Perbedaan Insole dan Outsole Sepatu

Salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan saat membeli sepatu olahraga adalah insole dan outsole. Keduanya akan menentukan kenyaman penggunanya ketika berolahraga. Tapi apa perbedaan insole dan outsole sepatu ini?

Supaya kamu tahu bedanya insole dan outsole pada sepatu, simak penjelasannya di bawah ya!

Perbedaan Insole dan Outsole Sepatu

Secara umum, ada dua komponen utama pada sepatu yaitu insole dan outsole. Perbedaannya adalah sebagai berikut.

Insole

bedanya insole dan outsole

Insole berada di bagian dalam sepatu yang berperan sebagai alas atau pijakan kaki penggunanya. Bentuk insole mengikuti lekukan sepatu dan disesuaikan dengan kaki penggunanya.

Bagian insole ini terbuat dari bahan yang lembut seperti busa atau gel. Komponen ini bisa kita copot dan diganti dengan yang baru karena harganya relatif lebih murah.

Insole ini tidak hanya berperan sebagai alas kaki saja, tapi juga ada fungsi lainnya yaitu sebagai berikut.

  • Sebagai pengganjal kaki jika sepatu terlalu besar.
  • Membantu mengatasi masalah postur tubuh dan ketidaknyamanan pada sebagian orang yang memakai sepatu.
  • Meredam goncangan saat beraktivitas.
  • Mencegah kaki rata, hallux valgus, dan cedera punggung.

Outsole

perbedaan outsole dan insole

Sesuai dengan namanya, outsole berada di bagian bawah sepatu. Fungsinya yaitu untuk melindungi bagian bawah kaki. Banyak orang menyebut outsole ini sebagai sol sepatu.

Outsole terbuat dari bahan yang bertekstur keras seperti kulit sintetis, karet, plastik, bahkan kayu. Komponen ini sangat penting karena sebagai bagian terkuat pada sepatu karena akan bersentuhan langsung dengan berbagai medan dan kondisi (lantai, batu, tanah, dll).

Selain itu, outsole juga peranan penting untuk menopang berat badan penggunanya.

Baca juga: Ketahui Jenis Sepatu Lari Agar Performa Lari Kamu Optimal!

Perbedaan Ukuran Insole Dan Outsole

Perbedaan Insole dan Outsole Sepatu
Perbedaan Insole dan Outsole Sepatu

Bagian yang paling berhubungan langsung dengan telapak kaki adalah insole. Oleh sebab itu ukuran sepatu itu ditentukan oleh bagian insole, bukan outsole. Ukuran outsole tentu saja lebih besar dibandingkan dengan insole.

Ukuran insole sepatu ditentukan oleh panjang kaki penggunanya. Misalnya panjang telapak kaki kamu adalah 27 cm, maka kamu sangat cocok pakai sepatu nomor 43.

Supaya pas, pastikan untuk mengukur panjang telapak kaki terlebih dahulu. Kemudian sesuaikan dengan petunjuk ukuran sepatunya.

Itulah perbedaan insole dan outsole sepatu yang perlu kamu ketahui. Keduanya punya peranan yang sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan penggunanya saat beraktivitas.

You May Also Like