4 Penyebab HP Sering Kembali Sendiri dan Solusinya

Apa Penyebab HP Sering Kembali Sendiri? Handphone menjadi perangkat yang memiliki peranan vital dalam kehidupan di era modern ini. Di dalam perangkat ini terdapat aplikasi yang berguna untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Tentu kita tidak akan nyaman jika banyak masalah pada HP, misalnya sering kembali sendiri.

Anda tentu akan kesal ketika sedang menggunakan HP, namun banyak kendala seperti aplikasi sering kembali sendiri. Padahal Anda tidak tap tombol back sama sekali. Ada banyak penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Penyebab HP Sering Kembali Sendiri dan Solusinya

Berikut ini telah cecepkocep rangkum dari berbagai sumber mengenai penyebab HP sering kembali sendiri dan cara mengatasinya.

1. Banyak Aplikasi yang Berjalan

Menjalankan terlalu banyak aplikasi akan mengganggu performa aplikasi lain yang Anda gunakan. Kebiasaan multitasking atau menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan harus segera dihentikan. Meskipun spesifikasi HP yang Anda gunakan saat ini sangat mumpuni.

Sistem HP akan dipaksa dengan keras ketika ada banyak aplikasi yang digunakan secara bersamaan. Hal seperti ini tentu saja akan menyebabkan kinerja HP menjadi menurun. Akibatnya, aplikasi akan keluar sendiri meskipun Anda tidak menekan tombol back.

2. Spesifikasi HP Tidak Memadai

Penyebab HP Sering Kembali Sendiri
Penyebab HP Sering Kembali Sendiri

Penyebab HP sering kembali sendiri yang selanjutnya adalah spesifikasi HP yang Anda pakai sudah tidak memadai. Dengan kata lain spesifikasi HP Anda di bawah standar, sehingga kinerjanya tidak akan maksimal jika menjalankan aplikasi.

Jika spesifikasi HP terbatas, pasang aplikasi yang dibutuhkan saja. Meskipun ada beberapa aplikasi, hindari melakukan multitasking supaya kinerjanya tetap berjalan dengan lancar.

3. Memori Sudah Penuh

RAM atau memori HP yang telah penuh juga menjadi penyebab HP sering kembali sendiri. Jika RAM sudah penuh, kemungkinan HP Anda akan sering ngelag saat menjalankan aplikasi. Lebih parahnya lagi akan keluar sendiri.

Lagi lagi, RAM yang penuh ini bisa disebabkan oleh multitasking dimana banyak aplikasi yang berjalan. Sebaiknya hentikan juga aplikasi yang berjalan di belakang layar karena itu bisa memenuhi penggunaan RAM HP Anda dan menyebabkan ngelag.

Saran kami, sebaiknya segera ganti HP Anda ke HP dengan spesifikasi yang lebih baik. Untuk sekarang RAM yang dibutuhkan agar lancar menjalankan aplikasi adalah 2GB atau 3GB. Apalagi jika aplikasi yang digunakan memang berat seperti game.

Baca juga: Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Di Instal?

4. File Sampah yang Menumpuk

File sampah yang menumpuk atau cache juga bisa menjadi penyebab kenapa HP sering ngelag. Ketika kita membuka suatu aplikasi, maka aplikasi akan loading dengan waktu yang lama. Karena sistem akan membuat file aplikasinya.

Ketika Anda membuka aplikasi yang kedua kali dan seterusnya, maka prosesnya akan lebih cepat. File aplikasi yang sudah tidak digunakan itu sebaiknya Anda hapus karena akan membuat kinerja HP menjadi tidak lebih baik.

Sebaiknya uninstall aplikasi yang tidak digunakan karena hanya akan memenuhi penyimpanan saja. Setelah uninstall, jangan lupa untuk membersihkan file sampahnya yang masih tersimpan di memori penyimpanan.

Bagaimana cara menghapus file sampah tersebut?

Anda bisa masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih aplikasi atau manajer aplikasi. Setelah itu Anda tinggal pilih aplikasi yang akan Anda hapus atau yang tidak digunakan. Terakhir, hapus data atau cache.

Tips Tambahan

Ada beberapa tips tambahan yang bisa Anda coba agar lebih lancar untuk menjalankan aplikasi. Salah satunya dengan memilih tema atau launcher yang ringan. Launcher yang berat akan membuat performa HP Anda menjadi tidak berjalan dengan normal.

Cara lainnya yaitu dengan restart HP ke pengaturan pabrik. Caranya bisa dilakukan di menu pengaturan atau setting. Kemudian scroll ke bawah dan pilih bagian BackUp dan Reset, kemudian pilih Factory Data Reset.

Setelah itu centang yang Anda anggap benar dan klik reset device. Tunggu proses ini kurang lebih sekitar 3 hingga 10 menit. Jika proses ini selesai maka HP akan restart sendirinya.

Akhir Kata

Itulah beberapa penyebab HP sering kembali sendiri dan cara mengatasinya. Semoga cara di atas membantu Anda yang aplikasinya sering keluar sendiri padahal tidak menekan tombol back. Semoga bermanfaat.