Kuliah Atau Kerja Setelah Lulus SMK? Ini Pertimbangannya

Buat kalian yang akan lulus dari SMK mungkin masih bingung apakah setelah lulus itu langsung kerja atau lanjut kuliah. Memang perlu pertimbangan yang matang untuk menentukan apakah kuliah atau kerja setelah lulus SMK nanti.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memang dirancang untuk bekerja setelah lulus. Namun hal ini tidak bisa menjadi penghalang bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke bangku perkuliahan.

Pertimbangan Kuliah atau Kerja Setelah Lulus SMK

Terdapat beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan ketika menentukan karir kamu setelah lulus kuliah. Simak ulasan cecepkocep berikut ini.

1. Penghasilan Sendiri vs Menambah Beban Pengeluaran

Kalau setelah lulus kamu bekerja, kamu akan punya penghasilan sendiri meskipun dengan gaji yang tidak terlalu besar. Karena gaji untuk seorang lulusan SMK relatif lebih kecil dibandingkan lulusan kuliah sarjana S1.

Kisaran gaji untuk lulusan SMK/SMA sekitar Rp2 juta sampai Rp2,8 juta. Sementara untuk Sarjana bisa lebih dari itu yaitu di kisaran Rp3 juta lebih.

Namun ketika kamu memutuskan kuliah, kamu harus mengeluarkan biaya lagi selama 4 tahun untuk jenjang S1. Uang yang perlu kamu siapkan tentu akan lebih besar jika kuliahnya di universitas swasta.

2. Kondisi Finansial

Kalau bekerja sudah pasti kamu akan mendapatkan gaji dan akan ada pemasukan setiap bulannya. Kamu sudah bebas mengatur keuangan pribadi untuk keperluan apapun. Misalnya digunakan untuk menabung, biaya hidup, dan kebutuhan lainnya.

Tapi kalau kuliah, kamu tidak akan memperoleh penghasilan sendiri. Kamu masih harus bergantung pada uang bulanan yang diberikan oleh orang tua. Uang yang dikasih juga digunakan untuk berbagai hal seperti beli buku, bayar kosan, dan sebagainya.

3. Jenjang Karir

Memang tidak bisa dibantah lagi kalau dunia pekerjaan itu semakin kesini semakin ketat. Kalau kamu hanya mengandalkan ijazah SMK saja, karir kamu cenderung akan stagnan dan sulit mengalami kenaikan.

Lulusan kuliah S1 juga sulit untuk memperoleh pekerjaan, namun kamu sudah punya jenjang karir yang lebih jelas.

Baca juga: Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK Teknik Mesin & TKR

Solusi Untuk Kamu yang Ingin Kuliah

Masalah yang biasanya mereka miliki yaitu ingin kuliah, namun tidak tersendat dengan biaya. Berikut ini cecepkocep berikan solusi untuk kamu yang ingin kuliah namun ingin kuliah.

1. Kerja Sambil Kuliah

Kamu bisa kuliah tanpa harus membebani orang tua. Ya, kamu bisa menempuh pendidikan kuliah sambil bekerja. Namun pekerjaan yang kamu ambil harus sesuai dengan jadwal kuliah.

Kamu bisa bekerja secara paruh waktu atau menjadi seorang freelancer yang pekerjaannya bisa disesuaikan. Sehingga kamu tetap bisa bekerja tanpa harus mengganggu waktu kuliah atau bekerja.

Kalau tidak bisa mengikuti kuliah di kelas reguler, kamu bisa memilih kelas khusus untuk karyawan. Biasanya kelas karyawan ini akan melakukan perkuliahan di hari Minggu.

Untuk mempermudah perkuliahan, pastikan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu tekuni. Sehingga potensi kamu kamu untuk terus meningkat akan lebih besar.

Untuk masalah finansial, jangan lupa untuk menyisihkan 40% gaji kamu untuk kebutuhan kuliah. Karena biaya kuliah yang harus kamu keluarkan itu bukan untuk semesteran saja, namun juga untuk kebutuhan yang lainnya.

2. Ikut Program Beasiswa

Kalau motivasi setelah lulus SMK sangat kuat, masalah dana sebetulnya bisa diatasi. Selain kuliah sambil kerja, kamu bisa mengikuti program beasiswa. Sekarang sudah banyak lembaga masyarakat maupun pemerintah yang menyediakan program beasiswa untuk kuliah.

Beberapa contohnya adalah beasiswa Bidikmisi atau Djarum Beasiswa Plus. Informasi mengenai beasiswa ini cenderung tidak akan tersebar luas, jadi kamu harus mencarinya sendiri dari berbagai sumber.

Ada program beasiswa yang menanggung 100 persen penuh untuk pendidikan S1 sampai dengan lulus. Jadi kamu tinggal fokus saja kuliah untuk memperoleh nilai terbaik dan lulus tepat waktu 4 tahun.

Baca juga: Jurusan Kuliah untuk Anak SMK Akuntansi

Kesimpulan

Semoga penjelasan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kamu yang masih bingung apakah harus kuliah atau langsung kerja setelah lulus nanti. Saran kami jangan tergesa-gesa dalam memutuskan karena hal ini akan menyangkut karir kamu di masa depan.

Pendidikan yang tinggi memang tidak dapat menjamin kesuksesanmu di masa depan, namun punya prospek yang lebih baik ketimbang bekerja dari lulusan SMK. Jadi pertimbangkan dengan matang apakah kamu harus kuliah atau kerja setelah lulus SMK nanti.

Cecep Suparman, founder website cecepkocep.com yang menyukai dunia teknologi dan mobile games. Mulai terjun ke dunia blogging tahun 2018 dan masih tetap eksis sampai sekarang.

You May Also Like