Syarat Masuk Kuliah Swasta yang Harus Dipersiapkan

syarat masuk kuliah swasta

Kualitas pendidikan dan peluang kerja untuk mahasiswa yang kuliah di kampus negeri maupun swasta sebenarnya sama saja. Untuk syarat masuk kuliah swasta juga hampir sama seperti ketika akan kuliah di kampus negeri.

Kenapa harus kuliah meskipun harus di kampus swasta?

Untuk menjadi orang yang sukses memang tidak harus menempuh pendidikan yang tinggi. Tapi dengan pendidikan, kamu akan membuka lebih banyak kesempatan di masa mendatang.

Syarat Masuk Kuliah Swasta

Persyaratan masuk kuliah swasta sebenarnya sama seperti kuliah di kampus negeri. Bahkan untuk syarat masuk kuliah negeri menurut saya sedikit lebih rumit. Berikut ini adalah persyaratan yang harus kamu penuhi ketika akan kuliah di kampus swasta.

1. Lulus dan Memiliki Ijazah

Persyaratan pertama yang harus kamu penuhi jika ingin kuliah tentu saja harus lulus terlebih dahulu di jenjang pendidikan sebelumnya. Bukti kelulusan kamu juga harus disertai dengan ijazah.

Bagaimana kalau kamu sempat putus sekolah?

Tak perlu khawatir karena masih ada cara jika ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Kamu harus mengikuti pendidikan penyetaraan atau kejar paket terlebih dahulu.

Kejar Paket A setara dengan Sekolah Dasar (SD), kejar paket B setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SM), dan kejar paket C setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Jadi, untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan di kampus negeri atau swasta harus menempuh pendidikan sekolah menengah atas terlebih dahulu. Jika ingin menempuh pendidikan S2, kamu harus lulus terlebih dahulu di jenjang S1.

2. Lolos Seleksi Masuk

Mendaftar kuliah itu tidak semudah membalikkan telapak tangan meskipun nantinya kamu akan kuliah di kampus swasta. Tapi, seleksi untuk masuk PTS cenderung lebih mudah dibandingkan dengan PTN.

Jadi, kalau kamu ingin kuliah tapi tidak ingin ribet dengan mekanisme seleksinya sebaiknya pilih kampus swasta saja.

3. Membayar Biaya Kuliah

Setelah lolos seleksi, tahapan selanjutnya kamu juga harus mempersiapkan berkas. Beberapa berkas yang harus kamu persiapkan diantaranya adalah ijazah terakhir, legalisir ijazah, Surat Keterangan Lulus, KTP, Akta Kelahiran, Pas Foto, dan berkas yang lainnya.

Selain mempersiapkan berkas, kamu juga harus membayar biaya masuk kuliah. Beberapa jenis biaya yang kamu perlukan adalah biaya pendaftaran, biaya SKS Semester 1, dan biaya pendidikan lainnya.

Untuk biaya masuk perguruan tinggi swasta biasanya akan lebih tinggi dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri. Karena kampus swasta mengandalkan biaya dari pihak swasta dan tidak melibatkan biaya dari pemerintah.

Baca juga: Urutan Kuliah Sampai Wisuda

4. Persyaratan Khusus

Setiap kampus biasanya memiliki persyaratan khusus untuk calon mahasiswa barunya. Bahkan untuk setiap jurusan di setiap kampus juga memiliki persyaratan khusus.

Persyaratan untuk program studi kedokteran tentu saja akan berbeda dengan program studi hukum. Jadi, perhatikan juga persyaratan yang harus dipenuhi terhadap jurusan yang akan kamu tentukan.

Beberapa persyaratan khusus yang biasanya diberlakukan adalah sebagai berikut.

  • Tidak boleh buta warna (jurusan Kedokteran, Keperawatan, Teknik, Seni Rupa, DKV, Film dan televisi, dsb)
  • Melampirkan Portofolio (jurusan olahraga, seni, dsb)
  • Fasih berbahasa Inggris (jurusan internasional)
  • Fasih membaca Al-Quran (jurusan Agama Islam)

Bagaimana dengan batasan usia di PTS?

Pada umumnya tidak ada batasan usia ketika kamu ingin kuliah di kampus swasta. Apalagi PTS biasanya akan membuka kelas karyawan dimana persyaratan usianya akan sangat fleksibel.

Itulah syarat masuk kuliah swasta yang harus kamu persiapkan dari sekarang. Pendaftaran universitas swasta biasanya akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan masuk PTN.