Oppo Vs Vivo Bagus Mana Di Tahun 2022?

Oppo dan Vivo merupakan brand smartphone asal Tiongkok yang sangat terkenal di Indonesia. Kebanyakan masyarakat Indonesia bingung apakah harus beli HP Oppo atau Vivo. Oppo vs Vivo bagus mana menurut kamu?

Oppo sebenarnya terlebih dahulu hadir di Indonesia dan secara kualitas tidak perlu diragukan lagi. Namun Vivo juga punya kualitas yang tak kalah lebih baik dari Oppo. Pemasarannya yang agresif membuat Vivo lebih cepat dikenal oleh masyarakat Indonesia meskipun telah didahului oleh Oppo.

Bagusan Oppo atau Vivo?

Oppo Vs Vivo Bagus ManaMenurut informasi yang kami lansir dari Jagoan Gadget, Oppo menjadi brand smartphone dengan penjualan terbaik di Indonesia pada tahun 2021. Sementara Vivo berada di urutan ketiga yang kemudian diikuti oleh Samsung.

Penjualan kedua brand asal Tirai Bambu ini kian meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu alasan yang membuat penjualan mereka terus meningkat adalah kualitasnya yang bagus.

Saat akan membeli HP baru, banyak dari mereka yang bertanya bagusan hp oppo atau vivo. Sebagai bahan referensi, berikut ini telah Cecepkocep ulas perbandingan kedua smartphone tersebut.

1. Tampilan

Dari sisi penampilan, kedua smartphone tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya saja untuk Oppo Find X yang termasuk ponsel flagship yang punya tampilan kece dan impresif. Ponsel ini semakin gahar karena mengusung tema layar edge berkualitas dan memanjakan mata.

Vivo juga memiliki penampilan yang sangat menakjubkan, misalnya saja pada seri Vivo V11 Pro. Ponsel ini mengusung layar bezel less yang membuat penampilannya sangat ciamik. Resolusinya yang besar juga menghasilkan gambar yang solid dan smooth.

Dari sisi penampilan, kedua smartphone tersebut punya karakteristiknya masing-masing. Namun sulit bagi kita untuk menemukan perbedaannya.

Baca juga: Oppo Vs Vivo Vs Xiaomi Bagus Mana?

2. Bagus Kamera Oppo atau Vivo

Oppo maupun Vivo merupakan brand smartphone yang dikenal masyarakat Indonesia sebagai ponsel yang punya kualitas kamera terbaik. Jika ada orang yang ingin beli HP dengan kamera bagus, pasti akan banyak yang merekomendasikan Vivo atau Oppo.

Oppo memiliki keunggulan dalam sektor kamera, terutama kamera depan atau kamera selfie. Branding Oppo adalah menjadi smartphone dengan kualitas kamera depan terbaik. Hal ini sesuai dengan tagline mereka yaitu “Selfie Expert”.

Vivo juga tidak mau kalah dimana mereka juga berusaha bersaing dari sisi kamera baik untuk kamera depan maupun belakang. Mereka mengusung tagline “Perfect Shot, Perfect Moment”.

Dari tagline tersebut bisa kita simpulkan bahwa Vivo ingin kualitas kamera depan maupun belakangnya berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan rilisnya HP dengan kamera selfie pop up yang terlihat sangat futuristik dan canggih.

Dari sisi kamera, kedua brand smartphone tersebut sulit dibedakan. Meskipun mengusung tagline “Selfie Expert” bukan berarti Oppo tidak melakukan inovasi pada kamera belakangnya.

3. Baterai

Oppo memiliki keunggulan pada fitur pengisian daya yang lebih cepat. Sebelum banyak brand smartphone yang memakai teknologi fast charging, Oppo telah menawarkan fitur VOOC Flash Charge. Fitur diklaim bisa melakukan pengisian daya 4x lebih cepat.

Vivo juga tidak mau kalah dimana mereka merilis fitur Dual Engine Fast Charging. Fitur ini bisa membuat proses pengisian daya lebih cepat dari biasanya.

4. Harga

HP Oppo dan Vivo dijual dengan harga yang relatif lebih murah sebagai HP kelas menengah ke atas. Namun tentu saja dari harga tersebut kita bisa tahu bahwa spesifikasinya tidak lebih baik dengan brand lain terutama untuk brand HP yang mengutamakan performa seperti Xiaomi.

Selain itu harga jual kembalinya sangat signifikan atau bisa lebih murah. Bila kamu ingin membeli HP Oppo atau Vivo bekas dengan harga murah tentu saja bisa menjadi bahan pertimbangan.

Namun Vivo masih memiliki Service Center yang sedikit karena mereka adalah brand baru di Indonesia. Dengan begitu layanan after sales kurang maksimal. Para pengguna akan sulit mendapatkan berbagai layanan seperti klaim garansi dan perbaikan.

Baca juga: Lebih Bagus Vivo Oppo Atau Realme?

Jadi Oppo vs Vivo bagus mana?

Masih sulit untuk menentukan mana yang lebih baik diantara kedua brand smartphone tersebut. Secara keseluruhan keduanya hampir sama baik dari sisi harga, kualitas, hingga performanya. Karena persaingan kedua brand tersebut sangat ketat.

Namun sebagai bahan pertimbangan, Oppo punya layanan Service Center yang lebih banyak dibandingkan Vivo. Sekilas memang sepele akan layanan ini, namun dengan layanan after sales ini akan membuat pengguna lebih nyaman.

Menurut kamu Oppo vs Vivo bagus mana? Jika punya pendapat, silahkan tuliskan di kolom komentar ya.