Posisi Gear Sepeda yang Benar Itu Seperti Apa?

Salah satu komponen yang sangat penting dalam sepeda adalah gear atau gigi yang bisa bisa kita atur posisinya. Posisi gear sepeda yang benar akan menentukan kenyamanan dan performa kamu saat mengendarainya.

Gear sepeda akan membantu penggunanya melewati berbagai kontur lintasan dan mempermudahnya dalam mengayuh supaya lebih ringan. Gear sepeda yang tidak pas akan berdampak pada daya tahan komponen sepeda yang lainnya.

Mengenal Gear Sepeda

Banyak sepeda yang ada di pasaran telah dilengkapi dengan alat pengatur gear yang bisa disesuaikan dengan keperluan. Alat pengatur gear (derailleur) ini terdiri dari Front Derailleur (FD) yang ada di gear depan dan Rear Derailleur (RD) yang letaknya di gear belakang.

1. Urutan Gear Depan Sepeda

Gear depan biasanya memiliki 3 gigi yang mempengaruhi kecepatan sepeda. Gigi pertama berukuran paling kecil yang putaran pedalnya sangat ringan. Gigi 1 gear depan biasanya digunakan saat di tanjakan.

Gigi kedua berukuran sedang yang dipakai untuk bersantai karena pedal sangat mudah dikayuh dan kecepatannya juga normal.

Gigi ketiga memiliki ukuran yang lebih besar lagi yang bisa kita manfaatkan untuk mempercepat laju sepeda atau ngebut.

2. Urutan Gear Belakang Sepeda

Fungsi utama dari gear belakang adalah untuk memastikan bahwa rantai tetap lurus dengan menyesuaikan gear belakang. Jika tidak sejajar, rantai dan gear akan rusak karena terus bergesekan.

Berkebalikan dengan gear depan, gigi 1 pada gear belakang itu berada di gear yang paling besar. Semakin besar giginya, semakin kecil gearnya.

Posisi Gear Sepeda yang Benar

Posisi Gear Sepeda yang Benar
Posisi Gear Sepeda yang Benar

Posisi gear sepeda harus diatur dengan benar sesuai dengan kebutuhannya. Jika tidak diatur, gear dan rantai akan cepat mengalami kerusakan. Berikut ini adalah posisi gear sepeda yang benar.

1. Jalanan Menanjak

Saat berada di jalanan yang menanjak, gunakan gigi 1 untuk gear depan dan gear belakang gunakan gigi 1, 2, atau 3.

2. Bersepeda Santai

Jika berada di jalanan yang datar dan ingin bersepeda dengan santai, gunakan gigi 2 pada gear depan. Sementara untuk gear belakang gunakan gigi 1, 2, 3, atau 4.

3. Ngebut

Jika ingin ngebut di jalanan yang mendatar, ubah gear depan menjadi gigi 3 dan gear belakang ubah ke gigi 4, 5, 6, atau 7. Kombinasi gigi sepeda ini juga sangat cocok digunakan untuk sepedaan di jalan raya.

Cara Menyetel Gigi Sepeda

Setiap trek menggunakan kombinasi yang berbeda-beda. Misalnya gigi sepeda untuk jalan raya yang datar berbeda dengan tanjakan. Kita tentu harus mengubah atau menyetel gigi sepeda ketika berganti kondisi jalanan atau speed.

Ketika ingin merubah posisi rantai di gear, lakukan pergantian secara berurutan dari gigi 1, 2, lalu 3. Perpindahan posisi rantai ini dilakukan sambil mengayuh pedal dengan cepat agar rantai langsung tertancap oleh mata gigi.

Sebaliknya, jika ingin menurunkan posisi rantai dari gear 3 ke gear gear 1, langsung pindahkan dengan pedal sambil tetap dikayuh. Cara menyetel gigi sepeda ini bisa digunakan untuk gear depan maupun belakang.

Itulah posisi gear sepeda yang benar yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan di jalanan. Semoga bermanfaat.

Posisi Gear Sepeda yang Benar
Next Post

No more post

You May Also Like