Roam ML Artinya Apa? 4 Fungsi Item Roam ML

Roam ML Artinya Apa? 4 Fungsi Item Roam ML

Roam ML | Saat bermain game Mobile Legends, kamu pasti akan mendengar istilah roam atau roaming. Istilah ini perlu kamu ketahui supaya lebih GG saat bermain Mobile Legends. Lalu roaming ML artinya apa?

Sederhananya, roaming ML artinya keadaan ketika pemain melihat teman atau pergerakan musuh ke penjuru map. Tugas dari seorang roamer adalah berkeliling map mengetahui keberadaan lawan. Meskipun cuma jalan-jalan, tapi peranannya sangat penting dalam tim.

Roaming ML Artinya Apa?

Menurut Kamus Inggris Indonesia, arti kata roaming adalah menjelajah. Istilah tersebut diambil dari kata roam yang secara luas artinya adalah menjelajah.

Namun dalam istilah game Mobile Legends, roaming ML artinya bergerak untuk melakukan rotasi. Maksudnya, player melakukan pergerakan dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Misalnya pergerakan dari midlaner ke EXP Laner.

Akan tetapi, istilah roaming juga identik dengan hero yang tugasnya melakukan rotasi. Hero yang tugasnya melakukan roam adalah roamer.

Hero Roamer harus memiliki kemampuan yang bagus untuk bergerak dengan efektif dari satu lokasi ke lokasi lain. Hero ini juga harus punya pergerakan yang cepat supaya bisa pindah ke berbagai tempat dengan lebih cepat.

Roamer juga bisa diam di dalam satu tempat dalam waktu yang lama untuk membantu rekannya yang kesulitan. Misalnya membantu cover midlaner atau gold laner supaya tidak terkena ganking dari tim lawan.

Item Roam ML

Item Roam ML
Item Roam ML

Untuk membantu peran roamer supaya lebih efektif, Moonton menyediakan item roamer khusus. Ada empat item roam ML yang tersedia sampai saat ini. Penjelasan item roaming itu bisa kamu pelajari di bawah.

1. Aktif – Conceal

Item roam ML yang pertama Conceal yang mempunyai skill aktif. Ketika kamu mengaktifkan skill item Conceal ini, maka hero yang ada di sekitar kamu akan memasuki mode kamuflase.

Ketika berada di mode kamuflase, movement speed hero akan meningkat mulai dari 30% hingga 75% selama 5 detik. Semua hero akan keluar dari mode kamuflase ketika terkena damage.

Item Conceal ini sangat cocok digunakan oleh hero-hero yang mempunyai kemampuan lock target dan crowd control. Misalnya adalah Tigreal, Franco, Jawehead, dan Atlas.

2. Pasif – Encourage

Item roaming ML yang selanjutnya adalah Encourage yang mempunyai skill pasif. Ketika aktif, hero satu tim di sekitar kamu akan mengalami peningkatan physical attack dan magic power sebesar 15-38 poin. Attack speed juga meningkat sebesar 15%.

Pasif – Encourage sangat cocok digunakan oleh hero-hero yang memiliki darah tebal. Hero yang cocok menggunakan item roam ML ini juga harus selalu menempel pada hero satu tim. Beberapa hero yang cocok pakai item roaming yang satu ini adalah Belerick, Diggie, dan Khufra.

3. Pasif – Favor

Pasif dari item roaming Favor adalah memulihkan 480-1200 HP kepada hero satu tim di sekitarnya ketika kamu menggunakan skill healing atau shield. Namun skill yang hanya berefek pada hero kamu saja tidak bisa mengaktifkan pasif Favor.

Hero-hero yang cocok menggunakan item roaming Favor yaitu hero yang punya skill healing untuk hero lain. Beberapa diantaranya adalah Estes, Rafaela, Minotaur, dan Angela.

4. Pasif – Dire Hit

Item roam ML yang terakhir adalah Dire Hit yang punya kemampuan meningkatkan tambahan damage kepada lawan sebesar 7-18% berdasarkan Max HP lawan.

Hero yang cocok menggunakan item roaming ML ini adalah hero yang punya skill poke atau memberikan damage berskala kepada lawan. Beberapa hero tersebut diantaranya Popol dan Kupa, Kaja, Hylos, dan Jawehead.

Jenis Roaming ML

Berikut ini adalah tiga roamer di Mobile Legends yang perlu kamu ketahui.

1. Defense Roamer

kelebihan akai
Sumber: Esportku

Defense roamer adalah hero yang harus punya durabilitas yang sangat tinggi. Peranan dari defense roamer adalah melindungi core ketika sedang terjadi teamfight.

Pengguna defense roamer juga harus memiliki insting dan shout calling yang bagus. Karena hero ini punya peranan yang sangat penting dalam teamfight. Beberapa hero defense roamer yang biasa digunakan adalah Jawehad, Akai, dan Khufra.

2. Healer Roamer

build angela tersakit

Healer Roamer adalah hero yang punya kemampuan memberikan heal kepada rekan satu tim. Healer roamer harus selalu mengikuti temannya yang rawan diganking oleh lawan seperti jungler dan marksman.

Beberapa healer roamer yang sangat efektif digunakan adalah Estes, Rafaela, Angela, dan Floryn.

3. Damage Roamer

Natalia

Tugas dari damage roamer adalah mengganggu core lawan ketika farming. Caranya yaitu dengan melakukan poke damage sehingga core lawan akan tertinggal gold dan exp.

Selain harus punya damage yang cukup besar sejak early game, damage roamer juga harus cekatan dalam membaca map. Mereka harus bisa mengetahui seluruh posisi lawannya.

Beberapa hero yang bisa digunakan sebagai damage roamer diantaranya adalah Popol Kupa, Kagura, Natalia, dan Franco.

Akhir Kata

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai roam ML. Dari penjelasan kami di atas, sekarang kamu sudah tahu kan roaming ML artinya apa?

Jangan lupa juga untuk menggunakan item roam ML sesuai dengan kemampuan hero yang kamu gunakan. Sehingga efek dari item roam ini bisa lebih efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *