10 Peluang Usaha Di Daerah Pedesaan yang Cocok Untuk Pemula

Saat ini berbisnis di daerah pedesaan sudah lebih mudah, apalagi sudah terjangkau koneksi internet. Banyak peluang usaha di daerah pedesaan yang tentu saja bisa Anda rintis mulai sekarang.

Sekarang desa bukan lagi merupakan tempat yang terpencil dan identik dengan keterbatasan peluang kerja. Justru sebaliknya dimana banyak peluang usaha yang menguntungkan di desa dengan modal kecil.

Peluang Usaha Di Daerah Pedesaan

Apakah Anda bertanya-tanya apa jenis usaha yang bisa dilakukan di pedesaan? Jika demikian, berarti sekarang Anda berada di tempat yang tepat.

Pada kesempatan kali ini Cecepkocep.com akan merangkum beberapa peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Simak ulasannya berikut ini.

1. Jualan Pulsa

Salah satu jenis usaha jangka panjang di desa yang bisa kamu coba adalah jualan pulsa. Dengan modal yang kecil saja Anda sudah bisa memulai usaha ini.

Salah satu hal yang paling menarik dari bisnis jualan pulsa ini yaitu pasarnya yang sangat luas. Karena hampir semua orang di daerah pedesaan sekarang membutuhkan pulsa supaya bisa SMS, nelpon, atau internetan.

Jadi jualan pulsa ini bukan hanya termasuk peluang usaha di kota saja, namun juga menggiurkan jika dilakukan di pedesaan. Pangsa pasar untuk bisnis ini sangat besar, termasuk untuk di daerah pedesaan.

Untuk memulai bisnis jualan pulsa, Anda tidak memerlukan modal yang sangat besar. Dengan modal sekitar Rp100 ribu saja kamu sudah bisa memulai bisnis ini.

Namun seiring berjalannya waktu dimana jumlah konsumen Anda sudah banyak, Anda perlu modal yang lebih besar. Carilah agen atau distributor yang mempunyai banyak operator dan bisa dipercaya untuk Anda ajak kerja sama.

2. Jualan Token Listrik

Sebetulnya jualan token listrik ini bisa Anda gabungkan dengan jualan pulsa. Sehingga keuntungan yang Anda dapatkan juga bisa menjadi lebih besar lagi.

Jualan token listrik menjadi salah satu usaha yang sekarang tengah populer. Pasalnya sudah banyak masyarakat yang beralih menggunakan sistem listrik prabayar dengan menggunakan token listrik, termasuk di pedesaan.

Sama seperti usaha jualan pulsa, Anda tidak perlu modal yang sangat besar untuk memulai usaha jualan token listrik. Jika punya modal yang sedikit lebih besar, Anda bisa menggabungkannya dengan jualan pulsa.

3. Usaha Pertanian Hidroponik

Berbeda dengan cara menanam pada umumnya yang menggunakan media tanam berupa tanah. Hidroponik menggunakan media air untuk menanam dan ditambahkan berbagai jenis nutrisi supaya tanaman bisa tumbuh.

Jenis usaha ini sebetulnya sangat digandrungi oleh banyak masyarakat di daerah perkotaan karena mereka tidak punya lahan yang luas. Namun bukan berarti usaha ini tidak punya prospek di daerah pedesaan.

Cara bercocok tanam dengan sistem hidroponik memang cukup sulit dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Namun jika Anda mau belajar, sudah banyak tutorial lengkapnya di YouTube. Atau Anda juga bisa mengikuti workshop.

Proses instalasi untuk bertani dengan sistem hidroponik sangat mudah dilakukan di pedesaan. Terlebih di pedesaan biasanya punya lahan yang lebih luas, sehingga proses instalasi bisa dilakukan dengan mudah.

Bercocok tanam dengan sistem hidroponik punya prospek yang sangat bagus. Pasalnya harga jual hasil panennya sangat besar dibandingkan dengan sistem biasa maupun organik.

Pertanian hidroponik termasuk salah satu usaha di kampung modal 5 juta karena Anda sudah punya lahannya. Mungkin harga barang-barang untuk proses instalasi lebih murah di daerah pedesaan.

4. Ternak Ayam Kampung

Beternak termasuk jenis usaha yang identik dengan perkampungan atau pedesaan. Salah satu jenis usaha ternak bisa kamu coba yaitu ternak ayam kampung.

Untuk memulai usaha beternak ayam kampung ini tidak memerlukan modal yang besar. Anak ayam yang Anda beli harganya sangat murah, bahkan untuk pakannya juga sangat terjangkau.

Kalau Anda punya lahan kosong di belakang rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba usaha ternak ini. Kemudian kandang yang cukup untuk menampung beberapa ayam.

Ternak ayam kampung termasuk jenis usaha di pedesaan yang hampir banyak dilakukan oleh banyak orang. Karena modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini tidak begitu besar.

5. Jualan Ikan Asin

Jualan ikan asin termasuk salah satu peluang usaha yang sangat potensial dilakukan di daerah pedesaan. Karena jenis lauk yang banyak dikonsumsi di daerah pedesaan adalah ikan asin, bukan daging atau telur.

Supaya modal yang diperlukan tidak begitu besar, Anda bisa membeli ikannya langsung dari nelayan. Setelah itu Anda olah ikan tersebut menjadi ikan asin yang siap jual.

Jika tidak punya kenalan nelayan, Anda bisa membelinya di pasar-pasar besar seperti induk supaya harganya bisa lebih murah. Setelah itu Anda bisa menjualnya di perkampungan.

6. Ternak Ikan Lele

Peminat ikan lele di Indonesia sangat tinggi. Coba saja Anda jalan-jalan ke perkotaan di malam, pasti akan selalu ada orang yang jualan pecel lele. Bahkan di restoran juga sudah banyak yang mengolah ikan lele pada menu makanannya.

Karena peminatnya sangat tinggi, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut menjadi peluang usaha di desa. Jika tidak punya lahan yang luas, Anda bisa beternak ikan lele dengan sistem bioflok dengan menggunakan terpal saja.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Lele dengan Sistem Bioflok

Dengan menggunakan sistem ini, Anda tidak perlu modal yang besar untuk memulai usaha ternak ikan lele. Namun supaya hasilnya maksimal, pastikan Anda sudah tahu ilmunya.

Anda bisa belajar cara budidaya ternak ikan lele ini dengan orang yang sudah berpengalaman.

7. Jualan Tanaman Hias

Sekarang ini permintaan tanaman hias mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Banyak masyarakat di perkotaan yang menggunakan tanaman hias untuk kemudian disimpan di depan rumahnya.

Hal ini tentu saja bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan peluang usaha yang sangat potensial. Terlebih lagi tanaman yang ada pedesaan sangat banyak, termasuk juga bahan-bahan dan peralatannya.

Jualan tanaman hias termasuk jenis usaha yang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Untuk menjual tanamannya bisa dilakukan dengan cara online baik melalui marketplace ataupun media sosial.

Usaha jualan tanaman hias juga sudah didukung dengan pengiriman barang. Sehingga Anda bisa menjualnya secara online ke berbagai daerah di Indonesia.

8. Jualan Bibit Tanaman

Situasi di pedesaan yang mendukung membuat Anda bisa membuat aneka bibit tanaman dengan sangat mudah. Tentu saja Anda bisa menjadikan aktivitas pembuatan bibit ini menjadi peluang usaha yang potensial.

Banyak masyarakat di daerah perkotaan yang ingin bercocok tanam meskipun dilakukan di pot. Hal ini tentu saja membuat permintaan bibit tanaman sangat tinggi.

Apalagi sekarang kita tengah berada di era new normal dimana masih banyak orang yang melakukan aktivitas di rumah. Supaya tidak membosankan, banyak dari mereka yang melakukan kegiatan bertanam.

Penjualan bibit tanaman ini bisa Anda lakukan secara online maupun offline. Meskipun dilakukan secara online, sekarang Anda bisa melakukan pengiriman barang dengan sangat mudah.

9. Depot Air Minum

Jika Anda punya lahan yang cukup luas dan modal yang besar, peluang usaha isi ulang galon ini patut Anda coba. Pasalnya usaha mempunyai prospek yang sangat potensial di masa mendatang.

Banyak orang di daerah pedesaan yang masih memasak air dari sumber mata air, namun kualitas tanahnya masih belum baik. Untuk mengkonsumsi air minum yang berkualitas, mereka bisa membeli air mineral.

Menariknya lagi, sekarang banyak masyarakat di daerah pedesaan yang malas untuk memasak air. Karena memasak air akan menguras lebih banyak bahan bakar baik yang menggunakan gas elpiji maupun kayu bakar.

Oleh sebab itulah kenapa usaha depot air minum menjadi usaha yang sangat prospek di masa sekarang.

Baca juga: Peluang Usaha Depot Air Minum Dan Prospeknya

10. Jasa Jahit Pakaian

Jasa jahit pakaian juga termasuk salah satu peluang usaha di daerah pedesaan yang cukup menjanjikan. Terlebih peluang usaha ini sangat dinamis dengan perkembangan zaman.

Pangsa pasar untuk usaha jasa jahit pakaian ini tergolong cukup luas karena semua orang memerlukan pakain. Biasanya orang akan memesan pakaian ketika ajaran baru sekolah dan menjelang lebaran.

Namun untuk menjadi penjahit yang banyak pelanggan di pedesaan, Anda harus punya skill yang cukup luas. Jadi kalau bisa Anda tidak hanya bisa buat pakaian seragam sekolah saja, namun juga pakaian lainnya seperti gamis dan jas/almamater.

Untuk menjadi penjahit yang punya skill seperti itu memang tidak mudah karena Anda perlu banyak belajar dan pengalaman. Namun jika dilakukan dengan serius, hal tersebut tentu saja bisa terwujud.

Selain memerlukan modal skill, Anda juga memerlukan mesin jahit untuk memulai usaha ini. Dengan modal sekitar Rp10 jutaan saja, Anda sudah bisa memulai usaha jahit pakaian di rumah.

Sebenarnya masih banyak contoh peluang usaha di daerah pedesaan yang bisa kamu coba. Namun kesepuluh contoh di atas bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar dan cocok untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment