Mengenal 3 Jenis Undangan Pernikahan dan Harganya

Undangan merupakan salah satu perlengkapan yang tidak boleh dilupakan begitu saja menjelang pernikahan. Pasalnya ada beberapa jenis undangan pernikahan yang perlu kamu pertimbangkan.

Dalam membuat undangan pernikahan, terdapat beberapa aspek yang perlu kamu persiapkan Diantaranya adalah jumlah undangan yang diperlukan dan desain undangannya seperti apa.

Sebagian besar orang akan akan pergi ke percetakan untuk membuat undangan pernikahan. Padahal undangan pernikahan itu tidak hanya kertas yang dicetak saja, namun ada juga undangan yang memanfaatkan media digital.

Jenis Undangan Pernikahan dan Harganya

Jika dilihat dari wujudnya, undangan pernikahan itu diklasifikasikan ke dalam dua jenis yaitu undangan fisik dan undangan digital.

Undangan fisik adalah jenis undangan yang dicetak dalam dalam kertas yang hasilnya bisa kita pegang. Sementara undangan digital dibuat dalam media digital seperti gambar, video, dan website.

Setiap jenis undangan digital tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, simak rangkuman Cecepkocep.com berikut ini.

1. Undangan Cetak

Undangan cetak merupakan jenis undangan pernikahan yang sangat populer sejak dahulu. Meskipun bidang digital terus mengalami perkembangan, namun eksistensi undangan cetak akan tetap ada.

Undangan cetak mempunyai kesan lebih formal dan penuh kesan. Apalagi jika memberikannya ke tamu undangan secara langsung. Sehingga pihak tamu akan merasa dihormati jika diundang secara langsung.

Tapi sayangnya, jenis undangan cetak ini memakan biaya yang lebih besar. Semakin banyak kamu mencetaknya, semakin banyak uang yang harus kamu miliki.

Tidak hanya itu, undangan yang dicetak pada kertas yang bagus dan hasil printnya bagus, harganya akan semakin mahal lagi. Begitu pun dengan modelnya yang bagus, maka harganya akan lebih mahal.

Undangan yang dicetak dalam bentuk surat biasanya hargannya akan lebih mahal. Ketebalan dan bahan kertas yang digunakan juga sangat mempengaruhi harga.

Semakin tebal kertasnya, harga akan semakin mahal. Bahan kertas yang bagus atau premium akan membuat harga cetak undangan semakin mahal.

Selain memakan banyak biaya, kamu juga harus mempunyai banyak waktu dan tenaga. Karena kamu harus sering pergi ke berbagai tempat percetakan hingga menemukan harga yang sesuai dengan budget.

Keunggulan Undangan Fisik (Cetak):

  • Terkesan sopan dan formal.
  • Tamu undangan merasa terhormat.
  • Cocok untuk mengundang tamu penting.
  • Cocok untuk semua kalangan/umur.

Kekurangan Undangan Fisik (Cetak):

  • Biaya cetak relatif mahal.
  • Proses pembuatan lama.
  • Tidak bisa revisi kalau sudah dicetak.
  • Butuh waktu dan tenaga untuk memberikan undangan ke tamu.
  • Berpotensi tidak sampai ke tamu undangan kalau dititipkan.
  • Ujung-ujungnya dibuang ke tempat sampah.

Kamu bisa pertimbangkan menggunakan jenis undangan pernikahan fisik dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangannya tersebut.

2. Undangan Digital

Jenis undangan pernikahan yang kedua adalah undangan digital. Berbeda dengan undangan cetak, undangan digital itu tidak bisa dipegang karena memakai media digital.

Banyak orang yang menganggap kalau undangan digital ini sifatnya informal atau tidak resmi. Namun sekarang undangan digital sifatnya juga sudah resmi, apalagi di masa pandemi.

Bila kita bandingkan, jenis undangan pernikahan digital ini punya banyak sekali keunggulannya dibandingkan undangan cetak. Salah satu yang menjadi keunggulannya adalah harga.

Undangan digital termasuk undangan pernikahan yang harganya sangat terjangkau. Tentu saja jenis undangan ini sangat cocok untuk kamu yang punya budget terbatas.

Buat undangan digital juga sangat mudah dan tidak perlu memakan banyak waktu dan tenaga. Hal yang sama juga untuk proses penyebarannya dimana kamu tidak harus kasih langsung ke rumah tamu undangan.

Supaya lebih jelas, berikut ini adalah keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh undangan digital.

Keunggulan Undangan Digital:

  • Harganya lebih terjangkau.
  • Proses pembuatan sangat cepat.
  • Undangan yang sudah jadi masih bisa direvisi.
  • Informasi pernikahan lebih lengkap.
  • Sangat mudah disebarkan selama ada koneksi internet dan smartphone.
  • Sangat mudah disebar ke berbagai media sosial.
  • Model undangan sangat bervariasi dan desainnya kekinian.
  • Desain yang elegan membuat undangan digital terkesan resmi dan sopan.
  • Menghemat, waktu, dan tenaga untuk sebar undangan.

Kekurangan Undangan Digital:

  • Tidak cocok untuk tamu undangan yang tidak punya smartphone dan internet.
  • Memerlukan koneksi internet.
  • Banyak yang menganggap kurang sopan dan informal.

Undangan digital juga tersedia dalam beberapa macam karena memanfaatkan media digital. Saat ini terdapat 3 jenis undangan digital yang banyak digunakan yaitu undangan gambar, video, dan website.

1. Undangan Digital Gambar (JPG/PNG)

Jenis undangan digital yang pertama adalah undangan digital gambar. Sesuai dengan namanya, undangan ini menggunakan media gambar yang berekstensi JPG atau PNG.

Jenis undangan digital gambar ini bisa mudah kamu buat, misalnya di software Adobe Photoshop dan Canva. Anda juga bisa download template undangan pernikahan di internet.

Ukuran undangan gambar lebih kecil dibandingkan dengan undangan video, sehingga sangat mudah disebar. Kamu dan tamu undangan tidak perlu banyak kuota internet untuk membuka dan menyebarkannya.

Namun informasi yang ditampilkan dalam undangan gambar ini sangat terbatas seperti halnya pada undangan cetak. Hal ini tentu saja sesuai dengan harga undangan gambar yang lebih terjangkau dari undangan digital yang lainnya.

2. Undangan Digital Video

Sesuai dengan namanya, jenis undangan ini dibuat dengan memanfaatkan media video. Tentu saja jenis undangan digital ini punya banyak keunggulan dibandingkan dengan undangan cetak dan gambar.

Salah satu keunggulan dari undangan digital video ini adalah desainnya yang sangat menarik dan elegan. Informasi yang diberikan dalam undangan ini juga lebih banyak karena menyesuaikan dengan durasi videonya.

Namun untuk menyebarkan undangan video ini kamu butuh koneksi internet yang lebih besar dan stabil. Begitu juga dengan tamu undangan sebagai penerimanya.

Berikut ini adalah salah satu contoh dari undangan digital video. Contoh lainnya bisa kamu lihat di katalog Nikahasik.

3. Undangan Digital Website

Kalau informasi pernikahan ingin ditampilkan dengan sangat lengkap dalam undangan, kamu bisa buat undangan digital website. Selain itu, cara menyebarkan undangan ini sangat mudah.

Salah satu hal yang menarik dari undangan digital website ini adalah sangat interaktif. Tamu bisa langsung memberikan ucapan selamat di dalam undangannya langsung.

Bahkan tamu bisa konfirmasi kehadiran di momen pernikahan kamu atau tidak.

Contoh website undangan pernikahan bisa kamu lihat di bawah ini. Klik Live Preview untuk lebih lengkapnya. Contoh lengkapnya bisa kamu lihat di katalog Nikahasik.

Contoh Jenis Undangan Pernikahan Website
Live Preview

Tentukan Undangan Terbaikmu

Untuk meminimalisir budget, buat saja undangan cetak dengan jumlah yang sedikit. Undangan ini kamu berikan ke tamu yang memang tidak punya smartphone atau koneksi internet.

Baca juga: Jasa Buat Undangan Digital Harga 100 Ribuan

Sementara untuk tamu yang lainnya kamu buat undangan digital. Karena undangan website ini bisa kamu sebar ke banyak tamu tanpa batas. Kamu hanya buat satu undangan, namun bisa dikirim ke banyak tamu sekaligus.

Demikianlah ulasan kami kali ini tentang jenis undangan pernikahan dan harganya yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang akan segera menikah dengan budget yang tidak terlalu besar.

Leave a Comment