Lebih Bagus Vivo Oppo Atau Realme? Awas Jangan Salah Pilih

Lebih Bagus Vivo Oppo atau Realme – Vivo, Oppo, dan Realme menjadi smartphone yang saat ini memiliki pangsa pasar cukup besar di Indonesia. Bagi yang ingin membeli HP baru, tentu mereka ingin memilih HP yang punya kualitas terbaik.

Perlu diketahui bahwa Vivo, Oppo, dan Realme ketiganya berada di bawah perusahaan induk yang sama yaitu BBK Electronics. Perusahaan multinasional ini berada di Guangzhou, Tiongkok. Jadi saat memilih ketiga brand tersebut, kamu tetap membeli HP Cina.

Namun jangan salah dulu ya karena admin sendiri adalah penggemar setia HP China. Karena harganya relatif murah, namun spesifikasinya cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Lebih Bagus Vivo Oppo atau Realme

Meskipun berada di bawah perusahaan yang sama, namun ketiga brand tersebut punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Terdapat tiga parameter yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan apakah lebih bagus Vivo Oppo atau Realme.

Berikut ini Cecepkocep rangkum perbandingan antara HP Vivo, Oppo, dan Realme.

1. Brand Image

Ketiga brand smartphone tersebut memiliki brand image atau citra merek yang berbeda-beda. Kampanye branding yang dilakukan oleh Oppo lebih ambisius dengan menggandeng artis-artis papan atas Tanah Air.

Pada awal kemunculannya di Indonesia, Oppo juga sering beriklan di Televisi. Hal ini sangat wajar mengingat Oppo menjadi brand smartphone asal Tiongkok yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2013 lalu.

Popularitas HP Android saat ini belum seperti sekarang. Oppo harus head to head dengan brand besar yang telah lama masuk  ke Indonesia yaitu Samsung. Tidak heran jika Oppo menjadi alternatif HP Android yang bagus dan murah dibandingkan Samsung.

Baca juga: Oppo Vs Vivo Bagus Mana?

2. Varian

Awalnya Oppo punya memiliki banyak varian atau seri seperti Oppo A Series, F Series, Find X, hingga Reno. Brand ini juga punya seri untuk di semua segmentasi pasarnya mulai dari entry level hingga flagship.

Namun sekarang ini Oppo hanya mengunggulkan dua seri saja yaitu Oppo Reno dan Oppo A Series.

Sementara kompetitornya yaitu Vivo hadir dengan berbagai versi seperti Vivo Y Series, V Series, dan X Series. Setiap series disesuaikan dengan segmentasi pasarnya.

Vivo Y Series adalah varian termurah yang cocok untuk pasar kelas menengah ke bawah. Vivo V Series untuk kalangan menengah dan Vivo X Series sebagai ponsel flagship andalannya. Tapi untuk seri flagship dari Vivo ini masih terbatas.

Bagaimana dengan Realme?

Realme pertama kali rilis di Indonesia dengan Realme C series untuk entry levelnya. Kemudian ada Realme seri utama dan seri Narzo untuk para pecinta game.

Realme belum memiliki seri flagship seperti halnya Oppo atau Vivo. Hal ini wajar saja karena Realme menyasar pangsa pasar yang low budget.

3. Kualitas Kamera

Banyak orang yang menganggap jika kamera yang dimiliki Oppo lebih baik ketimbang Vivo dan Realme. Bahkan seri atas HP Oppo punya fitur kamera yang sangat bagus.

Bila kamu adalah peminat smartphone photography, Oppo adalah pilihan terbaik. Karena kualitas dan fitur kamera brand ini jauh di atas standar.

4. Spesifikasi

Untuk spesifikasi disesuaikan dengan harga produknya. Sebagai HP yang low budget, Realme menggunakan chipset Helio dari Mediatek atau Unisoc yang merupakan prosesor khusus untuk entry level.

Vivo dan Oppo juga menggunakan chipset Helio dari Mediatek untuk ponsel entry level-nya. Sementara untuk seri menengah ke atas menggunakan chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon. Chipset ini jauh lebih baik dibandingkan dengan chipset lainnya.

Agak sulit ya untuk melihat perbandingan spesifikasi untuk ketiga smartphone tersebut. Karena spesifikasi ini sangat erat kaitannya dengan harga.

5. Harga

Perbandingan terakhir bisa dilihat dari sisi harga. Sebagai brand yang mengusung HP murah, HP Realme tentu saja lebih murah dibandingkan Oppo atau Vivo.

Sebagai perbandingan kita ambil saja Oppo A16, Vivo Y15S, dan Realme C21Y. Oppo A16 dan Vivo Y15S punya spek RAM 3GB dan ROM 32 GB dengan harga jual hampir sama yaitu Rp1,9 jutaan namun Oppo sedikit lebih unggul.

Sementara Realme C21Y punya spesifikasi RAM 4GB dan ROM 64 GB yang dijual dengan harga Rp1,8 jutaan. Dengan harga yang lebih murah, Realme menawarkan kapasitas RAM dan ROM yang lebih besar. Namun bagaimana dari sisi chipset yang digunakannya?

Realme C21Y memakai Unisoc T610, Oppo A16 memakai chipset Helio G35, sementara Vivo Y15S memakai Helio P35. Dari ketiga chipset ini, Unisoc T610 lebih baik dibandingkan dengan Helio G35 dan Helio P35.

Namun Unisoc T610 lebih gampang panas dibandingkan kedua chipset yang dipakai Oppo dan Vivo. Jadi secara harga dan performa Realme sedikit lebih diunggulkan.

Baca juga: Oppo Vs Vivo Vs Xiaomi Bagus Mana?

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas kamu sudah bisa menilai Lebih Bagus Vivo Oppo atau Realme. Dari sisi performa dan harga, Realme sedikit lebih unggul dari Oppo dan Vivo. Namun bila kamu ingin HP dengan kamera terbaik, Oppo dan Vivo adalah opsi terbaik.