Universitas Jurusan Kedokteran Terbaik Indonesia

Bagi kalian yang ingin kuliah di jurusan kedokteran, terdapat beberapa universitas terbaik di Indonesia yang bisa dipertimbangkan. Jangan berkecil hati meskipun jurusan kuliah kedokteran ini punya persaingan yang tinggi dan biaya yang mahal.

Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan opsi yang tepat bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan kedokteran. Selain kualitas pendidikannya yang sangat bagus, biaya kuliah kedokteran di PTN biasanya relatif lebih murah.

Universitas Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

Pada kesempatan kali ini, Cecepkocep akan berikan rekomendasi universitas terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan. Yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Universitas Indonesia (UI)

Saat ini UI masih menjadi universitas terbaik di Indonesia untuk jurusan kedokteran. UI menyediakan Fakultas Kedokteran yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

Selain menjadi fakultas terbaik di Indonesia, secara global Fakultas Kedokteran UI berada di peringkat 251 dari 300 kampus di dunia.

Menyandang gelar fakultas kedokteran terbaik di Indonesia membuat UI memiliki banyak peminatnya di setiap tahun. Universitas terbaik di Jakarta ini menjadi buruan banyak pelajar dari seluruh Indonesia.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada berada di peringkat kedua di Indonesia. Sementara di dunia, FK UGM berada di peringkat 401.

Bila dilihat dari reputasi karyawannya, UGM setara dengan UI. HAnya pada sisi indeks sitasi dan karyanya masih berada di bawah UI. Reputasi akademik FK UGM juga hanya berbeda 1 poin saja dari UI.

Apakah tertarik untuk kuliah di kampus terbaik di Yogyakarta ini?

3. Universitas Airlangga

Fakultas Kedokteran yang paling bergengsi selanjutnya di Indonesia adalah Universitas Airlangga (UNAIR). FK UNAIR berada di urutan 551 secara global dan menjadi fakultas kedokteran terbaik ketiga di Indonesia.

UNAIR ini mengungguli UGM dan UI bila dilihat dari reputasi karyawannya. Namun untuk reputasi akademik dan yang lainnya masih berada jauh di bawah UI dan UGM.

4. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Salah satu universitas terbaik di Jawa Barat yaitu UNPAD mempunyai fakultas kedokteran berkualitas. Secara global, peringkat FK UNPAD ini sama dengan FK UNAIR yaitu di urutan 551 dunia.

Untuk reputasi karyawannya, UNPAD tergolong cukup baik, namun masih masih berada di bawah ketiga kampus di atas. Sementara untuk poin reputasi akademik, sitasi karya, dan sebaiknya masih bersaing ketat dengan UNAIR.

Selain ITB, UNPAD menjadi salah satu kampus terbaik di Bandung yang selalu memiliki banyak peminat setiap tahunnya.

Baca juga: Daftar 10 Universitas Terbaik Di Indonesia

5. Universitas Brawijaya (UB)

Meskipun belum mempunyai penilaian QS WUR, namun Universitas Brawijaya sudah punya fasilitas kedokteran yang terkenal. Bahkan fakultas ini sudah menuai banyak prestasi internasional.

Universitas Brawijaya menawarkan 21 program kedokteran spesial dan 10 prodi yang bisa kamu pertimbangkan. Universitas yang ada di Malang ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin kuliah di jurusan kedokteran.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Kualitas fakultas kedokteran Universitas Diponegoro juga sangat bagus. Para mahasiswanya bisa langsung melakukan praktik di rumah sakit yang tersedia di kampus.

Fakultas Kedokteran UNDIP juga sudah memperoleh prestasi internasional di bidang kedokteran. Dari sini kamu bisa tahu kalau kualitas fakultas kedokteran UNDIP ini juga tidak perlu diragukan lagi.

7. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Universitas yang ada di Makassar ini sudah memperoleh predikat A untuk jurusan kedokteran. Tidak mengherankan jika prodi Kedokteran UNHAS memiliki banyak peminatnya di setiap penerimaan mahasiswa baru.

8. Universitas Mataram (UNRAM)

Universitas Mataram (UNRAM) berada di Lombok dan sudah mengantongi predikat A untuk jurusan Kedokteran. Predikat ini sudah didapatkan sejak tahun 2017 lalu.

9. Universitas Sam Ratulangi Manado (UNSRAT)

Sejak tahun 2017 lalu, Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) mempunyai jurusan kedokteran yang sudah terakreditasi A. Untuk kamu yang berada di Sulawesi Utara bisa mempertimbangkan kampus yang satu ini.

10. Universitas Udayana (UNUD)

Pulau Bali tidak hanya menawarkan keindahan wisata alam yang mempesona. Namun di Bali juga terdapat kampus jurusan kedokteran berkualitas yaitu UNUD. Fakultas Kedokteran UNUD sudah memperoleh akreditasi A sejak tahun 2017.

11. Universitas Andalas (UNAND)

Universitas Andalas (UNAND) merupakan salah satu universitas terbaik di kota Padang yang punya jurusan kedokteran berakreditasi A. Bagi kamu yang berada di Sumatera Barat tentu saja bisa mempertimbangkan kampus yang satu ini.

12. Universitas Jember (UNEJ)

Salah satu universitas terbaik di Jawa Timur adalah Universitas Jember (UNEJ). Kampus ini punya fakultas kedokteran yang sudah punya akreditasi A sejak tahun 2016 lalu.

13. Universitas Sebelas Maret

Universitas yang ada di Solo ini sudah mempunyai jurusan kedokteran yang menghasilkan banyak alumni sukses. Fakultas Kedokteran UNS ini tentu saja bisa kamu pertimbangkan jika kamu ingin menjadi seorang dokter. Fakultas UNS juga sudah memperoleh akreditas A ya.

14. Universitas Islam Indonesia (UII)

Tidak hanya UGM, Yogyakarta juga memiliki kampus dengan jurusan kedokteran terbaik yaitu Universitas Islam Indonesia. Tak perlu risau masalah biaya karena disini kamu bisa memaksimalkan potensi untuk memperoleh beasiswa.

15. Universitas Pelita Harapan

Banyak selebriti Indonesia yang lulus dari kampus yang satu ini. Tak hanya itu saja, Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan sudah mengantongi akreditas A.

16. Universitas Sriwijaya

Universitas Negeri yang ada di Sumatera Selatan ini mempunyai dua kampus yaitu di Bukit Besar, Kota Palembang dan di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir. Universitas Sriwijaya juga mempunyai jurusan kedokteran yang mempunyai kualitas terbaik.

17. Universitas Atma Jaya

Universitas Atma Jaya termasuk universitas swasta terbaik untuk bisa kamu pertimbangkan. Kampus yang didirikan oleh dr. A.H. Tjahjadi ini memiliki fakultas kedokteran terbaik di Indonesia.

Meskipun statusnya swasta, namun secara kualitas Universitas Atma Jaya bisa bersaing dengan universitas negeri.

Itulah beberapa universitas jurusan kedokteran terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan favorit ini.

Leave a Comment