Kenapa Data Seluler Tidak Bisa Digunakan Padahal Sudah Diaktifkan

Kenapa data seluler tidak bisa digunakan padahal sudah diaktifkan? Ada beberapa problem kenapa hal tersebut bisa terjadi pada smartphone yang Anda pakai.

Hal seperti ini tentu sangat menjengkelkan karena Anda tidak bisa mengakses internet. Sementara itu banyak aplikasi yang memerlukan koneksi internet agar bisa berjalan seperti WhatsApp, Instagram, dan TikTok.

Kenapa data seluler tidak bisa digunakan padahal sudah diaktifkan?

Berikut ini adalah beberapa penyebab Kenapa data seluler tidak bisa digunakan padahal sudah diaktifkan dan cara mengatasinya.

1. Kartu SIM Belum Terdaftar

Penyebab pertama kenapa data tidak bisa digunakan adalah kartu SIM yang Anda pakai belum terdaftar. Pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan bahwa setiap orang yang membeli dan memiliki kartu SIM harus mendaftarkan biodata dirinya terlebih dahulu.

Jika belum didaftarkan, kartu SIM tidak bisa digunakan untuk apapun termasuk untuk internetan. Jadi Anda harus mengaktifkan kartu SIM terlebih dahulu dengan mendaftarkan biodata terlebih dahulu.

Sebelum melakukan pendaftaran, Anda harus mempersiapkan NIK dan nomor KK terlebih dahulu.

Biasanya ketika pertama kali memasukkan kartu SIM ke dalam smartphone, Anda akan memperoleh notifikasi untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Jika Anda memperoleh notifikasi begitu, ikuti prosesnya hingga selesai.

Jika tidak ada, kamu bisa melakukan registrasi terlebih dahulu melalui SMS ke nomor 4444. Dilansir dari situs kominfo.go.id, berikut adalah format penulisan registrasi kartu SIM baru melalui SMS:

  • Indosat, Smartfren, dan Tri: NIK#Nomor KK
  • XL Axiata (XL dan Axis): DAFTAR#NIK#Nomor KK
  • Telkomsel: REG#NIK#Nomor KK

2. Tidak Ada Sinyal

kenapa data seluler tidak bisa digunakan padahal sudah diaktifkan
kenapa data seluler tidak bisa digunakan padahal sudah diaktifkan

Penyebab lain kenapa data seluler tidak bisa digunakan padahal sudah diaktifkan adalah tidak ada sinyal. Ketika Anda berkunjung ke daerah-daerah tertentu, tiba-tiba tanda seluler di smartphone akan hilang. Padahal sebelumnya telah diaktifkan.

Hal ini biasanya jaringan seluler yang Anda gunakan memang tidak bisa menjangkau lokasi yang saat ini Anda kunjungi. Solusinya, cobalah untuk berpindah posisi beberapa meter dari lokasi Anda saat ini.

Jika data seluler sudah muncul kembali, maka posisi tersebut telah dijangkau oleh jaringan seluler dari operator yang Anda pakai. Namun jika masih juga belum bisa, maka sudah dipastikan jika daerah yang Anda kunjungi saat ini tidak dapat dijangkau oleh jaringan seluler dari operator yang Anda pakai.

Anda bisa menggunakan kartu SIM dari operator lain yang memang sudah menjangkau area yang Anda singgahi sekarang. Karena masih ada beberapa daerah yang belum terjangkau dengan jaringan seluler operator. Biasanya hal ini terjadi di daerah-daerah pelosok yang memang sangat sulit untuk dijangkau.

Baca juga: Penyebab HP Sering Kembali Sendiri

3. APN Hilang atau Berubah

Access Point Name (APN) adalah protokol yang memungkinkan smartphone tervalidasi untuk mengakses internet. Dengan begitu Anda bisa memakai jaringan internet yang disediakan oleh operator.

APN ini secara otomatis akan diatur oleh pihak operator supaya penggunanya bisa mengakses jaringan internet. Tapi terkadang ada aplikasi atau Anda sendiri mungkin pernah mengotak-atik data APN ini. Sehingga Anda tidak bisa terhubung dengan jaringan internet.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ubah kembali APN ke mode otomatis supaya langsung sesuai dengan pengaturan sistemnya. Namun jika ingin menggantinya secara manual, Anda bisa mengikuti sesuai dengan data yang diberikan oleh pihak operator.

4. Koneksi Jaringan Bermasalah

Tanda seluler seperti 4G+, 4G, H, dan 3G terkadang akan hilang dari status bar HP yang Anda pakai. Jika hal ini terjadi, Anda tidak bisa mengakses internet. Masalah ini terjadi karena gangguan dari pihak operator itu sendiri.

Hal tersebut terjadi dalam waktu beberapa menit, jam, atau hari tergantung dari tingkat masalahnya. Untuk mengetahui apakah sudah normal atau belum, Anda bisa masuk ke mode airplane terlebih dahulu dan aktifkan kembali mode data seluler.

Jika masih tidak bisa, berarti jaringan dari operator masih mengalami masalah. Anda harus menunggunya hingga kembali normal.

5. Sistem Operasi Bermasalah

Penyebab selanjutnya kenapa data seluler tidak bisa digunakan padahal sudah diaktifkan adalah sistem operasi smartphone Anda bermasalah. Untuk mengatasinya, Anda bisa restart smartphone terlebih dahulu.

Jika masih tidak normal, kamu bisa melakukan Factory Resets sebagai jalan terakhirnya. Namun sebelum melakukannya, backup data smartphone Anda terlebih dahulu. Karena metode ini akan menghapus semua data yang ada di smartphone Anda.

6. Kerusakan Hardware

Penyebab kenapa data seluler tidak bisa digunakan padahal sudah diaktifkan juga bisa disebabkan oleh hardware smartphone Anda yang mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi, Anda bisa langsung ke Service Center merk smartphone yang Anda pakai.

Pihak teknisi akan mengecek secara menyeluruh mengenai masalah yang terjadi pada smartphone yang Anda pakai. Jika ada bagian yang mengalami kerusakan, Anda akan dihubungi oleh Service Center tersebut untuk menggantinya dengan harga tertentu.

Namun kamu tidak harus membayarnya jika memang masih ada garansi dari smartphone yang Anda pakai.

Baca juga: Kenapa Bluetooth Tidak Bisa Dimatikan?

Akhir Kata

Itulah beberapa penyebab kenapa data seluler tidak bisa digunakan padahal sudah diaktifkan dan cara mengatasinya. Tentu saja banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi dan Anda harus menganalisisnya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.