Ini Dia Rahasia Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula

cara jualan di shopee untuk pemula

Shopee menjadi salah satu marketplace di Indonesia yang mempunyai banyak penggunanya. Tak heran jika banyak pebisnis yang memanfaatkannya untuk berjualan. Apalagi cara jualan di Shopee untuk pemula juga sangat mudah.

Marketplace oranye ini memang tak tanggung-tanggung untuk melakukan promosinya. Hal ini dibuktikan dengan menggandeng artis-artis berkelas internasional dalam promosinya.

Tentu saja popularitas Shopee ini harus kamu manfaatkan sebaik mungkin. Meskipun kamu adalah seorang pemula, tapi tak ada salahnya untuk mencoba marketplace yang satu ini.

Khusus untuk kamu yang masih pemula, tenang saja karena kami akan memberikan trik berjualan online di Shopee. Disini akan kami bahas dua tahapan untuk berjualan di Shopee yaitu tps teknis dan strategi jualannya.

Penasaran seperti apa tipsnya? Yuk langsung saja kita lihat ulasan kami berikut ini.

Langkah Mulai Berjualan Di Shopee

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk berjualan di Shopee tentu saja membuat akun Shopee terlebih dahulu. Kamu mesti punya akun Shopee khusus untuk jualan terlebih dahulu.

Teknis untuk berjualan di Shopee bisa kamu bisa dipelajari di bawah ini.

1. Buat Akun Dulu

buat akun Shopee
Gambar: Buku Warung

Karena tujuannya ingin jualan di Shopee, sudah semestinya kamu mempunyai akun Shopee. Untuk penggunaannya bisa untuk smartphone maupun desktop.

Untuk membuat akun Shopee, kamu memerlukan email dan nomor ponsel aktif. Setelah itu kamu tinggal mengisi formulir pendaftaran yang disediakan secara lengkap.

Setelah mengisi data secara lengkap, selanjutnya kamu akan memperoleh email aktivasi atau SMS yang di dalamnya terdapat kode OTP. Kode tersebut bisa kamu pakai untuk menyelesaikan proses pendaftaran dan aktivasi akun Shopee.

2. Buka Toko

cara jualan di shopee untuk pemula
Gambar: Buku Warung

Setelah membuat akun, selanjutnya kamu harus membuka toko terlebih dahulu di Shopee. Cara daftar Shopee sebagai penjual atau seller sangatlah mudah.

Untuk pendaftaran sebagai penjual di Shopee ini sebaiknya menggunakan laptop supaya lebih mudah. Karena kamu akan lebih mudah untuk melihat berbagai menu yang ada di dalamnya.

Tapi jika kamu belum mempunyai laptop, pakai saja perangkat yang saat ini kamu miliki. Terlebih lagi cara jualan di Shopee untuk pemula lewat HP juga mudah. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang sukses jualan di platform ini.

Untuk caranya sendiri bisa kamu simak tipsnya di bawah ini.

  • Kunjungi website resmi Shopee terlebih dahulu.
  • Login dengan akun Shopee yang sebelumnya telah kita buat.
  • Klik tombol “JUAL” yang terletak di pojok kiri bagian atas layar.
    Isi profil toko dengan lengkap.
  • Pada bagian profil, pastikan untuk mengisi datanya dengan lengkap.

Isilah nama toko, deskripsi, foto profil, dan banner yang menarik. Karena suatu saat pelanggan kamu akan berkunjung ke toko online kamu.

Jika toko online kamu tidak menarik dan tidak banyak informasi yang diberikan, konsumen enggan untuk beli. Jadi buatlah halaman profil toko yang informatif dan menarik.

Jika sudah mencapai tahap ini, selamat kamu telah berhasil membuat toko di Shopee. Untuk tahap selanjutnya kamu harus mengatur alamat toko dan jasa pengiriman yang digunakan.

Pastikan juga untuk mengatur rekening bank yang kamu pakai untuk melakukan transaksi dan mencairkan pendapatan kamu.

3. Upload Produk

cara jualan di shopee untuk pemula
Gambar: Buku Warung

Kalau tokonya sudah dibuat, langkah selanjutnya harus kamu lakukan adalah upload produk yang dijual. Tapi kami sarankan untuk tidak upload produk dengan sembarangan.

Terdapat beberapa hal yang mesti kamu perhatikan ketika akan mengunggah produk ke toko. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Kualitas gambar bagus (gambar tidak pecah ketika di-zoom)
  • Bisa dilihat dengan jelas oleh calon konsumen kamu.
  • Nama produk harus sesuai dan berikan headline.
  • Isi deskripsi produk selengkap mungkin.
  • Tambahkan informasi lain seperti varian produk.

Produk yang telah kamu upload tidak akan langsung ada di toko karena pihak Shopee akan melakukan review terlebih dahulu. Biasanya untuk proses review ini akan berlangsung sekitar satu hari kerja.

4. Produkmu Siap Dipromosikan

promosikan prdouk
Gambar: Buku Warung

Setelah berhasil di-review oleh Shopee, selanjutnya kamu tinggal mempromosikan produk yang dijual. Produk kamu nantinya akan muncul di etalase toko dan sudah siap dipromosikan.

Untuk mempromosikan produk bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan membagikannya ke media sosial. Atau kamu juga bisa terus optimasi toko kamu di Shopee untuk memperoleh pelanggan.

Strategi Optimasi Jualan Di Shopee

Teknis untuk cara jualan di Shopee sudah kamu pelajari di atas ya. Langkah yang selanjutnya kamu tinggal optimasi toko maupun produk supaya bisa ditemukan oleh pengguna Shopee.

Strategi yang bisa kamu lakukan ini adalah gratis tanpa perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Berikut ini adalah cara jualan di Shopee tanpa modal dengan optimasi secara organik.

1. Jual Produk yang Terbukti Laris

Kami sarankan untuk memilih produk yang memang sudah terbukti laris di Shopee. Oleh karena itu melakukan riset produk sangat penting kamu lakukan di awal sebelum jualan.

Untuk melakukan riset produk ini bisa dilakuakn dengan mudah. Misalnya dengan memanfaatkan Google Keyword Planner, Google Trend, atau di aplikasi Shopee itu sendiri.

Pastikan untuk memilih produk yang memiliki pencarian yang tinggi. Sehingga kemungkinan besar produk kamu akan laku ketika dijual di Shopee.

2. Riset Kata Kunci

Ketika pengguna Shopee memerlukan produk, mereka akan mencarinya terlebih dahulu di kolom pencarian. Mereka akan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan produknya tersebut.

Karena mereka akan melakukan pencarian sesuai dengan produk, melakukan riset kata kunci adalah langkah yang sangat penting. Dengan produk yang terdapat kata kuncinya, kemungkinan produk kamu akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen.

Terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika melakukan riset kata kunci. Tapi kami tekankan terdapat dua parameter yang mesti kamu pertimbangkan volume pencarian dan tingkat persaingannya.

Pilih kata kunci yang mempunyai volume pencarian tinggi sehingga produk kamu akan lebih mudah ditemukan. Tapi perhatikan juga tingkat kesulitannya karena meskipun volumenya besar tapi tidak muncul di bagian atas pencarian juga percuma.

3. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Salah satu yang menjadi daya tarik konsumen adalah gratis ongkir. Fitur ini akan benar-benar ampuh untuk menarik konsumen. Apalagi kalau konsumen kamu berada di kawasan Indonesia Bagian Timur seperti Papua.

Ongkos kirim dari Jakarta ke Papua tentu saja sangat besar. Mereka perlu pertimbangan matang sebelum membeli produk karena biaya ongkirnya yang sangat mahal.

Untungnya Shopee mempunyai fitur gratis ongkir yang bisa dimanfaatkan oleh para seller. Meskipun ada syarat tertentu untuk mengaktifkan fitur ini, tapi hal ini bukanlah masalah besar.

Fitur gratis ongkir Shopee ini biasanya akan aktif jika pelanggan melakukan belanja dengan minimum penjual tertentu. Misalnya gratis ongkir dengan minimal belanja Rp30 Ribu.

Cara jualan di Shopee free ongkir sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu memenuhi persyaratan yang diminta oleh pihak Shopee.

Syaratnya sangat mudah dimana kamu hanya perlu foto KTP dan foto selfie sambil memegang KTP. Shopee akan review terlebih dahulu sebelum fitur gratis ongkir aktif.

Ketika fitur ini aktif, kamu tidak perlu membayar ongkir kepada pihak jasa ekspedisi. Karena ongkir sudah sepenuhnya ditanggung oleh pihak Shopee.

4. Buat Voucher Promosi

Siapa sih yang gak ska dengan diskon untuk saat ini? Barang diskon mempunyai probabilitas yang tinggi untuk dilirik calon pembeli. Bahkan mereka langsung membelinya tanpa banyak mikir.

Selain gratis ongkir, Shopee juga mempunyai fitur menarik lain yang bisa kamu manfaatkan salah satunya Voucher. Untuk mengaktifkan fitur ini sangat mudah untuk kamu lakukan.

  • Pertama, masuk ke website Shopee Seller Center.
  • Kemudian klik “Voucherku” pada bagian “Promosiku”.
  • Setelah itu kamu tinggal klik “Buat Voucher Baru”
  • Isi kolom yang tertera dengan lengkap.
  • Jika sudah lengkap, klik “Simpan”.

Cara buatnya sangat mudah bukan?

5. Perbanyak Produk

Tutorial cara jualan di Shopee yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah memperbanyak produk. Dengan memiliki banyak produk, etalase toko kamu akan terlihat lebih menarik dan bervariatif.

Dengan mempunyai lebih banyak produk, kemungkinan untuk memperoleh pembeli akan jadi lebih besar. Jika toko kamu masih mempunyai lima produk atau kurang, biasanya akan sulit untuk memperoleh pembeli.

Jadi produk kamu jangan disimpan begitu saja. Langsung saja upload ke toko kamu dan langsung optimasi. Apalagi untuk proses upload produk juga sangat mudah, tak butuh waktu berjam-jam.

Tapi produk yang kamu upload harus sesuai dengan poin yang pertama yaitu harus banyak dicari konsumen. Sehingga kemungkinan produk kamu untuk dibeli menjadi lebih besar.

6. Mengikuti Program Khusus Shopee

Selain fitur, kamu juga bisa mengikuti program khusus yang disediakan oleh pihak Shopee. Salah satu program yang bisa kamu ikuti adalah Flash Sale.

Flash sale merupakan penjualan yang dilakukan di Shopee dengan waktu yang singkat dan harga yang telah didiskon. Biasanya harganya sangat murah, bahkan ada produk yang dijual seharga Rp100 perak aja.

Tapi sebelum itu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengikuti program khusus ini. Diskon yang besar tentu akan membuat kamu rugi dan hal ini tentu banyak dihindari oleh pemain Shopee pemula.

7. Promosikan ke Sosial Media

Meskipun jualan kamu lakukan di marketplace, tapi kamu bisa mempromosikannya ke media sosial. Karena kebanyakan orang lebih banyak menggunakan aplikasi tersebut. Cara jualan di Shopee untuk pemula ini perlu kamu lakukan di awal.

Sebaiknya kamu fokus promosi ke satu media sosial saja, tapi banyak dipakai oleh banyak orang. Misalnya untuk saat ini banyak orang yang pakai aplikasi Instagram, maka promosilah di media sosial tersebut.

Kalau ingin menggunakan aplikasi media sosial lainnya, kami menyarankan untuk menggunakan TikTok. Karena aplikasi ini juga sangat banyak dipakai oleh banyak orang di Indonesia.

8. Beriklan

Jika cara di atas sudah kamu lakukan tapi belum memperoleh penjualan, terpaksa kamu harus beriklan. Strategi ini tidak gratis karena kamu harus mengeluarkan uang untuk promosi produk.

Tapi kamu jangan melakukan strategi ini jika belum tahu tekniknya. Karena beriklan dengan sia-sia malah akan membuat kamu boncos. Secara cuma-cuma kamu memberikan uang ke Shopee secara gratis.

Teknik beriklan di Shopee itu sangat kompleks dan tidak bisa dipelajari hanya dalam waktu sebentar. Butuh komitmen yang tinggi jika kamu ingin mempelajari teknik beriklan di Shopee.

Rekomendasi Kelas Online Jualan Di Shopee

Kalau ingin belajar lebih detail tentang beriklan di Shopee, kamu bisa mengikuti Kelas Shopee dari ZuperID. Disana kamu akan belajar secara terstruktur mulai dari nol hingga bisa menghasilkan.

Teknik berjualan di Shopee secara gratis maupun berbayar (iklan) juga akan kamu pelajari di kelas ini. Bahkan di kelas ini sudah disediakan produk jika kamu saat ini tidak punya produk.

Tapi kami sarankan untuk tidak mengikuti kelas Shopee ini kalau tidak ingin praktek. Kamu harus sering praktek, termasuk praktek beriklan yang harus mengeluarkan uang.

Kebanyakan orang takut beriklan karena boncos. Tapi kalau tidak beriklan kamu tidak akan memperoleh data dan tidak akan tahu strategi apa yang akan dilakukan.

Kalau sudah punya keinginan kuat ingin belajar jualan di Shopee dengan lengkap di Kelas Shopee, silahkan klik disini. Dengan investasi sekitar Rp200 ribu saja kamu sudah bisa mempelajari teknik ini dengan lengkap.

Gunakan kode kupon BONCOSER untuk memperoleh DISKON 50%

Demikianlah beberapa cara jualan di Shopee untuk pemula yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu memiliki tingkat kesabaran yang tinggi ketika berjualan di Shopee. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih.