Oppo Vs Vivo Vs Xiaomi Bagus Mana?

Oppo vs Vivo vs Xiaomi bagus mana – Oppo, Vivo, dan Xiaomi menjadi brand smartphone yang sangat terkenal di Indonesia. Ketiga smartphone asal Tiongkok ini menjadi bahan pertimbangan bagi yang ingin beli HP baru yang bagus namun dengan budget terbatas.

Ketiga smartphone tersebut menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia. Selain harganya yang sangat terjangkau, penggunaannya juga sangat mudah dibandingkan dengan merk ponsel lain seperti Apple atau Samsung.

Oppo vs Vivo vs Xiaomi Bagus Mana?

Oppo Vs Vivo Vs Xiaomi Bagus ManaBerikut ini telah Cecepkocep.com rangkum mengenai penjelasan HP Oppo vs Vivo vs Xiaomi bagus mana.

1. Pangsa Pasar

Oppo menjadi brand smartphone asal Tiongkok yang pertama kali masuk ke pasar Indonesia. Brand ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2013 silam dengan mengandalkan produk Oppo Find 5.

Satu tahun berselang disusul oleh Xiaomi dengan produk andalannya adalah Redmi 1S. HP ini berhasil memikat banyak masyarakat Indonesia. Di tahun yang sama, Vivo juga masuk ke pasar Indonesia dengan berbagai produk ponsel premiumnya seperti Vivo Xplay 3S.

Berdasarkan informasi dari Canalys, Xiaomi menjadi brand smartphone terlaris di Indonesia pada tahun 2021 bila dibandingkan dengan Oppo dan Vivo. Xiaomi menguasai pangsa pasar Indonesia sebesar 28 persen.

Oppo berada di urutan kedua dengan pangsa pasar Indonesia sebesar 20 persen yang disusul oleh Vivo dengan pangsa pasar sebesar 12 persen saja.

Dari sisi pangsa pasar, tentu Xiaomi lebih unggul. Jadi banyak orang Indonesia yang lebih banyak beli HP Xiaomi dibandingkan Oppo atau Vivo.

Baca juga: Oppo Vs Vivo Bagus Mana?

2. Kualitas

Oppo dan Vivo dikenal sebagai ponsel dengan kualitas kamera terbaik. Namun bukan berarti kualitas kamera yang dimiliki Xiaomi jelek ya. Untuk HP Oppo yang dijual 2 jutaan saja sudah dilengkapi dengan kamera 16 MP pada HP Oppo F3 Plus.

Dari sisi kualitas kamera, kamu bisa memilih HP Vivo atau Oppo. Dengan budget yang kecil saja kamu bisa dapat HP dengan kualitas kamera yang sangat menawan.

Lanjut ke sektor perangkat lunak yang digunakan dimana Xiaomi mengusung MIUI. Meskipun lebih dulu hadir di Indonesia, nyatanya perangkat lunak yang dimiliki oleh Xiaomi sedikit lebih baik dibandingkan Vivo maupun Oppo.

Perlu diketahui bahwa Oppo memiliki operating system bernama Color OS. Sementara Vivo bernama Funtouch OS.

Dari sisi dapur pacu, Oppo, Xiaomi, maupun Vivo mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon. Namun perbedaannya tidak begitu signifikan karena disesuaikan dengan perangkat terbarunya.

Baca juga: Brand Samsung vs OPPO Bagus Mana

3. Harga

Untuk membandingkan harga dari ketiga brand smartphone tersebut tentu saja harus dilihat dari spesifikasi dan kelas yang sama. Bila dilihat dari spesifikasi atau performa, Xiaomi lebih unggul dari Oppo dan Vivo.

Dengan harga yang sama, kamu bisa dapat HP dengan performa yang lebih cepat dan kuat jika memilih HP Xiaomi.

Misalnya untuk Oppo Reno 4 Pro dengan harga jual Rp7 jutaan yang memakai chipset Snapdragon 720G, RAM 8GB, dan ROM 256 GB. HP ini memiliki skor AnTuTu sebesar 325.000.

Untuk harga yang sama yaitu Xiaomi Mi 10T dengan memakai Snapdragon 865, RAM 8GB, dan ROM 256GB. Ponsel ini memperoleh skor AnTuTu sebesar 646.515.

Harga jual rendah dari HP Xiaomi bisa menyaingi HP Vivo dengan harga jual yang lebih tinggi. Misalnya Xiaomi Redmi 9 dengan harga jual sekitar Rp2 jutaan bisa bersaing secara performa dengan Vivo Y30 dengan harga jual Rp2.5 jutaan.

Kedua smartphone tersebut memiliki fitur yang sama baik entah dari layar, kamera, maupun baterainya.

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan dengan harga yang sama, spesifikasi HP Xiaomi lebih baik dibandingkan dengan merk Vivo atau Oppo. Jadi kalau kamu ingin punya HP dengan spek bagus namun dengan budget pas-pasan, Xiaomi adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: Lebih Bagus Vivo Oppo Atau Realme?

Akhir Kata

Itulah ulasan kami mengenai oppo vs vivo vs xiaomi bagus mana yang dapat kamu jadikan bahan pertimbangan. Jika ingin punya HP dengan kamera bagus dengan budget terbatas, Vivo dan Oppo bisa jadi pilihan. Tapi jika kamu mementingkan performa, sebaiknya pilih Xiaomi.