Penyebab dan Tips Memperbaiki Aki Mobil yang Tekor

Cecepkocep.com – Aki termasuk komponen yang sangat penting pada mobil yang berperan sebagai baterai. Ketika komponen ini sudah rusak, tentu saja Anda harus memperbaikinya. Cara memperbaiki aki mobil yang tekor tidak sesulit yang kita bayangkan.

Pada kendaraan, aki akan menjumpai daya listrik ke komponen lainnya pada kendaraan. Jika tidak ada aki atau mati, komponen lain sangat sulit untuk dinyalakan seperti starter mobil, lampu, dan AC.

Terdapat dua jenis aki yang ada di pasaran yaitu aki basah dan aki kering. Sebagian besar pengguna kendaraan menggunakan aki kering karena lebih awet. Untuk proses perawatan aki kering juga sangat mudah.

Penyebab Aki Mobil yang Tekor

memperbaiki aki mobil yang tekor

1. Terlalu Lama Didiamkan

Jika aki mobil Anda tidak ingin tekor, pastikan untuk menghidupkannya minimal sehari sekali. Karena ketika mobil mati, maka tidak ada arus listrik yang mengalir di dalam komponen mobil.

Misalnya adalah komponen immobilizer yang membutuhkan aliran listrik setiap saat. Karena teknologi keamanan tersebut dalam beberapa waktu perlu dinyalakan supaya bisa bekerja. Jika tidak sering digunakan, tegangan listrik pada aki akan berkurang.

2. Terlalu Banyak Menggunakan Aksesoris

Sebagian besar orang akan lebih banyak menggunakan banyak aksesoris supaya mobilnya lebih menarik. Misalnya dengan dipasang aksesoris lampu, audio, atau aksesoris elektronik yang lainnya.

Meskipun semua itu akan membuat mobil Anda terlihat keren, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Semakin banyak aksesoris yang dipasang di mobil, kebutuhan listrik juga akan meningkat.

Peningkatan kebutuhan listrik itu juga harus diimbangi dengan sumber yang memadai. Kalau melebihi batas kemampuan aki, maka aki mobil Anda akan tekor dan umurnya akan pendek.

3. Alternator Rusak

Alternator juga termasuk komponen yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup mobil. Pasalnya dari komponen inilah aki mobil akan mendapatkan suplai listrik secara terus menerus ketika dihidupkan.

Jika alternator mengalami kerusakan, maka asupan listrik ke aki akan terhambat. Arus listrik yang masuk ke komponen lain di dalam mobil juga akan terganggu. Sehingga bisa menjadi penyebab aki mobil tekor mendadak.

Jika listrik terasa ngedrop ketika piranti di dalam mobil hidup, cobalah untuk langsung cek bagian alternator. Apakah komponen ini masih baik digunakan atau tidak. Jika sudah rusak, segera diperbaiki supaya aki mobil Anda tidak tekor.

4. Aki Sudah Berumur

Aki mobil memiliki waktu pemakaian, sehingga Anda harus menggantinya jika memang sudah melewati batas waktu pemakaiannya. Jika aki mobil sudah berumur, tegangan yang ada di dalamnya juga akan berkurang secara drastis.

Bahkan aki yang sudah berumur tidak mau lagi menerima asupan listrik dari alternator. Oleh sebab itu pastikan untuk cek apakah aki mobil Anda sudah benar-benar berumur atau tidak.

5. Kesalahan Pemakaian

Aki mobil tekor juga bisa disebabkan oleh kelalaian Anda sebagai pemiliknya. Misalnya adalah menghidupkan AC atau audio ketika mobil sedang dalam posisi mati. Kelalaian itu bisa membuat aki menjadi penyebab aki mobil habis sendiri.

Cara Memperbaiki Aki Mobil yang Tekor

penyebab aki mobil habis sendiri

1. Perawatan yang Baik

Menilai aki mobil yang mudah tekor tidak bisa ditentukan dari sisi kualitasnya saja. Tapi masalah ini juga disebabkan oleh kurangnya perawatan yang Anda lakukan pada aki mobil.

Misalnya adalah Anda menghidupkan komponen lain ketika mobil sedang mati. Hal itu bisa menyebabkan aki mobil menjadi tekor. Hal ini perlu dikurangi jika memang aki mobil ingin bertahan lebih lama.

Pastikan bahwa semua komponen yang berkaitan dengan listrik kendaraan tidak hidup ketika mobil sedang dalam kondisi mati. Hal itu perlu Anda perhatikan supaya aki mobil tidak ingin tekor.

2. Pastikan Aki Selalu Kering

Aki mobil yang berada dalam keadaan basah juga akan membuatnya bisa drop atau tekor. Jika dalam kondisi tersebut, pastikan untuk mengeluarkan aki mobil dan keringkan. Tindakan ini sangat penting dilakukan untuk menghindari aki tekor.

Tapi Anda harus hati-hati ketika membongkar atau melepas aki dari dalam mobil. Karena ketika bongkar pasang ada titik positif dan negatif yang harus diperhatikan. Oleh sebab itu pastikan untuk melakukannya dengan orang yang berpengalaman.

3. Bersihkan dengan Air Panas

Air panas merupakan cairan yang sangat ampuh untuk membersihkan sel-sel aki yang telah mati. Kemudian air panas itu akan mengaktifkannya kembali dengan cukup efektif.

Cara melakukannya sangat mudah dimana Anda tinggal memasukkan air panas ke sel aki. Lakukan secara berulang-ulang yakti 2 hingga 4 kali tanpa berhenti. Jika air buangan yang dikeluarkan sudah nampak bersih, berarti aki sudah bersih.

Setelah dibersihkan dengan air panas, pastikan untuk mengeringkannya sampai benar-benar kering. Biasanya membutuhkan waktu 4 hingga seharian untuk mengeringkan aki mobil.

4. Isi Kembali Air aki

Jika menggunakan jenis aki basah, pastikan untuk mengisinya kembali dengan air zuur. Anda bisa menggunakan bodrex ketika memasukkan air tersebut ke dalam aki. Tapi bodrex itu harus dihaluskan terlebih dahulu pada sel-sel aki.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas yang Aman Tanpa Kena Tipu

5. Panaskan Mobil Secara Berkala

Meskipun mobil tidak sedang dipakai, pastikan untuk memanaskan mesinnya minimal sekali setiap hari. Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberikan dampak yang sangat buruk untuk keberlangsungan aki.

Aki akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh sebab itu pastikan untuk memanaskan mobil minimal 5 hingga 10 menit dalam sehari,

Itulah penyebab dan beberapa tips memperbaiki mobil yang tekor dan soak. Cara mengatasi aki tekor motor matic dan motor manual memang terbilang sama saja. Perawatan adalah hal penting yang harus Anda perhatikan.

Next Post

No more post