Universitas Terbaik Di Amerika Serikat 2021 versi THE

universitas terbaik di amerika

Salah satu negara populer yang dijadikan tujuan studi luar negeri yaitu Amerika Serikat. Banyak sekali universitas terbaik di Amerika Serikat dengan ketenaran hampir ke seluruh dunia.

Selain menawarkan kualitas pendidikan yang sangat tinggi, Amerika Serikat juga menawarkan banyak kegiatan, terutama riset. Selain Harvard University, ternyata banyak juga universitas terbaik yang punya kualitas pendidikan terbaik di negeri Paman Sam tersebut.

Daftar Universitas Terbaik di Amerika Serikat

Apakah kamu ingin kuliah di negeri adikuasa, Amerika Serikat ini? Banyak loh kampus terbaik disana yang bisa kamu jadikan tempat terbaik untuk menempuh pendidikan. Berikut ini adalah daftar universitas terbaik di Amerika 2021 versi Times Higher Education (THE) World 2021.

1. Stanford University

universitas terbaik di amerika Stanford University
Stanford University. Gambar: Kemendikbud

Kampus yang didirikan pada tahun 1885 ini telah memiliki lebih dari 7 ribu sarjana. Stanford University berada di pinggiran kota California Bay Area dengan jarak sekitar 30 mil dari San Fransisco.

Stanford University merupakan perguruan tinggi dengan kegiatan riset terbaik di dunia. Terdapat 7 sekolah yang tersedia di Stanford University yaitu:

  • Business,
  • Energy & Environmental Sciences,
  • Education Engineering,
  • Humanities & Sciences,
  • Law, dan
  • Medicine.

Dari ketujuh sekolah di atas, empat diantaranya menawarkan program sarjana dan pascasarjana. Sementara untuk tiga yang lainnya hanya melayani program pascasarjana saja.

Program pascasarjana yang sangat terkenal di Stanford University diantaranya adalah Engineering, Law, dan Medicine.

Universitas ini memiliki jumlah pelajar sekitar 16 ribu orang dan 22 persen diantaranya adalah mahasiswa internasional. Kebanyakan lulusan Stanford University sangat berperan penting dalam bidang bisnis, pemerintahan, dan teknologi.

2. Harvard University

Harvard University
Harvard University. Gambar: Tirto

Siapa yang tak kenal dengan universitas terkenal yang satu ini? Kebanyakan calon mahasiswa ingin sekali kuliah di salah satu universitas terbaik di dunia ini. Ya, Harvard University termasuk universitas terbaik di dunia yang terkenal dengan sejarah dan prestasi akademiknya.

Universitas yang berdiri tahun 1636 ini tidak hanya punya pengaruh di Amerika saja, tapi juga di dunia. Harvard University berada di Cambridge, Massachusetts dan saat ini telah memiliki lebih dari 20 ribu siswa. Dari sekian banyak mahasiswa tersebut, 25 persen diantaranya adalah mahasiswa internasional.

Harvard University merupakan lembaga swasta yang saat ini telah memiliki 13 sekolah. Beberapa sekolah yang terkenal diantaranya adalah sekolah bisnis dan sekolah medis.

Sementara untuk peringkat sarjana yang paling terkenal diantaranya Pendidikan Sekolah, Sekolah Teknik dan Ilmu Pengetahuan Terapan, dan sekolah hukum.

Kedelapan presiden Amerika Serikat merupakan lulusan dari Harvard University. Beberapa diantaranya adalah Franklin Delano Roosevelt, John F. Kennedy, Henry David Thoreau, Helen Keller, Yo-Yo Ma, dan Tommy Lee Jones.

3. California Institute of Technology (Caltech)

California Institute of Technology
California Institute of Technology. Gambar: Caltech

Perguruan Tinggi ini pertama kali didirikan pada tahun 1891 dengan nama Throop University yang berada di Pasadena, California. Namun di tahun 1920 berubah namanya menjadi California Institute of Technology (Caltech).

Kalau kamu ingin menempuh pendidikan di bidang teknologi dan teknik, kuliah di Caltech adalah pilihan yang sangat tepat. Pasalnya perguruan tinggi ini memang sangat inovatif di bidang teknik dan teknologi.

Terdapat enam divisi akademik yang tersedia di California Institute of Technology dan semuanya berfokus di bidang sains dan teknik. Keenam divisi akademik tersebut yaitu:

  • Biology & Biological Engineering,
  • Chemistry & Chemical Engineering,
  • Engineering & Applied Science,
  • Geological & Planetary Sciences,
  • Humanities & Social Sciences,
  • Physics, Mathematics, & Astronomy.

Karena berfokus di bidang sains dan teknik, tidak heran kalau Caltech selalu berpartisipasi dalam penelitian-penelitian besar. Hal inilah yang menyebabkan Caltech selalu memperoleh hibah dari lembaga-lembaga riset seperti NASA.

4. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology
Massachusetts Institute of Technology. Gambar: EasyUni

Universitas terbaik di Amerika Serikat urutan keempat versi THE adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kampus yang berdiri di tahun 1861 ini berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

MIT memiliki 30 departemen pendidikan yang dibagi ke dalam 5 sekolah dan 1 perguruan tinggi. Kelima sekolah dan perguruan tinggi tersebut yaitu:

  • School of Architecture and Planning,
  • School of Engineering,
  • School of Humanities, Arts, and Social Sciences,
  • MIT Sloan School of Management,
  • School of Science,
  • MIT Schwarzman College of Computing.

Perlu kamu ketahui kalau MIT ini sangat selektif dalam menerima calon mahasiswa barunya. Universitas ini hanya menerima 8 persen saja dari sekian banyak pendaftar. Jadi tingkat kesulitan buat masuk MIT ini sulit banget ya. Namun 30 persen dari total mahasiswanya adalah mahasiswa internasional.

5. University of California, Berkeley (UCB)

University of California, Berkeley
University of California, Berkeley. Gambar: KalderaNews

Universitas yang berdiri pada tahun 1868 ini berada di Kota Berkeley, Amerika Serikat. University of California, Berkeley (UCB) ini merupakan universitas riset publik yang ada di AS.

Terdapat banyak program studi yang ditawarkan oleh UCB baik untuk program sarjana, magister, profesional, hingga doktor. Beberapa program studi yang bisa kamu ambil di UCB ini diantaranya sebagai berikut.

  • Kimia,
  • Teknik,
  • Desain Lingkungan,
  • Sastra dan Sains,
  • Sumber Daya Manusia,
  • Pendidikan,
  • Jurnalisme,
  • Bisnis,
  • Kebijakan Publik,
  • Informasi,
  • Hukum,
  • Optometri,
  • Kesehatan Masyarakat, dan
  • Kesejahteraan Sosial.

Saat ini jumlah mahasiswa yang menempuh pendidikan di UCB sekitar 40 ribu orang. Sementara untuk pengajarnya hampir mencapai 3 ribu orang.

6. Yale University

Yale University
Yale University. Gambar: Konsultanpendidikan

Yale University termasuk ke dalam salah satu sembilan Colonial College yang telah berdiri sebelum Revolusi Amerika. Berdiri di tahun 1701 membuat Yale University termasuk institusi pendidikan tertua ketiga di Amerika Serikat.

Kamu tahu mantan presiden Amerika Serikat, George H.W Bush dan politisi terkenal, Hillary Clinton?

Ya, mereka berdua merupakan lulusan Yale University dengan popularitasnya yang sudah mendunia. Perguruan tinggi yang berada di New Haven, Amerika ini menawarkan banyak sekali program studi baik di tingkat sarjana, pascasarjana maupun profesional.

Terdapat 13 sekolah profesional yang bisa kamu pilih di Yale University. Beberapa diantaranya adalah Law School, School of Management, dan The School of Drama.

7. Princeton University

Princeton University
Princeton University. Gambar: NewJerseyBusiness

Satu lagi nih universitas terbaik di Amerika dengan tingkat persaingan yang sangat ketat, yakni Princeton University. Selain itu, dari total mahasiswa yang menempuh pendidikan di sini, hanya sedikit saja mahasiswa internasionalnya yaitu hanya 12 persen saja.

Princeton menawarkan banyak sekali program studi yang bisa kamu pertimbangkan. Kampus ini menawarkan 36 departemen akademik, 55 program sertifikat interdisipliner, 42 program dan departemen doktor, 33 program doktor interdisipliner, dan 18 program gelar master.

Riset merupakan hal yang paling diunggulkan oleh Princeton University. Beberapa studi terbaik dan populer diantaranya adalah Teknik dan Ilmu Terapan, Humaniora, Ilmu Alam, dan Ilmu Sosial.

Mantan Presiden Amerika Serikat, James Madison dan Woodrow Wilson merupakan alumni dari Princeton University. Michelle Obama yang merupakan istri dari Barack Obama juga merupakan alumni dari kampus terbaik ini.

8. University of Chicago

University of Chicago
University of Chicago. Gambar: worldscholarshipforum

University of Chicago merupakan universitas riset swasta yang berdiri pada tahun 1890. Universitas ini berada di Chicago yang merupakan wilayah bagian illinois di Amerika Serikat.

Perguruan tinggi ini menawarkan banyak sekali program studi baik untuk tingkat sarjana maupun pascasarjana. University of Chicago juga termasuk institusi terbaik yang ada di Amerika Serikat.

University of Chicago terkenal dengan sekolah profesionalnya di bidang kedokteran, hukum, bisnis, dan administrasi layanan sosial. Tidak heran jika banyak lulusan perguruan tinggi ini banyak bergerak di bidang bisnis dan politik.

Perlu kamu ketahui ya kalau mahasiswa University of Chicago ini diwajibkan untuk tinggal di kampus.

9. University of Pennsylvania

University of Pennsylvania
University of Pennsylvania. Gambar: businessinsider

Universitas yang berdiri tahun 1740 ini berada di Philadelphia, Amerika Serikat dan telah menghasilkan banyak alumni ternama di berbagai bidang. Beberapa diantaranya adalah Elon Musk, John Legend, Elizabeth Banks, dan Ivanka Trump merupakan alumni University of Pennsylvania.

Kampus yang didirikan oleh Benjamin Franklin ini menawarkan lebih dari 10 asrama kampus. Namun kebanyakan dari pelajarnya memilih untuk tinggal di luar kampus seperti apartemen dan rumah-rumah.

University of Pennsylvania memiliki 12 program studi, empat diantaranya adalah program sarjana dan pendidikan pascasarjana. Sisanya merupakan program untuk pascasarjana.

Program pascasarjana yang paling terkenal adalah Wharton School, School of Education, Law School, School of Engineering and Applied Science, Design School, dan School of Dental Medicine.

Mantan Presiden Amerika Serikat, William Henry Harrison dan Donald Trump merupakan alumni University of Pennsylvania. Penyair terkenal, William Carlos juga merupakan lulusan universitas yang satu ini.

10. Columbia University

Columbia University
Columbia University. Gambar: nbcnewyork

Salah satu universitas terbaik di New York adalah Columbia University dengan ukuran kampus sebesar 36 hektar. Universitas ini menawarkan program studi ke dalam 6 sekolah mulai dari bisnis, seni, kesehatan dan teknologi.

Salah satu alumni terbaik dari Columbia University adalah Isaac Asimov.

Baca juga: Universitas Terbaik di Australia 2021 & Terkenal

Tentukan Kampus Impianmu!

Demikianlah universitas terbaik di Amerika Serikat yang sangat terkenal dan mendunia. Kamu bisa pilih salah satu sebagai tempat menempuh pendidikan terbaik. Jika tertarik, jangan lupa untuk mempersiapkan diri mulai dari sekarang ya!

universitas terbaik di amerika
Next Post

No more post