Kenapa Kamera Depan Tidak Bisa Digunakan?

Kenapa Kamera Depan Tidak Bisa Digunakan? Ada banyak faktor yang membuat hal tersebut bisa terjadi. Meskipun Anda memakai smartphone dengan kamera depan yang canggih, masalah tersebut bisa terjadi kapan saja. Jadi sebaiknya Anda tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Kamera smartphone keluaran terbaru sudah hampir mendekati sempurna untuk kebutuhan fotografi. Jangankan untuk kamera utama, kamera depan atau kamera selfienya saja sudah canggih. Kualitas foto yang dihasilkan hampir sama baiknya dengan kamera utamanya.

Kenapa Kamera Depan Tidak Bisa Digunakan?

Ada banyak penyebab masalah tersebut bisa terjadi pada smartphone merk apapun baik di Android maupun iPhone. Namun ada tiga penyebab utama kenapa kamera depan tidak bisa digunakan. Simak masing-masing penyebabnya berikut ini.

1. Aplikasi Kamera Sedang Error

Penyebab kenapa kamera depan buram atau tidak bisa digunakan disebabkan oleh aplikasi kamera yang sedang error. Hal tersebut biasanya terjadi karena banyak file sampah yang terdapat pada media penyimpanan smartphone yang Anda pakai.

2. Bug Pada Sistem Smartphone

Penyebab lain kenapa kamera depan HP Vivo tidak bisa digunakan adalah sistem smartphone terdapat bug. Hal tersebut biasanya bisa terjadi karena sistemnya masih lawas atau sudah kadaluarsa. Jadi solusinya Anda harus upgrade sistem tersebut ke versi yang terbaru.

3. Komponen Kamera Rusak

Penyebab selanjutnya kenapa kamera depan tidak bisa digunakan adalah ada komponennya mengalami kerusakan. Misalnya karena terjadi benturan, kemasukan air, atau juga korsleting.

Baca juga: Cara Melacak HP Samsung yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara Mengatasi Kamera Depan Tidak Bisa Digunakan

Kenapa Kamera Depan Tidak Bisa Digunakan
Kenapa Kamera Depan Tidak Bisa Digunakan

Dari penjelasan di atas Anda sudah tahu penyebabnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini cecepkocep rangkum cara mengatasi kamera depan tidak bisa digunakan.

1. Force Close dan Hapus Data

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kamera depan tidak bisa digunakan adalah dengan force close dan hapus data. Dengan cara ini Anda harus memberhentikan kamera secara paksa dengan menghapus semua cache atau file sampah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Masuk ke menu Setting atau Pengaturan di smartphone.
  • Pilih Setelan Tambahan dan pilih Manajemen Aplikasi.
  • Kemudian cari aplikasi Kamera atau Camera.
  • Terakhir pilih opsi “Paksa Berhenti” atau “Force Close”, lalu pilih opsi “Hapus Data”.

2. Restart Smartphone

Cara mengatasi kamera depan tidak bisa digunakan yang selanjutnya yaitu dengan restart. Dengan melakukan restart, maka kinerja smartphone akan disegarkan. Dengan demikian kamera depan smartphone juga akan terefresh dan kinerjanya bisa lebih optimal lagi.

3. Update Sistem Operasi

Jika masih tidak bisa digunakan, langkah selanjutnya yang dapat Anda coba yaitu dengan update sistem operasi. Melakukan pembaharuan sistem operasi sangat penting, namun banyak orang yang menghiraukannya dengan alasan datanya besar.

Padahal dengan upgrade sistem ini akan meningkatkan dan memperbaiki kinerja smartphone Anda termasuk kamera. Selain itu pembaruan sistem ini juga akan disertai dengan update sistem keamanan. Berikut langkah-langkah melakukan pembaharuan sistem operasi.

  • Masuk ke menu Pengaturan dan temukan menu Tentang Ponsel.
  • Jika sistem pembaruan tersedia, segera untuk download dan memasangnya beberapa saat.

4. Setelah Ulang Pabrik

Cara ini termasuk ekstrim karena akan menyetel smartphone Anda ke setelan awal atau pas pertama beli smartphone. Nantinya seluruh data di smartphone akan terhapus. Oleh sebab itu pastikan untuk backup data terlebih dahulu sebelum melakukan setelan ulang pabrik.

Berikut ini langkah-langkah cara mengatasi kamera depan tidak bisa digunakan dengan reset ulang pabrik.

  • Masuk ke menu Pengaturan dan tap Setelah Tambahan.
  • Kemudian tap bagian Cadangkan & Setel Ulang.
  • Lalu tap Kembalikan ke setelan pabrik.
  • Tap setel ulang telpon.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.

5. Bawa Ke Jasa Service

Dari penjelasan di atas bahwa penyebab kenapa kamera depan tidak bisa digunakan adalah komponen yang rusak. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus membawanya ke jasa service HP terdekat.

Bawalah smartphone ke store resminya. Misalnya Anda memakai HP Samsung, maka bawa ke official store resmi Samsung.

Baca juga: Kenapa Data Seluler Tidak Bisa Digunakan Padahal Sudah Diaktifkan

Akhir Kata

Itulah beberapa penyebab kenapa kamera depan tidak bisa digunakan. Dari penjelasan di atas Anda juga sudah tahu cara mengatasi kamera depan tidak bisa digunakan. Semoga bermanfaat.

Kenapa Kamera Depan Tidak Bisa Digunakan
Next Post

No more post