Perbedaan Kamera iPhone 11 dan 12, Mana yang Lebih Bagus?

Kalau untuk kebutuhan foto-foto, menurut kamu bagusan iPhone 11 atau iPhone 12? Kamu tentu saja harus tahu perbedaan kamera iPhone 11 dan 12 jika memang ingin memperoleh hasil foto yang bagus.

iPhone merupakan produk yang banyak diincar oleh banyak orang karena terkenal dengan kualitasnya yang bagus. Apple telah berhasil mengeluarkan banyak seri iPhone dan semuanya sangat laris di pasaran. Diantara produk Apple tersebut adalah iPhone 11 dan iPhone 12.

Perbedaan iPhone 11 dan iPhone 12

Berikut ini Cecekocep.com ulas beberapa perbedaan antara iPhone 11 dan iPhone 12.

1. Perbedaan Layar

iPhone 11 masih menggunakan layar LCD Liquid Retina dengan resolusi 326 piksel per inci. Sementara iPhone 12 sudah menggunakan layar Super Retina dengan resolusi 458 piksel per inci. Dengan begitu layar iPhone 12 lebih besar dibandingkan dengan iPhone 11.

Pada iPhone 12 kamu juga akan mendapatkan layar dengan warna yang sangat tajam. Selain itu rasio kontras dari iPhone 12 lebih tinggi dibandingkan iPhone 11. Bahkan telah dilengkapi dengan HDR.

Layar iPhone 12 juga telah dilindungi oleh teknologi Ceramic Shield yang diklaim lebih kuat ketimbang layar smartphone pada umumnya. Bahkan Apple mengklaim kalau teknologi empat kali lebih kuat dibandingkan layar smartphone lainnya.

Sayangnya teknologi ini belum tersedia pada iPhone 11.

Baca juga: Kelebihan Dan Kekurangan Samsung A21

2. Perbedaan Desain dan Ukuran

iPhone 11 maupun iPhone 12 memiliki ukuran yang sama yaitu 6,1 inci. Perbedaan keduanya hanya terletak pada kerampingan saja. iPhone 12 punya body yang lebih ramping ketimbang iPhone 11.

iPhone 11 punya desain membulat pada setiap ujungnya yang melengkung. Sementara pada iPhone 12 bentuknya datar dan hampir menyerupai iPad atau seri iPhone terdahulu seperti iPhone 4 dan iPhone 5.

Dengan desain seperti itu, iPhone 12 tentu akan lebih mudah digenggam dan tidak licin.

3. Perbedaan Performa dan Baterai

iPhone 12 sudah dilengkapi dengan A14 Bionic Processor yang diklaim sebagai chipset tercepat untuk smartphone. Bahkan mesin terbaru itu bisa meningkatkan performa iPhone 12 hingga 80% ketimbang seri terdahulu.

Sementara untuk iPhone 11 masih memakai prosesor A13 Bionic, namun akan memperoleh pembaruan perangkat secara berkala.

Dengan begitu, performa iPhone 12 lebih baik dibandingkan dengan iPhone 11.

Lalu bagaimana dengan kapasitas baterai?

iPhone 11 maupun iPhone 12 telah didukung dengan fitur fast charging yang dapat mengisi daya lebih dari 50% dengan waktu kurang dari 30 menit. Perbedaannya adalah iPhone 12 telah dilengkapi dengan 15W wireless charging.

iPhone 11 juga sama telah dilengkapi dengan Magsafe charger yang ada pada iPhone 12. Hanya saja tingkat pengisian dayanya lebih cepat iPhone 12.

Baca juga: Cara Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Habis

4. Perbedaan Kamera iPhone 11 dan 12

Kedua ponsel tersebut punya dual camera di bagian belakangnya dengan resolusi 12 MP dan ultra wide lense. Perbandingan kamera iPhone 11 dan 12 ini dilihat dari aperture.

iPhone 12 telah menggunakan aperture f/1.6 yang lebih lebar pada kamera utamanya. Sementara pada iPhone 11 memakai aperture f/1.8.

Dengan begitu, kualitas foto yang dihasilkan oleh iPhone 12 lebih baik dibandingkan iPhone 11. Efek ini akan terlihat signifikan jika keduanya mengambil foto dengan pencahayaan yang redup.

Selebihnya, spesifikasi kamera iPhone 11 dan iPhone 12 tidak jauh berbeda. Keduanya bisa menghasilkan kualitas foto yang bagus dan natural baik untuk kamera depan maupun kamera belakang.

5. Perbedaan Storage dan Warna

Untuk storage, iPhone 11 dan 12 keduanya sama yaitu ada varian 64 GB, 128 GB, dan 258 GB. Namun perbedaan mencolok terlihat pada varian warnanya.

iPhone 12 menawarkan 5 varian warna yang beragam yaitu hitam, putih, merah, hijau, dan biru. Sementara iPhone 11 menawarkan 6 warna yaitu hitam, putih, hijau, kuning, ungu, dan merah.

Baca juga: Perbedaan Kamera iPhone HDC dan Ori

Itulah beberapa perbedaan antara iPhone 11 dan 12. Perbedaan kamera iPhone 11 dan 12 tidak jauh berbeda. Hanya saja kualitas kamera pada iPhone 12 sedikit lebih baik terutama pada kondisi kurang cahaya.

Cecep Suparman, founder website cecepkocep.com yang menyukai dunia teknologi dan mobile games. Mulai terjun ke dunia blogging tahun 2018 dan masih tetap eksis sampai sekarang.

You May Also Like