Apa Itu Sistem ERP Pada Perusahaan

sistem ERP

Sistem ERP, merupakan sebuah sistem yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang, apalagi yang tidak fokus dalam pengembangan bisnis. Akan tetapi satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa ERP adalah sistem yang penting.

Terutama bagi perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan manajemen sumber daya dan pengembangan bisnis yang cukup kompleks serta didasarkan target yang  besar pula. 

Nah untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi, kami akan memperkenalkan kepada Anda mengenai sistem ERP yang diterapkan pada perusahaan. 

Pengertian ERP

Pada dasarnya erp sendiri merupakan singkatan dari enterprise resources, planning. ERP sendiri memiliki kegunaan/fungsi utama yakni sebagai pengelola serta pengintegrasian berbagai aktivitas operasional dalam perusahaan.

Umumnya, sistem erp pada zaman dulu masih hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar. Baik dilihat dari kapasitas produksi, keuntungan yang diperoleh, hingga jumlah pegawainya. 

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, sistem erp mengalami banyak sekali perubahan dan sistem ini mampu dijangkau oleh kalangan pebisnis menengah seperti UMKM.

Sebab, kini sistem ERP telah bertransformasi dalam bentuk perangkat lunak. Dengan paket sistem yang diaplikasikan dalam bentuk perangkat lunak, membuat sistem erp mampu memberikan informasi secara lebih real-time.

Sehingga Anda bisa mengetahui secara komprehensif mengenai kondisi bisnis yang tengah Anda jalankan dan mengambil keputusan yang diperlukan berdasarkan informasi tersebut.

Sejarah singkat sistem ERP

Pada dasarnya, konsep ERP sudah dikenal dan diaplikasikan sejak tahun 1960. Akan tetapi pada saat itu, belum banyak perusahaan yang menerapkan sistem ini dan masih diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan berbasis manufaktur.

Barulah pada tahun 1990, istilah ERP diperkenalkan oleh Gartner Group. Setelah itu, ERP mengalami banyak sekali pembaruan, terutama dalam segi software dari sistem ini. 

Pada tahun 2000-an saja, Gartner Group membuat ERP II yang memiliki basis cloud. Sistem ini menjadi sangat fleksibel dengan memanfaatkan konektivitas internet. 

Sehingga pengoperasian sistem dapat dilakukan dimanapun serta kapan pun. 

Keuntungan ERP Untuk Bisnis

Sistem ERP sendiri menawarkan banyak sekali keuntungan bagi para penggunanya untuk mengelola operasional perusahaan/bisnis dengan baik. Setidaknya beberapa keuntungan tersebut antara lain….

1. Memiliki efisiensi yang baik

Sistem ERP pada dasarnya diciptakan untuk menyederhanakan aktivitas operasional. Sehingga semua aktivitas operasional tersebut telah terintegrasi dengan sistem komputerisasi.

Sehingga dapat meminimalkan pekerjaan yang dilakukan secara manual. Setiap divisi pun dapat terfokus dengan job desc-nya masing-masing dengan dibantu sistem.

2. Menghemat biaya operasional

Adanya sistem software ini, tentu pebisnis dapat mengurangi biaya operasional mereka. Sebab mereka hanya tinggal fokus untuk pengadaan sistem software saja. 

Penggunaan ERP dapat meningkatkan efisiensi baik secara finansial maupun waktu. Bahkan dalam operasional kerjanya, kesalahan dapat diminimalisir dengan sangat baik.

3. Keamanan data meningkat

Sistem ERP juga memungkinkan kita selaku pebisnis untuk meningkatkan keamanan data. Sebab di dalam sistem tersebut memiliki firewall yang mencegah adanya kemungkinan pelanggaran data. 

Sebagai kontroling, admin yang memiliki otoritas dalam menggunakan sistem dapat memberikan akses terbatas kepada para karyawan saja. Sehingga keamanan data dapat terjaga dengan baik.

4. Perkiraan bisnis yang kuat

Forecast, adalah aspek yang sangat penting untuk jalannya bisnis. Forecast sendiri merupakan perkiraan atau proyeksi perkembangan bisnis kedepannya. Nah dengan menggunakan sistem ERP, forecast dapat lebih terproyeksi dengan baik.

Anda selaku pebisnis dapat melihat laporan yang menunjukkan kondisi bisnis melalui sajian data berdasarkan proses analitik yang canggih. Sehingga Anda dapat memutuskan langkah-langkah strategis secara efektif.

Kelemahan sistem ERP

Di balik banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan, ERP juga memiliki kelemahan yang perlu diantisipasi. Setidaknya ada dua kelemahan yang perlu Anda ketahui, diantaranya….

1. Proses adaptasi yang cukup sulit

Jika Anda ingin menggunakan ERP, maka proses adaptasi harus diperhatikan dengan sangat baik. Lakukan proses edukasi dan sosialisasi kepada para karyawan untuk bisa beradaptasi dengan sistem yang baru.

Atau Anda bisa merekrut pegawai yang memiliki keahlian dalam bidang IT untuk mengefektifkan sistem kerja menggunakan software ERP.

2. Kustomisasi yang sulit dilakukan

Penetapan sistem membuat kustomisasi cenderung sulit untuk dilakukan. Sebab software memiliki keterbatasan dalam proses kustomisasi tersebut. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan konsultasi kepada pihak developer.

Penerapan Sistem ERP

Penerapan ERP di perusahaan dapat membantu mobilisasi serta pengelolaan perusahaan dengan tingkat kompleksitas yang cukup tinggi. 

Misalnya perusahaan-perusahaan yang memiliki departemen atau divisi yang cukup banyak, project yang sangat besar, manufacturing, dan sebagainya. Akan tetapi bukan berarti perusahaan menengah tidak bisa menerapkannya.

Setidaknya ada beberapa implementasi dari sistem ini yang dapat dimaksimalkan oleh sebuah perusahaan, antara lain…

  • Mengidentifikasi data-data yang akan dimigrasi
  • Menetapkan waktu migrasi data.
  • Menetapkan arsip data.
  • Membuat template data.
  • Menetapkan alat migrasi data.

ERP merupakan satu metode yang dapat membantu pengelolaan dan manajemen perusahaan dengan baik dan tepat. Dengan berbasiskan teknologi software, membuat sistem ini semakin mudah dan efektif untuk digunakan.

Hanya saja sedikit kendala yang harus Anda perhatikan yakni dalam segi penyesuaian serta kustomisasi. Dimana dalam memecahkan dua kendala tersebut dibutuhkan pendekatan dan analisis secara teknis.

sistem ERP
Next Post

No more post