15 Objek Wisata Bali Utara yang Hits dan Populer

Cecepkocep.com – Bali memang terkenal sebagai daerah yang memiliki  banyak objek wisatanya, termasuk untuk daerah Bali Utara. Banyak sekali objek wisata Bali Utara yang bisa kamu kunjungi karena pemandangannya yang indah.

Sebagian besar orang lebih mengenali Bali Barat karena memiliki banyak sekali objek wisata eksotis. Padahal Bali Utara juga memiliki objek wisata yang tidak kalah indahnya seperti daerah Bali lainnya.

Rekomendasi Objek Wisata Bali Utara

Untuk kamu yang ingin berlibur ke daerah Bali Utara, kami akan berikan rekomendasi objek wisata terbaik disana. Yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Puncak Wanagiri

Puncak Wanagiri
Foto: Balitopholidays

Kalau kamu ingin mendapatkan koleksi foto yang Instagramable, objek wisata Bali Utara ini sangat cocok dikunjungi. Di Puncak Wanagiri ini tersedia banyak sekali spot foto yang keren dan indah.

Kamu bisa melihat betapa indahnya Danau Buyan dan Danau Tamblingan dari ketinggian Puncak Wanagiri. Keduanya bisa kamu gunakan sebagai background untuk menghasilkan foto yang kece abis, dijamin hasilnya nggak akan mengecewakan.

Objek wisata Puncak Wanagiri ini terletak di Jl Raya Wanagiri, Pancasari, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Untuk wisatawan domestik dikenakan tarif masuk sebesar Rp10 Ribu, sementara untuk wisatawan asing sebesar Rp30 Ribu.

2. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan
Foto: Jejakpiknik

Masih ada di daerah Buleleng, kamu juga bisa mengunjungi Danau Tamblingan yang memiliki banyak sekali spot foto menarik. Tak sedikit juga pengantin baru yang melakukan pre-wedding disana.

Danau Tamblingan merupakan salah satu dari tiga danau kembar yang berada di lereng Gunung Lesung. Danau ini terbentuk dari letusan gunung yang membentuk kaldera yang terjadi pada beberapa abad yang lalu.

Danau ini terletak di dekat lereng pegunungan, maka suasananya sangat sejuk dan memiliki penampakan alam yang hijau. Jadi sangat disarankan untuk mengenakan jaket ketika berkunjung kesana.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan disana bisa naik perahu, memancing, atau camping. Untuk memasuki wilayah objek wisata Danau Tamblingan, kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp10 Ribu per orang.

3. Danau Buyan

Danau Buyan
Foto: Blog Airpaz

Satu lagi nih kembaran dari Danau Tamblingan yang juga memiliki keindahan alam yang tak kalah eksotisnya. Ya, danau itu bernama Danau Buyan. Tapi untuk popularitasnya memang kalah dari Danau Tamblingan, padahal keduanya memiliki pesona yang sangat cantik.

Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas di danau Buyan seperti naik perahu, memancing, atau camping bersama sahabat. Untuk tiket masuk per orangnya sekitar Rp10 Ribu per orang. Jangan lupa untuk memakai pakaian hangat ya kalau berlibur kesana karena cuacanya dingin.

4. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan
Foto: Pegipegi

Pura Ulun Danu Bratan menjadi salah satu objek wisata yang sangat ikonik di Bali karena punya pesona yang sangat indah. Objek wisata ini bahkan termasuk salah satu danau terindah di Indonesia karena memiliki keindahan alam yang mengesankan, apalagi menjelang matahari terbenam.

Saking indahnya, pemandangan dari Pura Ulun Danu Bratan ini dipilih menjadi gambar yang ada di uang pecahan Rp50 Ribu loh! Kalau ingin kesana, lokasi objek wisata ini terletak di Desa Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali.

5. Pantai Lovina

Pantai Lovina
Foto: idtempatwisata.com

Pantai Lovina menjadi salah satu pantai terindah yang masih alami karena disana masih terdapat perahu nelayan. Pantai ini memiliki air yang tenang, sehingga kamu bisa berenang disana. Bahkan kamu juga akan melihat atraksi gerombolan lumba-lumba yang sedang berenang.

Tapi untuk melihat atraksi lumba-lumba itu kamu harus menyewa perahu untuk berlayar ke tengah lautan. Aktivitas itu juga dilakukan sebelum matahari terbit karena lumba-lumba biasanya akan terlihat menjelang subuh.

Selain bisa melihat atraksi lumba-lumba, kamu juga akan melihat hewan liar lainya di dekat kita. Bahkan kamu juga bisa menyelam untuk melihat keindahan biota di dalam laut Lovina.

Kamu harus membayar sekitar Rp150 Ribu per orang untuk melihat atraksi lumba-lumba. Biaya tersebut sudah termasuk untuk sarapan, sewa perahu, jaket pelampung dengan durasi 2 jam.

6. Pemandian Air Panas Banjar

Pemandian Air Panas Banjar
Foto: Balitoursclub

Air Panas Banjar menjadi salah satu pemandian yang hits di Bali Utara dan setiap harinya selalu dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Air panas ini mengandung belerang yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik dan letih lesu.

Pemandian Air Panas Banjar ini memiliki tiga kolam utama yang luas yang bisa digunakan. Setiap kolam tersebut memiliki kedalaman yang berbeda-beda, maksimal kedalamannya adalah 1,5 meter. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang.

Objek wisata Pemandian Air Panas ini terletak di Jl Banjar, Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Untuk orang dewasa akan dikenakan tarif sebesar Rp20 ribu dan Rp10 ribu untuk anak-anak.

7. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling
Foto: Travel Okezone

Air Terjun yang satu ini masih belum tereksplor, padahal termasuk objek wisata alam yang indah di wilayah Bali Utara, Air Terjun Aling-Aling akan menawarkan sensasi alam yang menawan. Kamu akan merasakan atmosfer alami yang sangat menyejukkan.

Untuk bisa sampai ke Air Terjun, kamu harus tracking selama beberapa menit. Air terjunnya sangat tinggi, aliran airnya deras dan debit airnya yang besar. Di sekitarnya juga dihiasi dengan pepohonan yang hijau, tebing batu yang terjal, hingga aliran udaranya yang sejuk.

Air Terjun Aling-Aling ini berada di Jl Raya Desa Sambangan, Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Di sekitar perjalanan kamu juga akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah, sehingga tidak akan membosankan.

8. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul
Foto: Pegipegi

Berbeda dengan Air Terjun Aling-Aling yang lokasinya tidak terlalu jauh, kamu butuh usaha yang sedikit ekstra untuk sampai ke Air Terjun Sekumpul. Tapi setelah sampai di lokasi, kamu akan kagum dengan keindahan alam yang mempesona.

Air Terjun Sekumpul memiliki air terjun kembar dimana keduanya saling berdekatan. Dengan ketinggian 80 meter, kamu akan mendengar betapa gemuruhnya air terjun ini. Untuk bisa mencapai air terjun ini, kamu harus berjalan sekitar setengah jam.

Air Terjun Sekumpul ini berada di Sekumpul, Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp20 Ribu untuk memasuki air terjun.

9. Brahmavihara-Arama

Brahmavihara-Arama
Foto: The Bali Bible

Brahmavihara-Arama ini merupakan tempat ibadah untuk masyarakat Bali Utara, tapi juga sering dikunjungi oleh para wisatawan. Vihara ini memang bukan yang terbesar di Bali, tapi menjadi tempat bermeditasi yang tepat karena lokasinya yang tenang dan asri.

Tidak heran jika vihara ini sering menjadi tempat untuk melatih dan menempa diri untuk berperilaku mulia dan luhur. Untuk lokasinya berada di Desa Banjar Tegeha, Banjar, Buleleng, Bali. Sementara itu untuk tiketnya tidak berbayar alias gratis.

10. Bali Treetop Adventure Park

Bali Treetop Adventure Park
Foto: Lonely Planet

Objek wisata Bali yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan si kecil. Kamu bisa mengajaknya supaya bisa bersatu dengan alam dengan cara bergelantungan di pepohonan.

Banyak sekali wahana menarik yang bisa kamu nikmati dan semua sudah terjamin keamanannya. Sehingga kamu tidak perlu takut jatuh, atau takut talinya terputus. Semuanya aman karena sudah sesuai dengan standar keamanan berkualitas tinggi.

Ketika berkunjung kesana, kamu akan merasakan sensasi seperti Tarzan yang selalu bergelantungan. Kamu bisa bersenang-senang sambil meniti kabel-kabel di antara pepohonan.

Objek wisata Bali Utara ini berada di Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali. Untuk tiketnya sekitar Rp300 Ribu untuk dewasa dan Rp200 Ribu untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Jika ingin berlibur kesana, kamu harus booking online terlebih dahulu melalui website resmi balitreetop.com.

11. Kolam Alami Air Sanih

Kolam Alami Air Sanih
Foto: Kintamani

Nah, kalau kamu pergi ke Pantai Lavina jangan lupa mampir sejenak ke Kolam Alami Air Sanih. Karena lokasinya berada tepat di pantai Lovina, jadi tidak heran jika mata airnya sangat segar.

Apalagi kamu juga bisa melihat pemandangan alam laut yang sangat mempesona dan suasananya yang teduh. Pokoknya berat banget untuk meninggalkan tempat ini.

Objek wisata ini berada di Jl Raya Air Sanih, Sanih, Kubutambahan, Buleleng, Bali. Tiket masuknya sekitar Rp5 Ribu untuk anak-anak, sementara untuk orang dewasa sekitar Rp10 Ribu.

12. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit
Foto: Bali Tours Club

Jika kamu perhatikan Peta Bali Utara, ternyata memiliki wilayah yang sangat luas dan bahkan belum ada tempat wisata yang begitu tereksplor. Untuk bisa sampai ke lokasi kamu harus melakukan sedikit trekking ke bawah melewati sawah, kebun kopi dan cengkeh.

Lokasinya berada di daerah pegunungan sehingga suasananya sangat sejuk dan tenang. Air Terjun Gitgit ini menjadi air terjun tertinggi di Bali dan untuk mencapai lokasi tersebut sangatlah mudah.

Selain bisa berenang, kamu juga bisa  berfoto ria untuk mendapatkan foto yang menarik dan bisa mempercantik feed Instagram kamu. Disana terdapat banyak sekali spot foto menarik, bahkan juga sering dijadikan tempat untuk foto pre-wedding.

Air Terjun Gitgit ini berada di Jl  Raya Bedugul, Singaraja, Gitgit, Sukasada, Buleleng, Bali. Sementara untuk harga tiket masuknya sekitar Rp5 Ribu per orang,

13. Krisna Funtacticland

wisata bali utara Krisna Funtacticland
Foto: Tripadvisor

Bali Utara juga memiliki objek wisata modern yang tak kalah menarik seperti di Denpasar. Objek wisata itu bernama Krisna Funtasticland yang ternyata juga sangat cocok dijadikan tempat rekreasi bersama dengan keluarga tercinta.

Objek wisata ini memiliki lahan yang sangat luas dan didalamnya memiliki 16 jenis permainan. Pemilik Krisna Funtacticland ini juga merupakan pemilik Krisna Oleh-Oleh yang memiliki banyak cabang di Bali.

Objek wisata ini berada di Temukus, Banjar, Buleleng, Bali dan akan buka jam 4 sore sampai 10 malam.

14. Gunung Batur

wisata bali utara gunung batur
Foto: Wira Water Sport Bali

Gunung Batur merupakan gunung tertinggi tertua di Bali setelah Gunung Agung yang statusnya masih aktif. Tempat wisata ini memiliki banyak sekali keindahan alam, tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung kesana.

Trekking ke Gunung Batur ini terbilang aman dan tidak terlalu sulit karena banyak petunjuk arahnya. Bahkan disana juga banyak guide yang akan menemani perjalanan kamu hingga sampai ke puncak.

Ketika sudah sampai ke puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang cantik, terutama ketika matahari terbit. Untuk kamu yang suka naik gunung, Gunung Batur ini sangat cocok kamu daki.

15. Warung Bambu Pemaron

Warung Bambu Pemaron
Foto: Xclusive Property Bali

Untuk kamu yang berkunjung ke Buleleng rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba kuliner di Warung Bambu Pemaron. Warung yang satu ini memiliki desain yang unik karena terbuat dari bambu.

Selain disuguhkan dengan aneka makanan dan minuman yang enak, kamu juga bisa nyaman berada disana. Tak heran juga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang kesana.

Warung Bambu Pemaron ini berada di Jl Hotel Puri Bagus Pemaron, Pemaron, Buleleng, Bali.

Itulah beberapa objek wisata Bali Utara yang bisa kamu jadikan referensi untuk berlibur. Jika kamu eksplor di peta wisata Bali, masih banyak objek wisata di Bali Utara yang bisa kamu kunjungi. Semoga bermanfaat.