Kenapa Bluetooth Tidak Bisa Dimatikan? Ini Penyebabnya

Kenapa bluetooth tidak bisa dimatikan? – Saat ini telah banyak perangkat elektronik yang memanfaatkan bluetooth agar terhubung dengan perangkat lain. Namun terkadang ada kendala dimana bluetooth tidak bisa dimatikan.

Bluetooth menjadi salah satu fitur yang sudah hampir dimiliki oleh perangkat smartphone baik yang berbasis Android maupun iOS. Fungsinya sangat vital, salah satunya untuk mengirimkan data ke smartphone lain.

Keberadaan fitur bluetooth ini juga sangat penting untuk menghubungkan perangkat lain misalnya laptop. Perangkat ini bisa dihubungkan dengan mouse atau speaker dengan memanfaatkan bluetooth.

Kenapa Bluetooth Tidak Bisa Dimatikan?

kenapa bluetooth tidak bisa dimatikan

1. Ada Aplikasi yang Tersambung

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bluetooth tidak bisa dimatikan. Salah satunya adalah ada aplikasi yang memerlukan bluetooth. Sehingga bluetooth akan terus aktif dan tidak dapat digunakan.

Saat ini banyak pengguna yang mengalami hal seperti ini. Misalnya aplikasi Share It sangat memerlukan konektivitas bluetooth untuk proses pengiriman file. Aplikasi lain seperti Mi Share, Realme Share, dan aplikasi lainnya juga memerlukan koneksi Bluetooth.

Baca juga: Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Samsung J2 Prime

2. Bug Pada Sistem Operasi

Faktor lainnya yang menjadi masalah mengapa bluetooth tidak bisa dimatikan adalah bug pada sistem operasi yang dipakai. bug ini akan mengakibatkan bluetooth sangat sulit dimatikan.

Bug ini bisa terjadi pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS. Jadi permasalah bug ini tidak hanya untuk Android saja, namun iPhone juga bisa mengalami hal yang sama.

3. Ada Perangkat yang Tersambung

Seperti kita ketahui sekarang telah banyak perangkat yang menggunakan koneksi bluetooth agar  tetap terhubung dengan smartphone atau laptop. Misalnya adalah headset, speaker, dan printer.

Sekarang menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lain tidak lagi memerlukan kabel. Dengan memanfaatkan bluetooth hal seperti itu bisa dilakukan dengan mudah.

Jika ada perangkat yang sudah terhubung, bluetooth tidak akan bisa dimatikan. Namun hal ini juga bisa disebabkan oleh error atau bug pada perangkat yang digunakan. Sehingga bluetooth tidak bisa mati.

Cara Mematikan Bluetooth Yang Tidak Bisa Dimatikan

Dari penjelasan kamu sudah tahu penyebab kenapa bluetooth tidak bisa dimatikan ya. Sekarang bagaimana cara mematikan bluetooth yang tidak bisa dimatikan itu? Berikut ini telah Cecepkocep.com rangkum solusinya.

1. Restart Smartphone

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan restart HP yang terhubung dengan perangkat lain. Lakukan langkah ini jika bluetooth memang tidak bisa dimatikan dengan tap toggle bluetooth di HP.

Restart menjadi langkah yang pasti untuk mengembalikan aktivitas seperti semula. Karena dengan melakukan restart, sistem maupun aplikasi akan berhenti sementara dan akan kembali seperti semula. Bisa dikatakan bahwa restart adalah cara paksa supaya bluetooth mati dan tidak terhubung.

2. Update Sistem Operasi Smartphone

Cara lainnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan update sistem operasi yang digunakan. Silahkan pergi ke Pengaturan HP yang kamu gunakan lalu cari Software update dan pasang sistem operasi versi terbaru.

3. Reset Pengaturan Jaringan

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mereset pengaturan jaringan. Langkah ini berbeda dengan reset ulang ya karena cara ini hanya akan membuat pengaturan jaringan seperti semula.

Caranya sangat mudah dimana kamu tinggal peri ke Pengaturan, tap atur ulang jaringan, dan pilih reset. Dengan langkah ini, seharusnya bluetooth yang tidak bisa mati bisa diatasi dan bisa kembali secara normal.

Baca juga: Cara Merubah Jaringan 4G Ke 5G HP Xiaomi

Akhir Kata

Itulah beberapa alasan kenapa bluetooth tidak bisa dimatikan beserta dengan solusinya. Jadi mulai sekarang kamu tidak perlu panik ketika bluetooth tidak bia dimatikan. Selamat mencoba!