Rincian Biaya Kuliah Kedokteran UI Sampai Lulus

Salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia adalah Universitas Indonesia (UI). Kualitasnya yang bagus tentu saja sebanding dengan biayanya. Namun kamu tak perlu khawatir dengan biaya kuliah kedokteran UI karena banyak beasiswa yang tersedia disana.

Sampai saat ini telah banyak dokter yang berasal dari universitas terbaik di Indonesia ini. Jadi kamu bisa mempertimbangkan jurusan kedokteran yang ada di UI ketika akan melanjutkan studi ke bangku perkuliahan.

Berapa Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran UI ?

Di fakultas kedokteran UI, terdapat tiga jurusan yang bisa kamu pilih yaitu Ilmu Biomedik, Ilmu Gizi, dan Ilmu Kedokteran. Biaya kuliah untuk setiap jurusan tentu saja akan berbeda.

Perlu kamu ketahui bahwa UI menerapkan sistem Biaya Operasional Pendidikan (BOP), bukan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

1. Biaya Kuliah Jurusan Biomedik UI

Untuk jurusan Ilmu Biomedik Regular, BOP yang harus kamu keluarkan sekitar Rp15 juta. Sementara untuk uang pangkalnya yaitu sekitar Rp20 juta.

BOP untuk Ilmu Biomedik Kelas Khusus jauh lebih besar lagi yaitu sekitar Rp17,5 juta. Sementara untuk uang pangkalnya yaitu sekitar Rp22,5 juga.

2. Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Gizi UI

BOP yang harus kamu keluarkan ketika masuk jurusan Ilmu Gizi UI yaitu Rp15 juta dengan uang pangkal Rp22,5 juta.

Untuk jurusan Ilmu Gizi kelas Khusus BOP yang harus dibayarkan sekitar Rp17,5 juta dengan biaya uang pangkal sekisar Rp22,5 juta.

Bagi Warga Negara Asing (WNA) atau mahasiswa internasional, BOP yang harus dikeluarkan sekitar Rp45 juta dengan uang pangkal sebesar Rp40 juta.

3. Ilmu Kedokteran

BOP yang harus kamu keluarkan untuk jurusan Ilmu Kedokteran UI yaitu sekitar Rp17,5 juta dengan uang pangkal sebesar Rp25 juta.

Baca juga: Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran UGM Sampai Lulus

Aturan Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran di UI

biaya kuliah kedokteran ugm

Harga masuk UI yang dijelaskan di atas bukan tidak mempengaruhi jalur masuk baik SNMPTN, SBMPTN, maupun ujian Mandiri seperti SIMAK UI. Biaya di atas sesuai dengan program pendidikan dari SK Rektor UI.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan mengenai biaya kuliah jurusan kedokteran UI.

1. S1 Reguler

Untuk S1 Reguler, yang harus dibayarkan setiap semesternya hanya BOP sja.

Biaya pendidikan untuk program S1 yang masuk dengan jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK sama.

Biaya Pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penganggung biayanya, yakin BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).

BOP-B ini berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp7,5 juta. Dan sejak tahun 2013 lalu, Untuk program S1 UI tidak harus membayar uang pangkal karena sudah ditanggung oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

2. Vokasi/S1 Paralel/S2/S3/Profesi/Spesialis

Untuk program tersebut, kamu tidak hanya mengeluarkan BOP saja per semesternya. Namun kamu juga harus membayar Dana Pengembangan (DP) yang hanya dibayarkan ketika pertama kali diterima.

3. S1 Internasional

Biaya kuliah FK Kedokteran untuk S1 Kelas Internasional biaya pendidikannya terdiri dari Tuition Fee (TF) dan Admission Fee (AF). TF dibayarkan setiap semester, sementara AF dibayarkan ketika pertama kali diterima di UI.

UI juga UKT untuk sistem pembayarannya, jadi setiap semester kamu harus membayar BOP yang telah ditentukan oleh program studi. Kamu tidak akan dikenakan biaya per SKS karena sudah termasuk dalam BOP.

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sampai Lulus?

Demikianlah informasi mengenai biaya kuliah kedokteran UI yang bisa kamu jadikan referensi. Dari rincian di atas, kamu bisa hitung kira-kira total biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliah di Fakultas kedokteran UI hingga lulus.

Leave a Comment