6 Perbedaan Samsung Galaxy A10 dan A10s

Perbedaan Samsung Galaxy A10 dan A10s

Tahukah kamu apakah perbedaan dari Samsung A10 dan A10s? Layaknya smartphone-smartphone Samsung sebelumnya, Samsung Galaxy A10 dan A10s merupakan smartphone yang setipe dengan beberapa perbedaan sebagai upgradenya.

Samsung Galaxy A10 sendiri diluncurkan oleh vendor ternama dari Korea Selatan ini pada Maret 2019 lalu. Sementara beberapa bulan kemudian tepatnya pada bulan September 2019, Samsung Galaxy A10s juga diluncurkan sebagai varian yang lebih canggih dan segar.

Penasaran bukan dengan apa saja perbedaan yang terdapat pada Samsung Galaxy A10 dan A10s. 

Kali ini kami akan menjabarkan selengkapnya beberapa perbedaan tersebut. Kamu juga bisa menggunakan ulasan ini sebagai pertimbangan smartphone mana yang akan kamu beli….

Berikut ini adalah komparasi Samsung A10 vs A10s. Jadi simak terus artikelnya….

1. Spesifikasi Samsung A10 dan A10s

Yang pertama, akan kami ajak kamu untuk mengenal kedua smartphone ini dari segi spesifikasinya. Dari segi processor, Samsung Galaxy A10 ditenagai oleh Exynos 7884 octacore.

Sementara untuk Samsung Galaxy A10s ditenagai oleh chip prosesor MediaTek MT6762 Helio P22 octacore. Dari segi memori, Samsung Galaxy A10 dan A10s sama-sama memiliki RAM sebesar 2GB serta memori internal 32GB yang dibekali slot tambahan MicroSD hingga 512GB.

2. Kamera Mumpuni

kamera Samsung Galaxy A10 dan A10s
Sumber: SAMSUNG.COM

Kamera menjadi salah satu aspek yang cukup diperhatikan bagi konsumen sebagai bahan pertimbangan untuk membeli sebuah smartphone. Sebab dengan kualitas kamera yang baik, tentu memungkinkan kita para pengguna memperoleh hasil foto sesuai yang diinginkan.

Nah untuk Samsung Galaxy A10 dan A10s sendiri dibekali oleh kamera yang mumpuni. Untuk kamera utamanya, Samsung A10 dilengkapi kamera beresolusi 13 MP/1.9 yang juga dilengkapi dengan LED flash.

Tidak hanya itu, terdapat juga fitur mode panorama dan HDR yang dapat kamu maksimalkan untuk memperoleh hasil jepretan yang maksimal. Kamera depannya sendiri memiliki resolusi 5 MP.

Sementara itu untuk Samsung Galaxy A10s telah dilengkapi oleh kamera utama beresolusi 13 MP wide angle serta dilengkapi dengan depth sensor beresolusi 2 MP/2.4. Sehingga kamu dapat mengeksplor berbagai gaya saat berswafoto tanpa perlu mengkhawatirkan hasil yang blur. 

Tidak hanya itu, kamera utama pun dilengkapi dengan fitur bokeh layaknya kamera DSLR.

Selain itu, kedua smartphone ini cukup andal untuk digunakan dalam mengambil video. Sebab kamera telah dilengkapi dengan resolusi rekam 1080p untuk 30 frame per detik.

3. Kapasitas Baterai 

Aspek komparasi yang ketiga adalah dari segi kapasitas baterainya. Samsung Galaxy A10 dibekali dengan baterai berkapasitas 3400 mAh.  Sementara itu, kapasitas baterai untuk Samsung Galaxy A10s lebih besar, yakni 4000mAh.

Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, tentu ketahanan daya smartphone akan jauh lebih lama. Sehingga aktivitasmu yang memerlukan sebuah smartphone akan terakomodasi dengan baik.

Baca juga: 7 Hp Kamera Terbaik 2 Jutaan Khusus Fotograpi

4. Dimensi & layar

Perbandingan selanjutnya adalah datang dari aspek dimensi serta ukuran layar. LCD Samsung A10 dan A10s sama-sama memiliki ukuran 6,2 inci serta mengusung teknologi IPS LCD beresolusi 720×1520 pixel.

Sementara itu dimensi ukuran layar untuk A10s yakni 156,9 x 75,8 x 7,8 mm dengan berat 168 gram. Sementara itu untuk Samsung A10 berukuran 155,6 x 75,6 x 7,9 mm dan berat 168 gram. 

5. Fitur Keamanan yang Canggih

Fitur Keamanan yang Canggih
Sumber: SAMSUNG.COM

Tak lengkap rasanya sebuah smartphone tanpa dibekali dengan fitur keamanan yang canggih. Sebab, fitur keamanan tersebut dapat menjaga keamanan atau privasi dari user dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Nah untuk Samsung A10 dan A10s, telah dibekali oleh fitur face recognition. Dan untuk A10s, juga memiliki fitur pemindai sidik jari. Sehingga dengan fitur-fitur ini, keamanan data user akan terjamin dengan baik.

6. Harga Samsung A10 dan A10s

Lalu bagaimana dengan harganya? Untuk harga, kamu tak perlu khawatir sebab Samsung membanderol kedua smartphone ini dengan harga yang relatif terjangkau!!

Untuk memboyong Samsung Galaxy A10, kamu hanya perlu menyiapkan kocek sebesar Rp 1.699.000 saja. Sementara untuk Samsung Galaxy A10s dibanderol Rp 1.999.000-an saja.

Tentu dengan harga tersebut sangatlah worth it. Apalagi smartphone ini memiliki berbagai fitur yang memudahkan serta spesifikasi yang sangat mumpuni. 

Kesimpulan

Nah itulah penjabaran singkat mengenai perbedaan Samsung Galaxy A10 dan A10s. Pada dasarnya keduanya merupakan smartphone untuk segmentasi low-end dengan harga yang cukup terjangkau.

Akan tetapi Samsung tetap menyematkan spesifikasi serta fitur-fitur terbaik yang bisa kamu manfaatkan. Sehingga pengalaman dalam menggunakan smartphone terjangkau masih didapatkan dengan baik.

Jadi apakah Samsung Galaxy A10 atau A10s yang akan kamu boyong sebagai smartphone barumu selanjutnya??