5 Perguruan Tinggi Negeri di Jogja yang Murah

Perguruan Tinggi Negeri di Jogja – Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar karena memiliki perguruan tinggi negeri terkenal disana. Kebanyakan perguruan tinggi negeri di Jogja juga sangat terkenal. Bahkan ada yang menyandang sebagai PTN terbaik di Indonesia.

Buat kamu yang berdomisili di Jogja tidak perlu khawatir mau melanjutkan kuliah kemana. Karena banyak juga disana universitas terbaik yang bisa kamu jadikan tempat menuntut. Bahkan ada beberapa universitas negeri di Yogyakarta yang murah.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Jogja

Perguruan Tinggi Negeri di Jogja
Perguruan Tinggi Negeri di Jogja

Berikut ini telah cecepkocep rangkum daftar perguruan tinggi negeri di Jogja yang bisa kamu jadikan tempat untuk melanjutkan kuliah.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Siapa yang tidak kenal dengan perguruan tinggi negeri yang satu ini. Ya, UGM atau Universitas Gadjah Mada ini kerap bersaing dengan Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai PTN terbaik di Indonesia.

UGM menjadi salah satu perguruan tinggi berkelas dunia karena punya daya saing tingkat internasional. Banyak prestasi yang telah berhasil diraih para mahasiswa UGM. Banyak dari mereka yang mempunyai ide-ide kreatif dan inovatif.

Ada banyak jurusan kuliah yang bisa kamu ambil jika ingin kuliah di UGM baik dari rumpun IPA, IPS, maupun Bahasa. Tak perlu khawatir masalah biaya karena banyak program beasiswa yang bisa kamu ikuti disana. Kamu tinggal serius saja belajar.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Selain UGM, ada perguruan tinggi negeri di Jogja yang bisa kamu pertimbangkan. Ya, perguruan tinggi yang dimaksud adalah Universitas Negeri Yogyakarta alias UNY. Universitas negeri ini layak disandingkan dengan UGM meskipun dari segi popularitas ada di bawahnya.

Pada awalnya UNY ini adalah pengembangan dari IKIP Yogyakarta yang berfokus pada bidang keguruan saja. Namun sekarang yang bisa kuliah disini tidak hanya orang-orang yang ingin jadi guru saja.

Sekarang ini UNY menawarkan 7 fakultas yang di dalamnya terdiri dari berbagai disiplin ilmu atau program studi. Kamu yang bercita-cita ingin menjadi dokter atau peneliti juga bisa kuliah di UNY.

3. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

Perguruan tinggi negeri di Jogja yang selanjutnya dapat kamu pertimbangkan adalah UIN Sunan Kalijaga. Universitas negeri ini memiliki landasan pendidikan beragama Islam dan berbasis syariah.

Buat kamu yang ingin mendalami ilmu agama Islam dengan lebih mendalam bisa kuliah disini. Karena banyak jurusan kuliah yang berkaitan dengan ilmu agama Islam seperti Ekonomi Syariah, Tarbiyah, dan Ushuluddin.

Namun buat kamu yang ingin mendalami bidang lainnya juga bisa kuliah di UIN Sunan Kalijaga. Karena kampus ini juga menawarkan jurusan kuliah di bidang IPA, IPS, maupun Bahasa.

4. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta

Perguruan tinggi negeri di Jogja ini dikenal sebagai universitas bela negara. Karena UPN Yogyakarta ini telah banyak melahirkan lulusan yang profesional di bidang dan berjiwa politik.

UPN Yogyakarta berada di bawah naungan Departemen Pertahanan Republik Indonesia. Tidak heran kalau mahasiswa yang kuliah di kampus ini ditanamkan jiwa seperti para abdi negara.

5. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

ISI Yogyakarta menjadi perguruan tinggi negeri di Jogja yang bisa kamu jadikan tempat untuk melanjutkan studi. Kampus yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang punya kemampuan atau hobi di bidang seni. Karena dari namanya saja sudah bisa ditebak ya.

ISI Yogyakarta menjadi tempat berkumpulnya para pegiat seni dari berbagai daerah yang bukan dari Jogja saja, namun seluruh Indonesia. Mereka ingin memperoleh ilmu secara teoritis dan praktis untuk menambah wawasannya di bidang seni.

Buat kamu yang ingin menjadi penggiat seni profesional, kuliah di ISI Yogyakarta adalah pilihan yang sangat tepat. Karena kamu akan mempelajarinya juga dari para seniman profesional, sehingga potensi kamu menjadi pegiat seni profesional juga terbuka lebar.

Akhir Kata

Itulah beberapa perguruan tinggi negeri di Jogja yang dapat kamu jadikan tempat untuk melanjutkan kuliah. Jadi kamu tidak harus memilih UGM atau UNY saja untuk melanjutkan studi di Jogja. Karena ada juga kampus lainnya yang punya kualitas bisa bersanding dengan UGM.