperoleh 10 penghargaan nobel. Yakin kamu gak mau ngampus disini juga?

3. University of Sydney

University of Sydney merupakan kampus tertua yang ada di Australia yang berdiri pada tahun 1980. Kampus ini tidak hanya terkenal dengan kualitas pendidikannya yang bagus, tapi juga keindahan kampusnya yang mempesona.

Ya, kampus Universitas Sydney mempunyai arsitektur kuno dan memiliki taman hijau yang sangat luas. Sangat cocok kalau kamu ingin belajar sambil menikmati keindahan kampus yang menawan.

University of Sydney juga diklaim oleh QS World University Ranking yang masuk ke dalam 5 universitas terbaik di dunia yang mudah memperoleh pekerjaan. Jadi kalau setelah lulus ingin cepat memperoleh pekerjaan, tak ada salahnya untuk kuliah di kampus yang satu ini.

Lulusan dan tenaga pengajar di kampus Universitas Sydney ini juga sudah memperoleh banyak penghargaan. Diantaranya 5 penghargaan dan 2 penghargaan Crafoord Prize. Beberapa perdana Menteri Australia juga merupakan lulusan dari universitas yang satu ini.

4. University of New South Wales (UNSW)

University of New South Wales
Gambar: I Can-Education.

Sama seperti University of Melbourne, University of New South Wales (UNSW) juga merupakan bagian dari Group of Eight. Kampus ini berada di daerah sub-urban Sydney atau tepatnya di Kensington.

Sementara untuk fakultas Seni Kreatif berada di Paddington. Ada juga kampus lainnya yang berada di Canberra. UNSW mempunyai 9 fakultas yang bisa kamu pilih baik untuk jenjang sarjana, master, maupun doktor.

5. University of Queensland (UQ)

University of Queensland menjadi universitas terbaik di Australia jurusan kedokteran maupun bidang research lainnya. Universitas ini telah banyak melakukan penelitian besar, salah satunya adalah penelitian mengenai vaksin untuk virus HPV yang menjadi penyebab kanker serviks.

UQ juga termasuk universitas terbaik di Australia jurusan bisnis dan ilmu pengetahuan murni dan terapan. Universitas yang berada di Brisbane ini masuk ke dalam tp 50 universitas terbaik di dunia.
Sudah ada dua lulusan yang berhasil memperoleh gelar Nobel yakni PEter C. Doherty dan John Harsanyi.

6. Monash University

Di negara Australia bagian Victoria, Monash University menjadi kampus tertua kedua. Universitas ini mempunyai pusat penelitian di negara lain mulai dari Malaysia, Tiongkok, India, hingga Afrika Selatan.

Monash University juga mempunyai kampus yang terletak di tempat yang terpisah yaitu di Clayton, Caulfield, Peninsula, dan Parkville. Untuk fasilitas yang dimiliki oleh kampus ini juga sangat lengkap.

Kampus ini sangat cocok untuk kamu yang ingin kuliah di jurusan sains. Karena banyak sekali fasilitas yang bisa kamu manfaatkan yang memang khusus untuk penelitian.

University of Monash juga termasuk universitas di Australia yang banyak orang Indonesia karena kualitas pendidikannya yang bagus. Jadi kamu gak perlu takut tak ada orang Indonesia disini.

7. University of Western Australia (UWA)

University of Western Australia (UWA) menjadi universitas yang mengalami perkembangan popularitas tinggi. Pasalnya banyak mahasiswa yang masuk ke kampus yang satu ini.

Universitas yang berdiri sejak tahun 1911 ini berada di kawasan Perth dan jadi universitas pertama di Australia bagian barat. Terdapat sembilan fakultas yang bisa kamu pilih di kampus ini yaitu seni, hukum, bisnis, pendidikan, teknik, matematika, ilmu alam, ilmu kesehatan, dan ilmu kedokteran.

8. University of Adelaide

Universitas ini memang terkenal dengan berbagai macam inovasi dan penemuannya. University of Adelaide berdiri sejak tahun 1874 dan sekarang telah memiliki lebih dari 25 ribu mahasiswa.

University of Adelaide juga tergabung ke dalam Group of Eight dan lulusan maupun akademisi kampusnya pernah memperoleh penghargaan nobel.

9. University of Technology Sydney (UTS)

Didirikan tahun 1988, tapi UTS sudah masuk ke dalam universitas terbaik di dunia padahal usianya masih muda. UTS menjadi universitas terbaik di Australia jurusan teknik yang bisa kamu pertimbangkan.

Meskipun begitu, di UTS juga masih ada jurusan lain yang bisa kamu pertimbangkan seperti seni, desain, olahraga, bukum, dan keperawatan. Jumlah mahasiswanya juga sudah mencapai 45 ribu.

10. University of Newcastle

University of Newcastle memiliki enam kampus di daerah Newcastle dan Sydney. Bahkan juga sudah ada kampus universitas ini di Singapura. Universitas ini memang terkenal dengan gedung kampusnya modern dan ramah lingkungan.

Jadi tidak heran kalau University of Newcastle memperoleh penghargaan dari Green Building Council of Australia. Kampus yang berdiri sejak tahun 1965 ini juga masuk ke dalam jajaran kampus terbaik di Australia, bahkan dunia.

University of Newcastle menjadi universitas IT terbaik di Australia maupun jurusan lainnya. Beberapa jurusan unggulan lainnya dari kampus ini yaitu teknik pertambangan, arsitektur, sosiologi, dan keperawatan.

Dari sepuluh universitas terbaik di Australia di atas? Kampus mana yang menjadi favorit kamu untuk melanjutkan kuliah. Sebelumnya pastikan kampus maupun jurusan yang kamu pilih harus sesuai dengan bakat dan minat yah. Semoga informasi ini bermanfaat ya.