7 Jurusan Yang Menjamin Masa Depan Cerah

jurusan yang menjamin masa depan

CECEPKOCEP.COM – Hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk kuliah bukanya modal uang saja. Menentukan jurusan juga penting karena bisa menentukan karir kamu di masa depan. Kamu harus memilih jurusan yang menjamin masa depan yang baik.

Meskipun tidak menjamin kesuksesanmu di masa depan nanti, tapi kamu perlu riset terlebih dahulu. Karena yang menjamin kesuksesan nanti hanya kamu sendiri.

Daftar Jurusan yang Menjamin Masa Depan

Kalau kamu masih bingung mau pilih jurusan apa, kami akan berikan daftar jurusan yang bisa kamu pertimbangkan. Jurusan kami rekomendasikan ini diprediksi memiliki prospek cerah di masa mendatang. Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Jurusan Hukum (Soshum)

Buat kamu yang suka berdiskusi, politik, dan menyimak perkembangan teknologi saat ini bisa mengambil jurusan hukum. Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang hukum ini tidak akan pernah putus.

Pekerjaan sebagai ahli hukum tidak akan tergantikan dengan teknologi canggih sekalipun. Apalagi Indonesia itu termasuk negara yang memang memerlukan dukungan dan reformasi yang sangat serius.

Jika kamu perhatikan, setiap harinya pasti akan ada kasus yang terjadi di Indonesia. Kalau orangnya berkecukupan, mereka akan sidang dan memerlukan seorang pengacara untuk membantunya di persidangan nanti.

Meskipun nantinya kamu tidak jadi seorang pengacara atau jaksa, prospek kerja jurusan hukum masih fleksibel. Kamu bisa menjadi notaris dan konsultan yang terlibat di berbagai LSM.

Berbicara tentang gaji, seorang notaris bisa memperoleh penghasilan yang cukup besar. Apalagi jika kasus yang kamu tangani itu benar-benar serius. Peluang kamu untuk menjadi PNS juga sangat besar.

2. Teknik Sipil

Kalau kamu memang berasal dari jurusan IPA, kamu bisa memilih jurusan Teknik Sipil. Jurusan ini diprediksi bakal memiliki prospek yang cukup cemerlang di masa depan.

Jika kamu perhatikan, saat ini Indonesia tengah banyak melakukan pembangunan infrastruktur untuk kenyamanan masyarakat. Banyak gedung-gedung pencakar langit, jembatan, dan jalan raya.

Untuk melakukan semua itu memerlukan seorang ahli di bidang teknik sipil. Nantinya kamu akan merancang pembangunan hingga pemeliharaan fasilitas umum ketika menjadi seorang ahli teknik sipil.

3. Teknik Informasi

Sebenarnya jurusan ini sangat kompleks karena nantinya kamu akan belajar tentang ilmu komputer, jaringan, software, dan sebagainya. Selama perkuliahan berlangsung, kamu tidak hanya berteori saja, tapi juga praktek.

Jurusan in tidak hanya terpaku pada laki-laki saja, sekarang sudah banyak juga perempuan yang kuliah di jurusan teknik informatika. Tapi sebaiknya kamu memiliki kemampuan matematika dan logika yang bagus ketika kuliah di jurusan ini.

Jika kamu perhatikan sekarang ini sudah banyak startup di Indonesia yang mengandalkan perkembangan teknologi. Perusahaan-perusahaan besar juga sudah harus memanfaatkan perkembangan teknologi ini.

Di era revolusi industri 4.0, seorang ahli ilmu informatika ini sangatlah vital. Banyak perusahaan yang memerlukan orang dari jurusan ini. Meskipun tidak bekerja di perusahaan, kamu bisa bekerja freelance atau membuat aplikasi sendiri.

Ketika kuliah di jurusan ini, lakukanlah yg terbaik karena prospeknya di masa depan sangat menjanjikan.

4. Farmasi

Jurusan ini sangat erat kaitannya dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Sebagian besar mahasiswa yang kuliah di jurusan ini adalah wanita. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang suka bereksperimen.

Prospek dari jurusan ini tergolong cerah karena nantinya kamu bisa menjadi ahli dalam pembuatan obat yang sesuai dengan standar yang telah berlaku. Kamu juga bisa bekerja menjadi apoteker, spesialis kimia, hingga dokter pengobatan preventif.

5. Pendidikan Dokter

Kamu perlu mental yang sangat kuat ketika ingin kuliah di jurusan pendidikan dokter. Bahkan biaya yang kamu butuhkan untuk kuliah di jurusan ini juga tidak main-main.

Kalau ketika SMA kamu menyukai ilmu biologi, jurusan kedokteran ini adalah pilihan yang sangat tepat. Karena nantinya kamu akan mempelajari tentang penyakit pada tubuh manusia dan cara mengatasinya.

Pastikan untuk menguasai ilmu kedokteran dengan baik karena ilmu ini sangat beresiko. Jika kamu gagal, resikonya adalah orang kamu obati itu akan mati atau penyakitnya jadi tambah parah.

Sesudah lulus nanti, kamu bisa bekerja menjadi dokter dengan penghasilan yang tidak main-main. Selain itu dokter juga menjadi profesi yang paling berjasa karena bisa membantu orang lain untuk menghilangkan penyakitnya.

6. Psikologi

Meskipun saat ini teknologi sudah berkembang dengan pesat, tapi tidak bisa bisa menggantikan peran seorang konsultan psikologi. Bahkan perkembangan teknologi lah yang menimbulkan banyak resiko dan peluang baru bagi seorang konsultan psikologi.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu sebelumnya lulus dari jurusan IPS. Prospek kerja dari jurusan ini tergolong cukup cemerlang. Nantinya kamu bisa bekerja sebagai psikolog profesional dengan bayaran yang tinggi. Karena setiap perusahaan dan instansi memerlukan seorang konsultan psikologi.

7. Teknik Mesin

Untuk kamu yang sebelumnya menempuh pendidikan di sekolah STM atau SMK, memilih jurusan teknik mesin adalah pilihan yang tepat. Anak dari jurusan ini biasanya sangat suka dengan praktek.

Sebagian besar universitas di Indonesia sudah memiliki fakultas teknik yang di dalamnya terdapat jurusan teknik Mesin. Jurusan ini memiliki prospek yang sangat cerah karena banyak perusahaan yang menggunakan mesin.

Setelah lulus nanti kamu dapat bekerja di industri transportasi dan industri lainnya. Peranan seorang montir atau ahli mesin sangat diperlukan di setiap perusahaan.

Demikianlah jurusan yang menjamin masa depan yang bisa kamu pertimbangkan ketika ingin kuliah. Jurusan yang kami rekomendasikan tidak sepenuhnya akan menjamin kesuksesanmu di masa depan. Karena banyak faktor yang menentukan kesuksesan seseorang.