Perbedaan iPhone PS Store Dan iBox, Mending Beli Dimana?

Perbedaan iPhone PS Store dan iBox – iPhone menjadi salah satu smartphone yang dijual dengan harga yang sangat tinggi. Bagi mereka yang tertarik dengan smartphone yang berkualitas, mereka rela membayar berapapun untuk membeli produk Apple ini.

Untuk membeli iPhone, kamu bisa membelinya di beberapa tempat diantaranya adalah PS Store dan iBox. Namun jangan sampai salah beli iPhone karena kedua toko tersebut punya perbedaan yang sangat signifikan.

Bagi mereka yang ingin beli iPhone dengan harga murah, biasanya akan beli di PS Store. Tapi hati-hati beli di toko ini punya resiko besar yang harus kamu tanggung. Apalagi beberapa waktu lalu PS Store sempat viral di Indonesia.

Perbedaan iPhone PS Store Dan iBox

perbedaan iphone ps store dan iboxBagi kamu yang ingin tahu perbedaan iPhone PS Store dan iBox, simak ulasan Cecepkocep.com berikut ini.

1. Beli iPhone Di PS Store

iPhone PS Store adalah toko yang menjual berbagai produk smartphone, namun produk andalan dari toko ini adalah iPhone. Di PS Store ini, kamu bisa membeli iPhone dengan harga yang sangat terjangkau.

Tentu saja PS Store menjadi toko yang tepat khusus untuk mereka yang ingin punya smartphone dengan kualitas tinggi dengan harga terjangkau.

PS Store banyak melakukan promosi melalui platform media sosial, bahkan sempat menggaet banyak artis dan kenamaan untuk promosi. Sebut saja Atta Halilintar dan Keanu. Bahkan Putra Siregar selaku pemilik PS Store sering membuat kontennya melalui kanal YouTube miliknya sendiri.

Banyak orang yang tergiur untuk membeli perangkat iPhone di PS Store. Namun tidak sedikit dari mereka yang berpikir dua kali. Karena iPhone sendiri termasuk smartphone mahal, tapi kok bisa dijual dengan harga miring.

Kenapa Harga iPhone di PS Store Murah ?

Berdasarkan informasi yang dilansir dari halaman Kompas, ponsel yang dijual dijual di PS Store itu adalah Black Market (BM) alias ilegal. Pasalnya pihak PS Store tidak menunjukkan dokumen kepabeanan.

Karena statusnya adalah BM atau ilegal, kamu berpotensi akan memperoleh iPhone rekondisi. Barang rekondisi atau refurbished merupakan iPhone yang ada beberapa bagian tidak lolos uji dari Apple. Dengan begitu bisa saja spare part yang di PS Store tidak teruji keasliannya.

Resiko lainnya yaitu iPhone yang kamu beli tidak terdaftar IMEI. Pendaftaran IMEI sendiri telah melalui proses quality control dan bea cukai. Jadi kamu tidak akan memperoleh garansi, layanan after sales, dan keaslian produknya.

Dari penjelasan ini, jadi kamu sudah tahu ya kalau PS Store ini merupakan toko yang menjual iPhone secara ilegal.

Apakah HP di PS Store Original ?

iPhone yang dijual di PS Store itu memang original dan dibuat secara resmi oleh Apple termasuk untuk aksesorisnya. Hanya saja iPhone tersebut masuk ke Indonesia secara ilegal. iPhone yang ada di PS Store bukan khusus untuk pasar untuk orang Indonesia.

Baca juga: Perbedaan iPhone Ex Inter Dan iBox, Bagusan Mana?

2. Beli iPhone di iBox

iBox merupakan distributor resmi dari Apple yang ada di Indonesia. Semua produk yang didistribusikan Apple ke iBox dikirim melalui jalur resmi. Sehingga iBox ini menjual iPhone secara legal.

Karena produk yang dijual adalah produk resmi dan legal dari Apple, harga iPhone yang dibeli di iBox akan lebih mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan membelinya di PS Store.

Meskipun dijual dengan harga yang mahal, tapi kamu akan memperoleh benefit atau keuntungan saat beli iPhone di iBox. Salah satunya kamu akan mendapatkan garansi.

Garansi dari iBox bisa dengan mudah kamu proses dan klaim. Kamu akan mendapatkan garansi TAM yang dapat kamu klaim di seluruh gerai iBox di Indonesia.

Kemudian dari sisi kualitas, iPhone yang dibeli di iBox itu pasti original dan terjamin. IME yang ada pada iPhone juga telah terdaftar di Kemenperin.

Untuk mengecek apakah iPhone yang kamu beli itu adalah resmi atau tidak, kamu bisa cek nomor IMEI. Kemudian telusuri di situs imei.kemenperin.go.id apakah IMEI iPhone kamu terdaftar atau tidak.

Jika memang IMEI iPhone kamu terdaftar di situs Kemenperin, berarti iPhone kamu legal. Begitu pun sebaliknya, iPhone kamu ilegal jika IMEI tidak terdaftar di Kemenperin.

Baca juga: Perbedaan iPhone 11 Pro Max dan iPhone 12 Pro Max

Penutup

Dari penjelasan di atas, kamu sudah tahu kan apa perbedaan iPhone PS Store dan iBox? Saran dari kami, sebaiknya belilah iPhone di iBox atau distributor resmi lainnya supaya keaslian produknya terjamin, dapat garansi, dan layanan after sales.