5 Tips Bisnis Di Tengah Pandemi Agar Jualannya Laris

Bisnis di tengah pandemi memang tidaklah mudah. Karena kebutuhan pasar yang berubah secara drastis ketika masa pandemi melanda Indonesia. Supaya tetap bertahan, kamu harus tahu tips bisnis di tengah pandemi.

Untuk menjalankan bisnis di masa pandemi, kamu memerlukan strategi baru yang disesuaikan dengan kebutuhan pasarnya. Misalnya jika saat ini kamu masih jualan secara offline, maka harus beralih secara online. Ini merupakan keharusan jika bisnismu ingin tetap bertahan.

Tips Bisnis Di Tengah Pandemi

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk berbisnis di masa pandemi versi cecepkocep.com.

1. Inovasi Produk

Berubahnya kebutuhan masyarakat bisa menjadi peluang baru bagi bisnis yang kamu jalani. Salah satunya yaitu dengan melakukan diferensiasi produk yang sesuai dengan kebutuhan market kamu saat ini.

Misalnya kalau kamu bergerak di bidang bisnis fashion, kamu bisa menambahkan jenis produk masker sebagai bonus donasinya. Karena masker merupakan kebutuhan untuk semua orang di masa pandemi seperti sekarang.

Inovasi ini tidak hanya bisa kamu terapkan pada produk fashion saja, namun juga untuk produk palinnya. Misalnya jika kamu tengah bergerak di bidang bisnis kuliner, menyediakan makanan beku atau frozen food menjadi pilihan yang tepat.

Jenis frozen ini sekarang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena tergolong sangat praktis. Selain itu produk ini juga bisa disimpan dengan rentang waktu yang lama.

Sudah siap untuk melakukan inovasi pada produk kamu saat ini?

2. Gunakan Digital Marketing

Di era digital sekarang ini, salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis yaitu dengan memanfaatkan media online. Bila berbicara digital marketing, banyak channel yang tentu saja bisa kamu manfaatkan seperti SEO, Sosial Media, Marketplace, dan masih banyak lagi.

Untuk menentukan channel mana yang paling tepat, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan target konsumen. Pilih channel atau platform mana yang paling banyak digunakan oleh target konsumen kamu.

Kalau punya budget berlebih, jangan sungkan untuk menggunakan platform periklanan. Dengan menggunakan platform ini, produk atau jasa yang kamu jual bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula yang Menguntungkan

3. Ciptakan Kenyamanan Konsumen

Salah satu cara supaya bisnis kamu bisa tetap bertahan yaitu dengan mempertahankan pelanggan kamu yang sudah ada. Ciptakan kenyaman konsumen dengan memberikan kenyamanan berbelanja yang menyenangkan di toko kamu.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan kenyamanan pada konsumen. Misalnya dengan menyediakan cara pemesanan yang mudah, metode pembayaran yang beragam, hingga proses pengiriman barang yang cepat.

Jika berbicara tentang pengiriman barang, pastikan untuk memilih jasa ekspedisi yang sudah terpercaya. Jangan sampai pengiriman barang harus tertunda lama dan bisa membuat konsumen tidak nyaman.

Kalau produk kamu adalah frozen food, gunakan layanan Same Day Delivery di luar kota yang punya fasilitas pendingin. Sehingga produk kamu tetap aman di perjalanan hingga sampai ke pelanggan.

4. Up To Date dengan Tren

Kebutuhan konsumen yang dinamis membuat kamu harus memperhatikan dan selalu mengikuti tren. Kemudian kamu harus terus berinovasi supaya bisnis kamut tetap berkembang di masa pandemi.

Misalnya saat ini banyak masyarakat Indonesia yang lebih suka melakukan belanja online melalui marketplace. Maka kamu gunakan marketplace supaya produk kamu lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen.

Contoh lainnnya itu media promosi yang saat ini banyak digunakan adalah Instagram dan TikTok. Maka kamu juga harus terjun untuk berpromosi di kedua media tersebut. Karena banyak target market kamu adalah pengguna kedua media sosial tersebut.

5. Gunakan Paid Traffic

Tips terakhir supaya bisnis kamu bisa berkembang di masa pandemi yaitu dengan memanfaatkan paid traffic. Kamu harus sudah mulai menguasai teknik beriklan baik dengan memanfaatkan Facebook Ads, Google Ads, dan sebagainya.

Dengan memanfaatkan paid traffic, kamu akan lebih cepat untuk memperoleh penjualan. Dan yang lebih menariknya lagi, produkmu  bisa terjual ke konsumen yang sesuai dengan target market.

Baca juga: 6 Usaha Sampingan Karyawan Terbaik

Itulah beberapa tips bisnis di masa pandemi yang bisa kamu lakukan. Cara di atas juga dapat kamu terapkan supaya bisnis kamu bisa tetap bertahan.

Leave a Comment