10 Pekerjaan Jurusan IPA yang Gajinya Besar

Salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja dan besaran gajinya. Karena banyak pekerjaan jurusan IPA yang gajinya besar dan prospek kerja setelah lulus juga cukup bagus.

Pada tahun 2030 nanti, akan ada beberapa jenis profesi yang hilang dan bertransformasi ke jenis pekerjaan yang sudah terautomasi. Meskipun begitu, masih ada profesi yang akan tetap tumbuh dalam bidang tertentu seperti kesehatan, manufaktur, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Dari beberapa sektor tersebut, diantaranya masih ada jurusan yang sangat cocok untuk jurusan IPA SMA. Masih banyak universitas terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan untuk anak IPA dengan prospek yang bagus.

Pekerjaan Jurusan IPA yang Gajinya Besar

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan dengan pekerjaan yang gajinya besar setelah lulus nanti, banyak jurusan yang bisa dipertimbangkan. Berikut ini cecepkocep.com rangkum beberapa pekerjaan jurusan IPA yang gajinya besar.

1. Software Engineers

Dunia digital telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan semakin didorong dengan pandemi. Banyak layanan yang disediakan secara online. Hal ini tentu saja menjadi prospek yang sangat bagus untuk pekerja software engineer.

Pekerjaan seorang software engineer adalah membuat dan mengembangkan software, termasuk sistem dan perangkat penunjangnya (tools). Namun pekerjaannya sekarang ini telah menjadi lebih kompleks.

Untuk bekerja menjadi software engineer, kamu bisa mengambil jurusan kuliah Ilmu Komputer. Beberapa perguruan tinggi menyebut jurusan ini sebagai jurusan Teknik Informatika, Ilmu Informatika, Ilmu Komputasi, dan sebagainya.

Seorang lulusan ilmu komputer juga banyak diperlukan oleh perusahaan. Selain jadi software engineer, kamu juga bisa menjadi IT manager, System Analyst, dan Web Developer.

Salah satu universitas terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan Teknik Informatika terakreditasi adalah Universitas Indonesia (UI). Selain perguruan tinggi negeri, ada juga perguruan tinggi swasta yang menawarkan jurusan ini.

2. Programmer

Cita-cita yang cocok untuk jurusan IPA salah satunya adalah menjadi seorang programmer. Profesi ini tergolong kompleks misalnya kamu bekerja dengan melakukan pemrograman sistem dan pengembangan aplikasi.

Untuk menjadi seorang programmer, kamu bisa kuliah di jurusan Informatika. Setelah lulus, kamu bisa menjadi seorang system programmer atau application developer di berbagai industri. Misalnya industri IT, telekomunikasi, perbankan, hingga instansi pemerintahan.

Profesi kamu setelah lulus jurusan teknik informatika tidak hanya menjadi programmer saja. Namun kamu juga bisa menjadi seorang system analyst, system integrator, database engineer, web engineer, game developer, dan masih banyak lagi.

3. Dokter

Salah satu jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan adalah dokter. Namun banyak juga laki-laki yang sekarang ini berprofesi sebagai dokter di Indonesia.

Dokter menjadi salah satu profesi yang paling bergengsi karena bisa memperoleh gaji yang besar. Gaji yang kamu peroleh tidak hanya bekerja di rumah sakit atau klinik saja, namun kamu juga bisa membuka praktek sendiri.

Selain menawarkan gaji yang sangat besar, dokter juga termasuk profesi yang sangat mulia. Selama dilakukan dengan ikhlas, kamu bisa menuai banyak kebaikan dengan menolong banyak orang yang sakit dan butuh pertolongan secara medis.

Gajinya yang besar tentu saja sebanding dengan perjuangan yang harus kamu lalui semasa kuliah. Biaya kuliah kedokteran sangat besar, belum lagi waktu yang diperlukan untuk benar-benar menjadi dokter juga relatif sangat lama.

Baca juga: Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

4. Arsitek

Kalau kamu berasal dari jurusan IPA ataupun arsitek SMK bisa melanjutkan studi ke bangku perkuliahan dengan jurusan Teknik Arsitektur. Setelah lulus, kamu bisa bekerja dalam pengawasan pembangunan konstruksi dan industri interior.

Tak berhenti sampai disitu, kamu juga bisa berprofesi sebagai asesor untuk studi kelayakan proyek, pengelola bangunan dan lingkungan. Bahkan kamu juga dapat bekerja di industri bahan dan elemen banguna.

Meskipun menjadi seorang arsitek, potensi kamu untuk bekerja di industri pemerintahan yang sangat terbuka lebar. Karena kamu sangat dibutuhkan dalam urusan yang berhubungan dengan tata bangunan, pembangunan gedung, dan bina lingkungan.

5. Psikolog

Mungkin kamu bertanya-tanya, emang bisa seorang lulusan SMA IPA masuk jurusan Psikologi? Tentu bisa ya karena jurusan psikologi ini tersedia di rumpun sosial humaniora dan rumpun saintek. Namun sesuai dengan ketentuan masing-masing perguruan tingginya.

Dengan begitu, bisa saja anak IPA maupun IPS masuk kuliah jurusan psikologi tanpa harus ikut seleksi melalui lintas jurusan. Namun sebelum tes, pastikan kamu harus tahu dulu ketentuan dari kampus yang akan dipilih.

Psikologi termasuk jurusan IPA yang tidak banyak menghitung yang bisa kamu pertimbangkan. Selama kuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang perilaku manusia dan aplikasinya pada masalah yang sering dihadapi manusia.

Setelah lulus dari jurusan psikologi, kamu bisa bekerja di bagian HRD pada perusahaan. Gaji untuk lulusan psikologi juga sangat tinggi dan hampir semua industri memerlukan seorang psikolog.

Kamu juga bisa melanjutkan studi ke jenjang magister psikologi atau magister psikologi profesi setelah lulus dari jenjang sarjana.

6. Profesi Konstruksi

Pekerjaan di bidang konstruksi ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan ilmu perencanaan dan pembangunan perumahan. Kamu yang tertarik dengan ilmu transportasi, sanitasi, dan berbagai kebutuhan lingkungan sangat cocok menjalani profesi ini.

Jika kamu tertarik untuk bekerja di bidang konstruksi, kamu bisa kuliah di jurusan Teknik Sipil. Karena jurusan ini sangat erat hubungannya dengan perencanaan, konstruksi dan pemeliharaan bangunan fisik dan lingkungan.

Di jurusan ini kamu juga akan belajar tentang perencanaan pembangunan jalan, jembatan, bendungan, kanal, dan bangunan lainnya. Isu-isu yang terjadi secara kompleks seperti memburuknya insfrastruktur, system transportasi yang ketinggalan jaman, dan bencana alam juga akan dipelajari di teknik sipil.

Setelah lulus dari jurusan teknik sipil, kamu bisa menjadi seorang perancang kontraktor, perencana, dan manajer di berbagai teknik sipil. Selain menawarkan gaji yang tinggi, prospek kerja untuk lulusan ini juga tergolong sangat bagus.

7. Profesi Di Bidang Manufaktur

Kalau kamu ingin bekerja di bidang manufaktur, kuliah di jurusan teknik industri adalah pilihan yang tepat. Apalagi teknik industri termasuk jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar.

Seorang teknisi industri sangat diperlukan untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, dan pengembangan sistem manajemen kualitas.

Hampir semua industri perusahaan terutama perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur memerlukan seorang teknisi industri. Misalnya adalah perusahaan alat berat material dan manufaktur kendaraan.

Teknik industri juga termasuk jurusan IPA yang berhubungan dengan bisnis. Karena kamu tidak hanya akan belajar tentang efektivitas, efisiensi, dan produktivitas saja. Kamu juga akan belajar tentang ilmu manajemen dan ilmu sosial yang didalamnya mencakup tentang bisnis.

8. Profesi Di Bidang Kesehatan

Pekerjaan yang bergerak di bidang kedokteran tidak hanya dokter saja. Kamu juga bisa bekerja menjadi ahli gizi, ahli farmasi, peneliti di bidang kesehatan masyarakat, dan sebagainya.

Itu semua termasuk pekerjaan lulusan SMA IPA wanita yang bisa kamu jadikan referensi sebelum kuliah. Misalnya kamu bisa kuliah di jurusan farmasi, keperawatan, dan kebidanan.

Jika ingin berprofesi di sektor kesehatan, kamu juga bisa kuliah di jurusan yang berhubungan dengan kesehatan. Misalnya memilih jurusan Ilmu Gizi, Ilmu Farmasi, dan jurusan lainnya yang tersedia di Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Baca juga: Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK Teknik Mesin & TKR

9. Profesi Di Sektor Perminyakan dan Pertambangan

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi ya kalau lulusan teknik perminyakan dan pertambangan menjadi jurusan dengan prospek kerja yang cerah. Selain itu, gaji yang ditawarkan untuk lulusan ini juga sangat besar.

Pertamina yang merupakan perusahaan minyak nasional sudah menetapkan standar gaji paling sedikit adalah Rp8 juta hingga Rp15 juta per bulannya. Gaji tersebut sudah hampir setara dengan penghasilan seorang fresh graduate yang bekerja di Chevron dan Total Oil Indonesia.

Sementara untuk karyawan senior, gaji yang ditawarkan akan semakin besar lagi. Potensi gaji yang akan kamu peroleh bisa mencapai Rp30 jutaan sebulan. Fantastis bukan?

10. Profesi Sektor Penerbangan

Profesi di sektor maskapai penerbangan juga menawarkan gaji yang sangat besar. Namun perlu diperhatikan kalau profesi di sektor ini bukan hanya pilot dan pramugari saja ya.

Pada pesawat juga memerlukan seorang teknisi yang peranannya tidak kalah penting seperti pilot dan awak pesawat terbang lainnya. Karena teknisi pesawat punya tanggung jawab yang berhubungan dengan keselamatan penerbangan.

Oleh sebab itu profesi ini membutuhkan pendidikan dan sertifikasi yang sesuai dengan bidang kerjanya nanti. Karena selain menawarkan gaji yang tinggi, tanggung jawabnya juga sangat besar.

Seorang fresh graduate saja bisa memperoleh gaji sekitar Rp5 jutaan setiap bulannya. Jika sudah senior, gaji yang akan kamu peroleh tentu saja akan lebih besar lagi.

Baca juga: Jurusan kuliah untuk anak SMK Dengan Gaji Besar

Tentukan Pilihanmu!

Itulah beberapa pekerjaan jurusan IPA yang gajinya besar dan prospek kerjanya juga bagus setelah lulus nanti. Namun jangan hanya berpacu pada gajinya saja, pertimbangkan juga kemampuan dasar yang kamu miliki. Sehingga ketika proses perkuliahan, kamu tidak akan begitu kesulitan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment