Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Salah satu kriteria calon mahasiswa untuk menentukan jurusan kuliahnya adalah dunia kerja. Karena memang ada beberapa jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

Dengan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kebutuhannya, kamu punya kesempatan yang lebih besar untuk mudah dapat pekerjaan. Karena tak sedikit lulusan kuliah yang lama nganggur gak dapat pekerjaan.

Kamu tidak ingin mengalami seperti itu kan?

Jadi memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan dunia kerja memang cukup penting. Namun yang paling penting adalah memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu.

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

Pada artikel kali ini, Cecepkocep akan memberikan beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang punya prospek yang lebih baik di dunia. Namun harus kamu perhatikan bahwa rekomendasi ini tidak menjamin bisa dapat pekerjaan 100 persen.

1. Jurusan Kedokteran

Sampai sekarang Kedokteran masih menjadi jurusan kuliah yang memiliki peminat yang sangat banyak di Indonesia. Alasannya karena lapangan pekerjaan di bidang ini tidak akan pernah sepi.

Jangankan untuk jurusan kedokteran umum, jurusan kedokteran spesilis juga punya prospek yang sangat bagus. Namun sayang biaya kuliah kedokteran sangat tinggi, bahkan bisa mencapai ratusan juta hingga memperoleh pekerjaan.

Belum lagi untuk lolos jurusan ini juga sangat ketat karena peminatnya yang tinggi. Oleh sebab itu kamu harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari jika memang ingin lolos di jurusan favorit ini.

Bila berbicara tentang penghasilan, gaji seorang dokter di Indonesia berkisar puluhan juta per bulannya. Belum lagi kalau kamu membuka praktik di luar pekerjaan utama, pendapatannya akan jauh lebih tinggi lagi.

2. Ilmu Ekonomi

Semua industri dan perusahaan memerlukan seorang perencanaan keuangan. Mereka memerlukan orang yang memang ahli di bidang ekonomi yang biasanya berasal dari jurusan Ilmu Ekonomi.

Sebuah negara saja membutuhkan seorang ahli di bidang perencanaan keuangan. Sri Mulyani yang sempat menjadi Menteri Keuangan dan terkenal jenius juga merupakan lulusan jurusan Ilmu Ekonomi.

Apa mash ragu untuk tidak memilih jurusan Ilmu Ekonomi?

3. Cyber Security

Salah satu cabang studi dari Ilmu bidang Komputer dan Teknologi adalah Cyber Security. Nantinya kamu akan belajar banyak tentang cara memproteksi berbagai bidang industri.

Kamu juga akan mempelajari banyak hal tentang cyber forensic, programming, coding, data structure, dan network penetration testing.

Tak hanya bidang industri saja, pemerintah maupun individu juga memerlukan seseorang yang ahli di bidang Cyber Security. Karena saat ini sudah banyak para hacker yang bisa mencuri data-data seseorang maupun perusahaan.

Prospek pekerjaan untuk jurusan ini sangat baik di masa depan. Ketika sudah lulus nanti, kamu bisa bekerja sebagai Security Analyst, Computer Forensic Analyst, Cyber Intelligence Office, dan pekerjaan pendukung lainnya.

4. Teknik Elektro

Teknik Elektro merupakan jurusan yang sangat cocok untuk kamu yang lulus dari SMK atau STM. Teknik Elektro bukan hanya jurusan kuliah untuk anak SMK atau STM saja, lulusan SMA pun juga bisa kuliah di jurusan ini.

Untuk jurusan teknik sepert Teknik Elektro memang punya prospek yang cukup bagus di masa depan. Karena hampir semua industri pekerjaan, termasuk individu juga punya keterikatan dengan dunia elektronik.

Lulusan jurusan ini tidak hanya bekerja sebagai seorang teknisi saja, kamu juga menjadi seorang ahli robot. Kamu bisa juga bisa berkarir di bidang telekomunikasi setelah lulus nanti.

5. Teknik Informatika

Salah satu jurusan kuliah yang banyak peminatnya di berbagai kampus adalah Teknik Informatika. Salah satu alasannya karena jurusan ini punya peluang kerja yang lebih baik di masa depan.

Meskipun tidak bekerja di perusahaan dengan gaji tetap, kamu bisa juga bekerja sebagai freelancer. Kamu bisa bekerja sebagai web developer, software developer, maupun computer programmer.

Banyak start up yang berasal dari jurusan Teknik Informatika. Karena basic mereka dalam bidang teknologi sangat bagus.

Baca juga: Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA yang Peluang Kerjanya Besar

6. Teknik Mesin

Sejak dulu, kehidupan sudah bergantung pada mesin untuk mempermudah melakukan sesuatu. Bila kamu perhatikan, kebanyak industri perusahaan di dunia sangat bergantung pada mesin.

Tak mengherankan jika Teknik Mesin punya prospek yang sangat bagus di masa depan. Kamu bisa mempertimbangkan jurusan yang satu ini, terutama untuk kamu yang jago dengan ilmu Fisika dan Matematika.

Menariknya lagi, kuliah di jurusan ini akan lebih banyak praktek. Jadi kuliah kamu tidak akan membosankan dengan selalu duduk di bangku kuliah dan banyak baca buku. Namun kamu tentu saja harus tahu dulu kemampuan dasarnya sebelum praktik.

7. Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Banyak yang mengetahui jurusan kuliah yang satu ini dan sangat sepi peminatnya. Memang sih masih belum begitu banyak universitas terbaik di Indonesia yang memiliki program studi Teknik Perminyakan.

Namun jika kamu perhatikan, banyak alumni jurusan ini yang memperoleh gaji yang sangat besar. Mereka biasanya bekerja sebagai ahli tambang, ahli pengeboran, dan teknisi perminyakan di perusahaan-perusahaan besar.

Gaji yang diberikan perusahaan kepada mereka memang sangat besar, namun resikonya tentu saja cukup tinggi. Terlebih banyak perusahaan yang bergerak di bidang perminyakan berada di daerah luar Jawa.

8. Teknik Biomedik

Teknologi di bidang kesehatan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Indonesia juga selalu berinovasi untuk memajukan teknologi di bidang kesehatan. Orang-orang dari jurusan Teknik Biomedik punya peran penting dalam pengembangan ini.

Jurusan ini punya prospek yang sangat bagus dan bisa memperoleh gaji yang sangat besar, terutama di negara-negara maju. Kamu harus punya kemampuan dasar ilmu komputer dan teknik jika ingin kuliah di jurusan Teknik Biomedik.

9. Psikologi

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja yang selanjutnya bisa kamu pertimbangkan adalah Psikologi. Hampir semua industri perusahaan memerlukan orang dari lulusan ini, terutama perusahaan yang sudah berskala besar.

Siapa yang sangka kalau mereka yang lulus dari jurusan Psikologi digaji dengan nilai yang sangat besar. Belum lagi kalau kamu membuka layanan konsultasi sendiri, penghasilan yang akan kamu peroleh akan semakin besar.

Mengetahui kondisi psikologis seseorang sangat penting, terutama perusahaan. Tak heran jika lulusan ini ditempatkan di divisi HRD yang berperan sebagai psikolog untuk memberikan terapi kepada karyawan.

10. Ilmu Hukum

Secara spesifik mereka yang lulus dari jurusan ini adalah menjadi seorang ahli hukum. Karena ketika kuliah di jurusan Ilmu Hukum, kamu akan belajar banyak tentang pidana, perdata, ekonom, dan sebagainya.

Ketika sudah lulus, kamu bisa bekerja sendiri atau di kantor sebagai pengacara besar. Salah satu pengacara terkenal dan punya kekayaan yang sangat besar adalah Hotman Paris.

Apakah seorang sarjana Ilmu Hukum hanya bekerja sebagai hakim atau pengacara saja? Tentu saja tidak.

Banyak perusahaan besar yang membutuhkan seorang legal officer. Tugasnya yaitu untuk mengelola urusan perusahaan yang sangat erat kaitannya dengan hukum. Jadi kamu tak perlu khawatir untuk kuliah di jurusan yang satu ini.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Banyak Praktikum di Indonesia

11. Ilmu Komunikasi

Industri media mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam beberapa tahun ke belakang ini. Tidak mengherankan kalau jurusan kuliah Ilmu Komunikasi sangat diminati oleh banyak calon mahasiswa baru.

Kalau kamu ingin bekerja di bidang media, jurusan ini sangat cocok untuk kamu ambil. Nantinya kamu akan belajar mengenai teori komunikasi, perkembangan media dari masa ke masa, hingga pengaplikasiaannya.

Ketika kuliah di jurusan Ilmu Hukum, kamu juga akan belajar mengenai pers, media massa, hubungan masyarakat, periklanan, dan masih banyak lagi.

Setelah lulus, kamu bisa bekerja di berbagai sektor baik negeri maupun swasta. Belum lagi dunia industri akan terus berkembang, sehingga lulusan Ilmu Komunikasi akan sangat dibutuhkan.

12. Akuntansi

Jurusan yang sangat populer di kalangan calon mahasiswa baru adalah Akuntansi. Terlebih hampir semua kampus di Indonesia memiliki program studi ini. Bahkan banyak universitas terbaik di dunia yang menyediakan jurusan Akuntansi.

Akuntansi menjadi jurusan kuliah untuk anak IPS yang punya prospek cerah di masa depan. Karena hampir semua perusahaan memerlukan akuntan. Nantinya kamu bisa bekerja di perusahaan swasta, lembaga pemerintahan, atau menjadi seorang akuntan publik profesional.

Ketika kuliah di jurusan Akuntansi, kamu akan belajar banyak tentang akuntansi keuangan, akuntansi pemerintahan, sistem administrasi, matematika bisnis, dan pemeriksaan akuntan.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang punya kemampuan bagus di bidang ekonomi dan matematika.

13. Tata Bahasa dan Sastra

Meskipun dipandang sebelah mata, namun jurusan Tata Bahasa dan Sastra juga termasuk jurusan yang dibutuhkan perusahaan. Banyak perusahaan yang memerlukan seorang penerjemah supaya komunikasi mereka dengan perusahaan lain, investor, atau pejabat jadi lebih lancar.

Meskipun tidak bekerja di perusahaan-perusahaan besar, kamu juga bisa bekerja secara online. Banyak orang yang memerlukan penerjemah untuk berbagai keperluan seperti penerjemah subtitle film, komik, dan sebagainya.

14. Desain Komunikasi Visual

Jurusan kuliah Desain Komunikasi Visual atau DKV memiliki peranan yang sangat penting saat ini. Karena lulusan jurusan ini seharusnya bisa menyampaikan pesan dalam bentuk desain.

Pesan yang disampaikan dalam desain itu bisa hanya untuk memberikan informasi, persuasi, bahkan mempengaruhi seseorang. Sekarang adalah eranya visual, tanpa visual yang baik, sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan baik.

Ketika lulus dari jurusan ini, kamu bisa bekerja sebagai desainer grafis, animator, atau desainer produk industri. Pekerjaan untuk jurusan ini sangat kompleks baik menjadi pekerja tetap di perusahaan, freelancer online, atau content creator.

15. Perhotelan dan Pariwisata

Sejak dulu, industri pariwisata memang sangat menjanjikan di dunia. Meskipun saat ini tengah dalam situasi pandemi, namun industri ini masih memiliki banyak peminatnya, terutama di negara-negara maju.

Kamu bisa mempertimbangkan jurusan Perhotelan dan Pariwisata karena jurusan ini punya prospek yang cukup bagus di masa depan. Nantinya kamu bisa bekerja sebagai manajer hotel, pemilik travel agency, pengelola restoran, dan sebagainya.

Baca juga: Alasan Betapa Pentingnya Memilih Jurusan Kuliah

Demikianlah 15 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja yang bisa kamu pertimbangkan. Kami tekankan, dengan mengambil jurusan kuliah di atas tidak menjamin sepenuhnya kalau kamu akan langsung dapat pekerjaan setelah lulus nanti.

Banyak aspek yang membuat kamu bisa diterima di perusahaan, salah satunya adalah keberuntungan. Karena banyak orang yang lulus dari berbagai lulusan, sementara kuota perusahaan untuk karyawan baru sangat terbatas.

Semoga informasi di atas bisa membantu kamu yang memerlukan referensi jurusan kuliah. Tentukan jurusan kuliah dengan penuh pertimbangan karena bagaimanapun juga akan mempengaruhi karir kamu setelah lulus nanti.

Leave a Comment