6 Jurusan Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia 2022

Selain Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan juga menjadi jurusan kuliah yang punya prospek kerja yang luas dan gaji yang besar. Kalau kamu tertarik di jurusan ini, terdapat beberapa universitas yang menerima Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia.

Apakah teknik Pertambangan Itu Sulit?

Tentu saja tidak ya selama kamu sudah mempunya kemampuan dasarnya. Setidaknya ilmu Fisika, Kimia, dan Matematika kamu bagus untuk kuliah di jurusan Teknik Pertambangan.

Prospek kerja untuk lulusan teknik pertambangan cukup luas, jadi kamu tidak akan cukup kesulitan untuk mencari pekerjaan. Gaji teknik Pertambangan juga besar meskipun untuk fresh graduate sekalipun.

Namun tentu saja bekerja di industri pertambangan punya resiko tersendiri. Misalnya kamu harus merantau cukup jauh dari tempat tinggal saat ini. Mungkin saja suatu saat kamu harus merantau ke Kalimantan, Kepulauan Riau, atau bahkan ke luar negeri.

Jurusan Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia

Berikut ini cecepkocep.com berikan rekomendasi kampus yang menerima jurusan teknik pertambangan terbaik di Indonesia 2022.

1. Institut Teknologi Bandung

Kampus terbaik di Kota Kembang ini menyediakan jurusan Teknik Pertambangan yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap. Tenaga pengajar di Institut Teknologi Bandung juga sudah profesional.

ITB menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan Teknik Pertambangan akreditasi A dari BAN-PT. Materi yang akan kamu pelajari disini juga sesuai dengan kurikulum yang kompleks.

Jadi setelah lulus nanti diharapkan kamu bisa bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di sektor migas.

2. Universitas Pertamina

Universitas Pertamina termasuk perguruan tinggi negeri yang tergolong baru. Karena banyak orang yang mengenal ini sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang migas. Jadi mereka heran ketika ada kampus bertajuk Pertamina.

Universitas Pertamina menawarkan jurusan Teknik Perminyakan terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Tujuan perusahaan BUMN ini membuat perguruan tinggi yaitu untuk menghasilkan lulusan yang ahli di bidang migas.

Tidak hanya jurusan Teknik Pertambangan saja yang tersedia di Universitas Pertamina. Ada juga jurusan Migas lainnya yang bisa kamu pertimbangkan, salah satunya Teknik Perminyakan.

3. Universitas Trisakti

Universitas swasta yang menawarkan teknik perminyakan di Indonesia dengan kualitas terbaik adalah Universitas Trisakti. Perguruan Tinggi yang ada di Jakarta ini mempunyai Jurusan Teknik Perminyakan dengan akreditasi B dari BAN-PT.

Universitas Trisakti sudah mempunyai jurusan migas sejak 1980 lalu beriringan dengan berdirinya jurusan Teknik Geologi. Namun untuk saat ini jurusan Migas lebih populer dibandingkan dengan jurusan Teknik Geologi.

Tidak hanya jurusan Teknik Pertambangan, Universitas Trisakti juga menyediakan berbagai jurusan Migas lainnya. Misalnya Teknik Reservoir, Teknik Pemboran, hingga Teknik Eksploitasi Gas Bumi.

4. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta

Universitas ini sudah berdiri sangat lama dan sekarang sudah mempunyai jurusan Teknik Pertambangan. Bahkan jurusan Migas yang ada di UPN ini sudah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT.

UPN merupakan satu-satunya universitas terbaik di Jogja yang menawarkan jurusan Teknik Pertambangan. Dengan kata lain, universitas ini adalah pioner untuk jurusan migas di universitas yang lainnya.

5. Universitas Islam Bandung

Selain ITB, ada satu lagi universitas di Bandung yang menyediakan program studi Teknik Pertambangan. Fasilitas yang ada di kampus ini sudah mendukung untuk proses belajar mengajar.

Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Islam Bandung masih memperoleh predikat B dari BAN-PT. Selain fasilitasnya yang lengkap, tenaga pengajar yang ada di kampus ini juga sudah profesional dan kompeten di bidangnya.

6. Universitas Sriwijaya

Di pulau Sumatera juga ada perguruan tinggi yang menawarkan jurusan Teknik Pertambangan Akreditasi B. Dengan akreditasi tersebut, tidak heran kalau tenaga pendidik yang dimiliki oleh kampus ini sudah profesional dan didukung oleh fasilitas yang lengkap.

Untuk kamu yang ada di Pulau Sumatera bisa mempertimbangkan kampus yang satu ini. Kamu tidak perlu merantau ke Pulau Jawa jika hanya untuk sekedar kuliah di jurusan Teknik Pertambangan saja.

Baca juga: 8 Universitas Teknik Perminyakan Terbaik di Indonesia

Kesimpulan

Demikianlah daftar universitas yang menawarkan jurusan teknik pertambangan terbaik di Indonesia. Universitas yang menyediakan jurusan pertambangan untuk perempuan diantaranya adalah ITB. Semoga bermanfaat dan semangat untuk kuliahnya.