7 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Terdapat beberapa strategi yang bisa kamu lakukan ketika menentukan jurusan kuliah di perguruan tinggi. Salah satunya dengan memilih jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar.

Cara ini bisa kamu terapkan jika ingin lebih mudah diterima oleh perguruan tinggi negeri favorit baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau Ujian Mandiri. Banyak universitas yang menawarkan jurusan peluang besar, namun sepi peminat.

Namun maksud sepi peminat yang dimaksud disini bukan berarti tidak ada persaingannya sama sekali ya. Persaingan akan selalu ada ketika mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi. Namun tingkat persaingannya tidak terlalu besar.

Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Apakah kamu juga ingin memilih jurusan sepi peminat 2021? Tenang saja pada artikel kali ini cecepkocep.com akan merangkum beberapa jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita maupun laki-laki. Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Antropologi Sosial

Kalau kamu punya kemampuan komunikasi yang baik dengan banyak orang, jurusan Antropologi Sosial adalah pilihan yang tepat. Karena di jurusan ini akan mempelajari hubungan antara orang-orang dalam satu kelompok masyarakat dan budaya suatu etnis.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari ketika kuliah di jurusan Antropologi Sosial ini diantaranya adalah Antropologi Pariwisata, Sejarah Teori Antropologi, Kebudayaan Manusia, dan masih banyak lagi.

Selain menawarkan gaji yang besar, prospek kerja untuk lulusan antropologi sosial juga sangat luas. Namun kebanyakan dari mereka bekerja di bidang akademik dan riset seperti jadi peneliti, dosen, wartawan, konsultan masyarakat, dan masih banyak lagi.

Kalau ingin memperoleh gaji yang besar, kamu bisa bekerja menjadi konsultan. Gaji yang akan kamu peroleh per bulannya mulai dari Rp6 jutaan hingga belasan juta rupiah. Profesi sebagai peneliti juga sangat besar.

Beberapa universitas terbaik yang menawarkan jurusan Antropologi Sosial diantaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (UNDIP), dan Universitas Brawijaya (UB).

2. Astronomi

Kenapa jurusan fisika sepi peminat? Mungkin salah satu alasannya karena mereka tidak ingin terlalu fokus pada perhitungan saja. Namun bagaimana jika memilih jurusan yang merupakan turunan dari ilmu Fisika?

Ya, kamu bisa memilih jurusan kuliah Astronomi jika tidak ingin memilih jurusan Fisika Murni. Belum banyak orang yang mengetahui mengenai prospek kerja dari jurusan ini. Selain itu gaji yang ditawarkan oleh perusahaan juga sangat besar.

Astronomi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari alam semesta dan benda-benda langit. Untuk menunjang perkuliahan, kamu wajib punya basic di yang sangat kuat di pada ilmu Matematika dan Fisika.

Beberapa mata kuliah yang harus kamu pelajari selama kuliah di jurusan ini diantaranya adalah Matematika, Kimia Dasar, Mekanika, Astrofisika, Mekanika Benda Langit, Tata Surya, dan masih banyak lagi.

Untuk prospek kerjanya sendiri, kamu bisa bekerja sebagai peneliti di beberapa lembaga pemerintahan seperti BMKG. Gaji yang bisa kamu peroleh untuk peneliti ini juga cukup besar yaitu mulai Rp4 juta hingga Rp33 jutaan per bulannya.

Jika tertarik dengan jurusan Astronomi, hanya ada satu kampus di Indonesia yang menawarkan jurusan ini yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Tidak hanya di Indonesia, jurusan Astronomi ITB ini menjadi satu-satunya jurusan yang ada di Asia Tenggara.

Baca juga: Jurusan Kuliah IPS Yang Menjamin Masa Depan Untuk Perempuan

3. Arkeologi

Arkeologi merupakan jurusan kuliah yang mempelajari tentang manusia pada masa lalu dan masa sekarang dengan peninjauan material yang ada. Dengan begitu, banyak hal yang akan kamu pelajari tentang peninggalan purbakala, artefak, hingga peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari selama kuliah di jurusan Arkeologi diantaranya adalah Paleoantropologi dan Bioantropologi, Keramologi, Peradaban Kuno, dan sebagainya.

Universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan Antropologi juga masih sedikit. Beberapa diantaranya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Udayana.

Setelah lulus dari jurusan Antropologi, kamu bisa bekerja menjadi seorang ahli antropologi, Sejarawan, Penulis, Dosen, dan masih banyak lagi. Sementara untuk gaji seorang arkeolog berkisar Rp4 jutaan hingga Rp7 jutaan per bulan.

Kalau kamu sudah cukup pengalaman di bidang arkeolog, gaji yang akan kamu peroleh akan semakin besar lagi. Kamu bisa memperoleh gaji hingga ratusan juta per bulannya.

4. Oseanografi

Buat kamu pecinta laut bisa kuliah di jurusan Oseanografi yang merupakan cabang dari Ilmu Kelautan. Selama kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar banyak tentang fenomena laut yang kemudian diaplikasikan ke berbagai bidang.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari diantaranya adalah Oseanografi Kimia, Komputasi Oseanografi, Pasang Surut, Selam dan Navigasi Laut, dan masih banyak lagi.

Prospek kerja untuk lulusan jurusan Oseanografi juga sangat luas karena kamu bisa bekerja di berbagai industri yang berhubungan dengan kelautan. Kamu bisa bekerja sebagai surveyor, oceanographer, coastal modeler, dan masih banyak lagi.

Beberapa lembaga swasta maupun pemerintahan juga memerlukan peneliti di bidang oseanografi. Bahkan kamu juga bisa bekerja menjadi tenaga pengajar atau dosen.

Selain menawarkan prospek kerja yang luas, gaji yang ditawarkan oleh perusahaan juga besar. Gaji kamu setiap bulannya bisa menyentuh angka Rp10 jutaan. Sangat besar bukan?

Tertarik untuk kuliah di jurusan Oseanografi? Jika tertarik, ada beberapa universitas ternama yang menyediakan jurusan ini. Diantaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Baca juga: Jurusan Kuliah IPS Yang Tidak Ada Matematika

5. Ilmu Perpustakaan

Siapa bilang kalau jurusan Ilmu Perpustakaan ujung-ujungnya jadi penjaga perpustakaan saja? Pada kenyataannya, mata kuliah yang akan kamu pelajari tidak hanya ilmu perpustakan saja lho!

Selama kuliah di jurusan ini, kamu juga akan belajar banyak tentang arsip dan informasi. Dengan begitu, jurusan Ilmu Perpustakaan ini sangat cocok untuk kamu yang suka sekali dengan data dan selalu berkomunikasi dengan manusia.

Beberapa mata kuliah yang harus kamu pelajari selama kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan diantaranya adalah Administrasi Lembaga Informasi, Sistem Pemberkasan, Sumber dan Jasa Informasi, dan masih banyak lagi.

Jika berbicara tentang prospek kerjanya, setelah lulus nanti kamu tidak akan bekerja jadi penjaga perpustakaan saja. Karena peluang kerja untuk lulusan Ilmu Perpustakaan ini juga sangat luas. Karena hampir semua instansi memerlukan seorang tenaga ahli di bidang kepustakaan dan kearsipan.

Nantinya kamu bisa bekerja menjadi pustakawan, sekretaris, indexer, pemilik percetakan dan penerbitan buku, dan masih banyak lagi. Gaji yang akan kamu peroleh juga tergolong cukup besar.

Untuk seorang pustakawan yang bekerja di lembaga pemerintahan, kamu bisa memperoleh gaji sekitar Rp4 jutaan per bulan. Gaji itu belum termasuk dengan tunjangan dan lain-lain ya.

Jika tertarik dengan jurusan Ilmu Perpustakaan, terdapat beberapa universitas terbaik di Indonesia yang kami rekomendasikan. Beberapa diantaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (UNDIP), dan Universitas Padjadjaran (UNPAD).

6. Ilmu Filsafat

Banyak calon mahasiswa baru yang sudah dibuat stress dengan jurusan yang satu ini. Karena yang akan dipelajari di jurusan Ilmu Filsafat ini adalah hal-hal yang sangat kecil.

Padahal sebenarnya ilmu ini akan mengajarkan kamu untuk menjadi seseorang yang lebih kritis dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi. Bahkan Ilmu Filsafat ini termasuk induk dari segala ilmu. Karena semua hal-hal mendasar yang ada pada manusia akan dipelajari di ilmu ini.

Kajian utama yang akan kamu pelajari selama kuliah di jurusan Ilmu Filsafat ini cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah tujuan kehidupan, esensi manusia, hati nurani, dan moralitas. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang berjiwa pemikir.

Untuk prospek kerjanya, apakah lulusan Ilmu Filsafat hanya menjadi dosen saja?

Tentu saja tidak ya. Kamu bisa saja menjadi konsultan rekrutmen, eksekutif pemasaran, penulis, psikoterapis, maupun pegawai di instansi pemerintahan. Prospek kerja lulusan Ilmu Filsafat sangat luas karena ilmu ini bisa diterapkan di berbagai sektor.

Salah satu universitas terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan Ilmu Filsafat yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca juga: Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS Dengan Gaji Tinggi

7. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menjadi jurusan kesehatan yang sepi peminat tapi peluang kerja besar. Tak hanya menawarkan gaji yang cukup besar, ilmu ini juga sangat penting karena sangat erat kaitannya dengan keselamatan dan kesehatan kerja.

Ilmu yang akan kamu pelajari selama kuliah di jurusan K3 ini adalah keselamatan di dunia kerja. Jaminan hingga aturan yang perlu ditetapkan dan dipatuhi untuk menjamin keselamatan karyawan di perusahaan juga akan kamu pelajari di jurusan K3 ini.

Prospek kerja untuk lulusan jurusan K3 ini sangat luas, terutama industri yang bergerak di bidang konstruksi bangunan, pertambangan gas, dan minyak, dan masih banyak lagi.

Terlebih lagi pemerintah kian tegas dalam menekankan keselamatan karyawan. Bahkan pemerintah tak segan-segan memberikan sanksi ke perusahaan yang tidak menerapkan aturan keselamatan kerja.

Tertarik kuliah di jurusan K3? Beberapa kampus ini bisa kamu pertimbangkan jika tertarik di jurusan ini. Beberapa diantaranya adalah UI, UNAIR, dan UNDIP.

Tentukan Pilihanmu!

Itulah beberapa jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar yang bisa kamu pertimbangkan. Sebaiknya jangan terpaku pada gaji saja dalam menentukan jurusan kuliah. Namun juga pertimbangkan juga minat serta kemampuan yang kamu miliki.

Leave a Comment