Spesifikasi Asus Zenfone 6 Lengkap Dengan Harga

asus zenfone 6

Spesifikasi Asus Zenfone 6 sangat bagus jika dilihat dari sisi teknologi kameranya. Yang menarik dari ponsel ini yaitu memiliki mekanisme kamera yang sangat unik, yaitu “Flip”. Dengan konsep ini, kamera belakang smartphone akan memutar sehingga bisa menjadi kamera depan.

Karena memiliki sistem flip kamera, dengan begitu kamera depannya memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan kamera utama yang ada di bagian belakang.

Bukan itu saja, Asus Zenfone 6 juga hadir dengan desain layar Full Display atau tanpa notch. Dengan demikian ponsel ini akan tampak lebih luas dengan bezel yang tipis yang memiliki screen to body ratio mencapai 92%.

Berikut ini akan kami jelaskan lebih lengkap mengenai spesifikasi Asus Zenfone 6. Semoga bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin memilikinya.

Desain dan Layar

Asus Zenfone 6 memiliki layar yang sangat luas dari para pendahulunya, yaitu 6.4 inchi dengan desain Nanoedge Display. Panel layarnya masih menggunakan IPS, tapi layar IPS pada smartphone ini sangat bagus.

Terlebih tingkat kecerahannya juga sangat tinggi yaitu 600 Nits dengan Color Space 100% DCI-P3 yang mirip seperti pada Asus Zenfone 5Z. Sementara untuk resolusinya adalah Full HD+, yaitu 2340 x 1080 piksel dengan teknologi pelindung layar Corning Gorilla Glass 6.

Bodi belakang dari Asus Zenfone 6 memiliki desain 3D-Curved Glass yang juga didukung dengan teknologi NMT. Opsi warna pada ponsel ini yaitu Midnight Black dan Twilight Silver.

Di sisi bagian kiri terdapat tombol power, volume up/down, dan tombol Smart Key yang berfungsi untuk Google Assistant, tapi bisa kita kustomisasi untuk fungsi lain, misalnya untuk kamera, silent mode, dan lain-lain.

Sementara di sisi bagian atas hanya terdapat sebuah mic, kemudian di sisi kiri juga hanya terdapat SIM Tray Non Hybrid yang bisa diisi dengan 2 Nano SIM dan 1 microSD. Di sisi bagian bawah terdapat Jack Audio 3.5 mm, USB Type C, micropohone, dan grill speaker.

Di sisi bagian depan hanya terdapat grill speaker saja yang berfungsi untuk nelpon, tidak ada kamera ataupun yang lainnya. Di bagian belakang terdapat kamera utama dan Fingerprint Scanner.

Kamera

Kamera Asus Zenfone 6

Asus Zenfone 6 memiliki dual camera di bagian belakangnya, kamera pertama menggunakan sensor Sony IMX 586 48MP dengan Quad Bayer Technology serta bukaan f/1.79.

Sementara kamera keduanya adalah kamera ultrawide 13MP 125°, dengan begitu ini sangat lebar. Kamera ultrawide ini juga didukung dengan Real-Time Distortion Correction.

Kalau kita perhatikan dari awal, Asus Zenfone 6 ini memang tidak memiliki kamera selfie. Nah ternyata kamera yang belakang tadi bisa kita “flip ke atas” dengan Stepper Motor yang juga sudah didukung dengan Free Angle Shooting.

Flip camera ini dibangun menggunakan liquid metal yang memiliki struktkurnya lebih kuat dari metal biasa.

Oh iya, Flip Camera ini menggunakan 13 gearbox, tapi memiliki torsi 2 kali lipat dari kamera pop-up yang umumnya digunakan, dengan begitu flipp kamera Asus Zenfone 6 ini seharusnya lebih kuat dari kamera pop-up lainnya.

Untuk sistem keamanan, Flip camera ini disokong dengan sensor Gravitional, sehingga ketika kamera ini aktif dan jatuh, maka akan langsung menutup.

Karena Asus Zenfone 6 ini menggunakan flip camera, dengan begitu kamera selfie memiliki fitur yang sama dengan kamera utamanya.

Dengan begitu kamera depan juga sudah memiliki kamera ultrawide. Bukan itu saja, seharusnya kualitas videonya juga seharusnya sama karena menggunakan kamera yang sama.

Kemudian kamera pada Asus Zenfone ini juga memiliki fitur Super Nightmode, Free Angle Video Recording and Photo Taking yang berfungsi untuk mengatur sudut ketika menggunakan video dan kamera.

Kemudian yang menariknya lagi kamera ponsel ini memiliki fitur Auto Panorama, sehingga kita tidak perlu menggerakannya.  Fitiur lainnya dari kamera Asus Zenfone 6 ini yaitu Super Resolution (108MP) dan Motion Tracking.

Ada satu hal lagi yang membuat Asus Zenfone 6 ini termasuk ponsel sangat mewah, yakni bisa merekam video dengan kualitas 4K pada 60fps dan memiliki fitur EIS. Kenapa bisa sebagus itu?

Selain menggunakan sensor yang sangat bagus, tentu saja SoC yang digunakan oleh smartphone ini juga sangat bagus.

Baca juga: 7 HP Kamera Terbaik 3 Jutaan Spek Mumpuni

Performa dan Baterai

prosesor Asus Zenfone 6

Ya, Asus Zenfone 6 menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 855 Flagship 7nm. Prosessor ini tersusun atas 1 core Kryo 485 Gold berbasis Cortex A76 2.87 GHz, 3 core Kryo 485 Gold berbasis Cortex A76 2.42 GHz, dan 4 core Kryo 485 Silver berbasis Cortex A55 1.80 GHz.

Untuk GPU-nya juga tidak tanggung-tanggung, yaitu menggunakan Adreno 640 dan Hexagon 690. Untuk RAM, versi tertinggi dari Asus Zenfone 6 in yaitu 8GB LPDDR4X dengan memori internal 256GB UFS 2.1. Untuk varian yang kedua yaitu 6GB dan 128 GB, dan yang terakhir adalah 6GB dan 64GB.

Untuk baterai, Asus Zenfone 6 merupakan ponsel flagship pertama dengan kapasitas baterai sangat besar, yakni 5.000 mAh dan charger 18W. Speaker dan microphone juga ada dua yaitu di atas dan bawah.

Asus Zenfone 6 menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dan Zenui 6. Oh iya, Zenfone 6 ini juga termasuk smartphone yang akan mendapatkan update ke versi Andorid terbaru, yaitu Android Q.

Dengan begitu akan menjadi salah satu smartphone pertama yang akan mencicipi sistem operasi Android terbaru yang diperkirakan akan rilis pada quartal ketiga tahun 2019.

Untuk fitur keamanan, Asus Zenfone 6 menggunakan fingerprint scanner di bagian belakang dan Face Unlock. Kemudian ponsel ini juga menggunakan Dual 4G, Wifi Dual Band yang support sampai dual AC, 2×2 MIMO, Bluetooth 5.0, dan tentu saja NFC.

Harga Asus Zenfone 6

Asus Zenfone 6 memang belum diluncurkan di Indonesia dan baru dipasarkan di Eropa. Untuk varian RAM terendah, yaitu 6GB/64GB dibandrol seharga 499 Euro (sekitar 7,98 juta).

Sementara untuk varian RAM 6GB/128GB dijual seharga 559 Euro (sekitar 8,94 jutaan), dan varian tertinggi yaitu RAM 8GB/256GB dijual seharga 599 Euro (sekitar 9,58 jutaan).

Akan tetapi harga Asus Zenfone 6 tidak akan dijual sama seperti halnya di Eropa. Biasanya harga di Indonesia akan lebih rendah. Dengan begitu kita nantikan saja ketika smartphone ini rilis di Indonesia.

Itulah ulasan kami mengenai spesifikasi Asus Zenfone 6 yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin memboyongnya. Pastikan untuk membelinya di tempat yang resmi supaya terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.