6 Perbedaan iPhone X dan XS Max, Unggul Mana Ya?

Perbedaan iPhone X dan XS Max – Apakah kamu bingung apakah harus membeli iPhone X atau XS Max? Ya, keduanya berada dalam satu seri yang sama yaitu iPhone X Series.

Meskipun dalam satu series, tapi tentu saja terdapat perbedaan yang perlu kamu ketahui. Meskipun tidak terlalu signifikan, iPhone XS Max tentu saja punya keunggulan dibandingkan saudaranya yaitu iPhone X.

Namun keunggulan yang dimiliki oleh iPhone XS Max membuat harganya lebih mahal. Bagi kamu yang punya budget terbatas tentu saja seri iPhone ini akan memberatkan.

Perbedaan iPhone X dan XS Max

Perbedaan iPhone X dan XS MaxLalu apa saja perbedaan iPhone X dan XS Max? Simak rangkuman Cecepkocep.com berikut ini.

1. Desain

Bila dilihat dari sisi desain, antara iPhone X dan XS Max terlihat memang sangat mirip. Tapi dilihat dari sisi bobot, keduanya tentu berbeda dimana iPhone XS Max bobotnya lebih berat dibandingkan iPhone X.

Untuk ukuran dan jenis layarnya, iPhone X mengusung panel layar Super Retina OLED dengan lebar 5.8 inci. iPhone XS Max juga sama memakai panel layar Super Retina OLED, hanya saja lebarnya lebih lebar yaitu 6.5 inci.

Kemudian dilihat dari sisi warna, iPhone X mempunyai 2 varian warna yaitu Space Gray dan Silver. Sementara iPhone XS Max punya satu tambahan varian warna lagi yaitu Gold.

Baca juga: Perbedaan iPhone PS Store Dan iBox, Mending Beli Dimana?

2. Kinerja

Perbedaan iPhone X dan XS Max selanjutnya bisa dilihat dari sisi performa atau kinerjanya. iPhone XS Max tentu saja lebih unggul karena mengusung chipset Apple A12 Bionic. Sementara iPhone X masih mengusung versi sebelumnya yaitu chipset Apple A11 Bionic.

iPhone XS Max sudah diperkuat dengan sistem operasi iOS 12, sedangkan iPhone  X masih memakai iOS 11.1.1. Tapi keduanya dapat diupgrade ke versi terbaru yaitu iOS 14.4.2.

Kedua ponsel iPhone itu juga telah dilengkapi dengan Apple GPU, hanya saja iPhone XS Max telah dipersenjatai dengan GPU 4-core. GPU ini akan membuat iPhone XS Max lebih terjamin dan lebih mantap.

3. Kamera

iPhone X maupun iPhone XS Max keduanya dibeli dengan kamera yang sama. Mereka memiliki dual camera di bagian belakangnya yang masing-masing resolusinya adalah 12 MP.

Tidak hanya kamera utama, untuk kamera depan kedua ponsel tersebut juga sama. iPhone X dan XS Max disokong dengan lensa tunggal dengan resolusi 7 MP.

4. Daya Baterai

Perbedaan iPhone X dan XS Max dari sisi daya baterai tidak begitu signifikan. Namun tentu saja iPhone XS Max lebih unggul dimana kapasitas baterainya sebesar 3174 mAh. Sementara iPhone X hanya sebesar 2716mAh.

Meskipun begitu, kedua smartphone tersebut dibekali dengan fitur fast charging sebesar 15W. Dengan begitu untuk proses pengisian dayanya kedua ponsel iPhone itu sama.

Baca juga: Perbedaan iPhone Ex Inter Dan iBox, Bagusan Mana?

5. Fitur

Lanjut ke sisi fitur, iPhone X maupun XS Max sama. Keduanya dibekali dengan fitur keamanan Face ID. Kemudian juga dilengkapi dengan fitur lain seperti asisten virtual siri, accelerometer, gyro, proximity, barometer, dan kompas.

6. Harga

Bila kita perhatikan ulasan di atas, iPhone XS Max punya keunggulan dibandingkan dengan iPhone X. Perbedaan spesifikasi ini tentu saja berdampak terhadap harga jualnya.

Tapi harga ini juga dipengaruhi oleh wilayah dan pasar yang mempengaruhi harga. Jadi harga iPhone ini cenderung naik atau turun di setiap wilayahnya.

iPhone X dengan versi 64GB dan 256GB masih dijual dengan harga lebih dari Rp10 jutaan. Tapi yang jelas versi 256GB harganya lebih mahal dibandingkan versi 64GB.

Untuk iPhone XS Max harga jualnya di atas lebih dari Rp20 jutaan. Ada tiga versi untuk iPhone XS Max yaitu 64GB, 256GB, dan 512GB yang hampir menyentuh harga Rp30 jutaan.

Baca juga: Perbedaan iPhone 11 Pro Max dan iPhone 12 Pro Max

Tentukan Kesimpulan

Itulah perbedaan iPhone X dan XS Max yang dapat kamu jadikan bahan pertimbangan. Jika kamu punya budget yang lebih, membeli iPhone XS Max tentu saja kami rekomendasikan supaya spesifikasinya lebih baik dari iPhone X.