7 Cara Jualan Di Shopee Tanpa Stok Barang

cara jualan di shopee tanpa stok barang

Apakah kamu ingin jualan di Shopee tapi tidak punya produk? Tentu saja bisa yaitu dengan menggunakan sistem dropship. Tapi bagaimana cara jualan di Shopee tanpa stok barang dengan efektif?

Sistem dropship ini sangat cocok untuk kamu yang baru saja terjun ke dalam bisnis. Karena nantinya kamu tidak akan keteteran untuk mengurus produk yang akan diantar ke pembeli.

Apa Itu Dropship?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara jualan di Shopee untuk pemula, kami akan bahas dulu apa itu dropship. Informasi ini perlu kamu ketahui karena masih banyak orang yang menyamakannya dengan reseller.

Dropship adalah sistem penjualan dimana penjual (dropshiper) hanya perlu mempromosikan produk orang lain tanpa harus stok barang terlebih dahulu. Hal ini berbeda dengan reseller karena kamu harus stok barang terlebih dahulu.

Jadi dengan sistem dropship ini, tugas kamu hanya jualan atau mempromosikan produk saja. Untuk masalah barang mulai dari packing hingga antar ke kurir diurus oleh pihak supplier.

Sementara jika kamu adalah reseller, kamu harus beli barang dulu ke supplier. Kemudian kamu harus punya tempat khusus untuk stok barang tersebut. Jadi nantinya kamu akan mengurus banyak hal mulai dari packing hingga mengantarnya ke konsumen.

Sampai sini kamu sudah tahu kan bagaimana sistem dropship itu bekerja? Kami juga merekomendasikan kamu untuk menggunakan sistem dropship ketimbang reseller yang dinilai lebih ribet.

Trik Jualan Di Shopee Tanpa Stok Barang

Ketimbang punya produk sendiri, jualan di Shopee tanpa punya produk tentu lebih ringan. Kamu bisa lebih fokus untuk berjualan saja tanpa mengurus barang. Berikut ini adalah rahasia cara jualan di Shopee tanpa kirim barang (dropship).

1. Tentukan Barang yang Akan Dijual

Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu saja memilih produk yang akan dijual di Shopee. Untuk sistem dropship ini kamu tidak perlu takut produknya tidak laku. Karena pihak supplier sudah melakukan riset terlebih dahulu.

Sekarang sudah banyak supplier yang menyediakan sistem dropship baik di Shopee itu sendiri atau yang lainnya. Tapi pilihlah supplier yang benar-benar terpercaya.

Kemudian pilihlah produk yang memang sangat laku di pasaran. Beberapa kategori yang memiliki banyak pembeli di Shopee diantaranya fashion, gadget dan aksesorisnya, dan sebagainya.

Supaya bisnis kamu berlangsung dalam waktu yang cukup lama, pilihlah produk yang mengalami perkembangan cepat. Misalnya tren fashion yang selalu berkembang dengan waktu yang sangat cepat.

2. Carilah Supplier

Setelah menentukan barang apa yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah menentukan supplier. Untuk memperoleh supplier yang tepat kamu perlu melakukan riset yang cukup lama.

Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih supplier. Karena supplier yang tepat bisa menjadi partner bisnis yang bagus untuk jangka panjang.

Cara mencari supplier tangan pertama di Shopee untuk dropship memerlukan riset yang panjang. Untuk tes supplier mana yang menurut bagus, silahkan beli produknya terlebih dahulu.

Apa saja yang harus kamu perhatikan ketika memilih supplier?

  • Kualitas produk,
  • Pelayanan yang diberikan,
  • Respon supplier,
  • Packaging produk
  • Marketing Kit (misalnya foto produk)

Untuk mempelajari tentang mencari supplier tangan pertama bisa kamu pelajari di artikel ini: 6 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Untuk Bisnis

3. Mulai Buat Toko

Buat toko di Shopee
Gambar: Buku Warung

Setelah berhasil menemukan supplier yang benar-benar tepat, tahap selanjutnya kamu bisa mulai buat toko. Sebelum buat toko, pastikan kamu sudah mempunyai akun Shopee terlebih dahulu.

Untuk proses pembuatan toko di Shopee juga sangat mudah dan tidak ada persyaratan yang memberatkan. Berikut untuk langkah-langkah yang selanjutnya yang harus kamu lakukan.

Untuk caranya sendiri bisa kamu simak tipsnya di bawah ini.

  • Kunjungi website resmi Shopee terlebih dahulu.
  • Login dengan akun Shopee yang sebelumnya telah kita buat.
  • Klik tombol “JUAL” yang terletak di pojok kiri bagian atas layar.
  • Isi profil toko dengan lengkap.
  • Pada bagian profil, pastikan untuk mengisi datanya dengan lengkap.

Pastikan untuk mengisi data toko yang sesuai dengan supplier kamu. Terutama untuk alamat toko, metode pengiriman, dan metode pembayaran harus disesuaikan.

Oleh karena itu kami sarankan untuk memiliki satu supplier saja di tempat yang sama. Terkecuali kamu memang menjadi reseller atau jualan produk sendiri, maka untuk profil toko online disesuaikan dengan kebutuhanmu.

4. Upload Produk

Jika sudah buat toko, langkah selanjutnya kamu tinggal upload produk ke Shopee. Masukkan produk dengan kualitas foto yang bagus, misalnya resolusinya yang besar dan jelas dilihat oleh calon konsumen kamu.

Mintalah foto produk ke pihak supplier karena disini peran kamu bukan reseller tapi dropship. Supplier yang tepat biasanya tanpa perlu diminta pun akan langsung ngasih foto-foto produknya.

5. Optimasi Produk

Upload produk saja tidak cukup untuk memperoleh penjualan di Shopee. Kamu harus mengoptimasi produk yang sebelumnya telah kamu upload. Dengan melakukan optimasi, produk kamu akan lebih mudah ditemukan.

Untuk optimasi ini sebelumnya kamu harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Kata kunci yang digunakan harus sesuai dengan produk yang kamu jual. Kamu bisa melakukan riset kata kunci di halaman Shopee itu sendiri.

Setelah memperoleh kata kunci apa saja yang akan dipakai, selanjutnya tempatkan kata kunci itu di judul produk. Setelah mengisi judul produk, langkah yang selanjutnya adalah memberikan deskripsi produk dengan lengkap.

Berikanlah informasi yang sangat lengkap mengenai produk kamu di deskripsi ini. Misalnya dengan membahas fitur-fitur atau benefit yang dimiliki oleh produk kamu.

Dengan memberikan deskripsi yang lengkap, kemungkinan orang yang berkunjung ke toko kamu akan beli. Oleh sebab itu menerapkan copywriting dalam judul dan deskripsi ini juga sangat penting.

6. Promosikan ke Sosial Media

Jika produknya sudah kamu upload, langkat yang selanjutnya tinggal promosikan ke berbagai platform sosial media. Kami sarankan untuk memilih salah satu saja seperti Instagram atau TikTok.

Link toko online kamu nantinya bisa ditempatkan di bio Instagram atau TikTok. Ajaklah audiens kamu untuk klik link di bio dan buka toko online kamu.

Baca juga: Rahasia Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula

7. Beriklan di Shopee

Biaya yang seharusnya kamu gunakan untuk supply produk bisa dipakai untuk beriklan di Shopee. Karena dengan cara inilah peluang kamu untuk memperoleh pembeli di Shopee akan menjadi lebih besar.

Tapi beriklan ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena kamu perlu tahu triknya. Jika dilakukan dengan sembarangan, yang ada kamu hanya akan boncos dan rugi.

Jadi sebaiknya kamu lakukan strategi di atas secara gratis sebelum memutuskan beriklan. Jika sudah mengetahui ilmunya, kamu sudah mulai bisa beriklan.

Demikianlah trik cara jualan di Shopee tanpa stok barang yang bisa kamu lakukan. Banyak orang yang memandang sebelah mata tentang bisnis dropship ini. Padahal prospek bisnis ini sangat bagus, apalagi di masa Pandemi seperti sekarang.