11 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Setelah lulus nanti kamu pengen kan langsung dapat pekerjaan dan gajinya besar? Ya, ini merupakan idaman semua orang meskipun penuh jalan terjal untuk mencapainya. Jika ingin seperti itu, kamu perlu tahu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi.

Sebaiknya kamu jangan tergiur dengan gajinya yang besar. Ada beberapa aspek yang mesti kamu lakukan dalam menentukan pilihan jurusan kuliah. Menentukan jurusan kuliah itu sangat penting untuk kamu perhatikan.

Daftar Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

Lalu apa saja sih jurusan kuliah dengan gaji yang besar? Simak ulasan Cecepkocep berikut ini.

1. Kedokteran

Kebanyakan orang tua tentu ingin anaknya menjadi seorang dokter. Selain bisa menolong banyak orang, ternyata gaji yang diterima oleh dokter itu sangatlah besar.

Tapi semua itu sepadan ya dengan biaya yang harus kamu keluarkan untuk menempuh perkuliahan. Bahkan bukan hanya saja yang diperlukan, otak juga harus benar-benar siap ketika kuliah di jurusan ini.

Untuk dokter umum biasanya akan memperoleh gaji sekitar Rp10 juta hingga Rp12 juta per bulannya. Sementara untuk dokter spesialis berkisar Rp50 juta hingga Rp100 juta. Gaji tersebut belum termasuk praktek sendiri kalau kamu pengen punya layanan ini.

2. Teknik Perminyakan

Jurusan kuliah yang satu ini belum begitu banyak dikenal oleh calon mahasiswa baru. Sehingga peminat untuk jurusan ini masih relatif sangat sedikit.

Tapi jangan salah kira ya kalau ternyata lulusan jurusan kuliah ini dibayar dengan nilai yang sangat besar. Selain itu pekerjaan ini juga kerap dibutuhkan setiap tahunnya.

Ketika sudah lulus nanti kamu bisa bekerja di perusahaan perminyakan terbesar Indonesia. Misalnya Pertamina, Chevron, atau Conoco Phillips.

Perkiraan gaji yang akan kamu peroleh juga sangat besar. Rata-rata gaji untuk orang yang bekerja di perusahaan perminyakan berkisar Rp8 juta hingga Rp19 juta setiap bulannya.

3. Teknik Pertambangan

Sama seperti teknik perminyakan, teknik pertambangan juga menjadi jurusan yang masih sepi peminatnya. Padahal prospek jurusan ini sangatlah menjanjikan.

Meskipun nantinya kamu tidak bekerja di industri pertambangan, kamu bisa bekerja di industri lain yang masih berhubungan. Misalnya bekerja di industri alat berat, semen, hingga pembangkit listrik.

Perkiraan gaji yang akan kamu peroleh untuk lulusan teknik pertambangan ini berkisar Rp11 juta hingga Rp32 juta.

4. Teknik Geologi

Banyak sekali hal yang harus kamu pelajari ketika kuliah di jurusan Teknik Geologi. Bukan hanya mempelajari tentang minyak, gas bumi, batuan, dan mineral saja.

Nantinya kamu juga akan belajar banyak tentang konstruksi bangunan dan bencana alam yang sering terjadi. Dengan begitu prospek kerja untuk jurusan ini sangatlah luas.

Beberapa perusahaan besar yang menerima jurusan ini diantaranya Freeport, Exxon, dan Schlumberger. Beberapa lembaga pemerintahan Indonesia juga menerima lulusan ini seperti LIPI, ESDM, dan BUMN.

Gaji untuk lulusan teknik Geologi ini berkisar Rp8 juta hingga R25 juta setiap bulannya.

5. Teknik Nuklir

Teknik Nuklir adalah jurusan saintek gaji tinggi. Satu-satunya universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Jurusan dengan gaji fresh graduate tertinggi ini masih sepi peminatnya karena takut dengan efek radiasinya yang berbahaya. Jadi tak heran kalau jurusan Teknik Nuklir ini masih sepi peminat dan gajinya besar.

Untuk kisaran gaji perbulannya sendiri bisa mencapai Rp20. Yakin gak mau kuliah di jurusan saintek gaji tinggi ini?

6. Teknik Penerbangan

Teknik Penerbangan

Di dunia penerbangan, orang yang punya gajinya besar tidak hanya pramugari dan pilot saja. Teknisi pesawat juga dibayar dengan nilai yang cukup fantastis.

Peranan dari teknisi pesawat ini sama pentingnya seperti seorang pilot. Untuk melakukan pengecekkan terhadap pesawat juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Gaji untuk seorang teknisi pesawat ini berkisar Rp20 juta hingga Rp25 juta setiap bulannya.

7. Ilmu Komputer

Saat ini dunia teknologi sudah berkembang dengan pesat. Sehingga pekerjaan sebagai Ilmu Komputer atau ruang lingkup dunia IT sangatlah besar.

Banyak sekali ilmu yang bisa kamu pelajari ketika kuliah di jurusan ini seperti ilmu pemrograman, develop website, buat aplikasi, dan sebagainya. Kamu juga bisa bekerja di perusahaan baik secara full time maupun paruh waktu.

Ilmu Komputer merupakan jurusan dengan gaji fresh graduate tertinggi yaitu berkisar Rp10 juta hingga Rp20 juta.

8. Arsitektur

Pekerjaan yang bergerak di bidang arsitektur tidak akan pernah ada matinya. Karena pembangunan di Indonesia itu terus saja terjadi demi mewujudkan program pemerintah.

Untuk seorang arsitektur dengan pengalaman kerja sekitar satu tahun bisa memperoleh gaji sekitar Rp7 juta setiap bulan. Sementara untuk sekelas manajer bisa mencapai Rp15 juta hingga Rp50 juta setiap bulannya.

9. Ilmu Hukum

pengacara

Ilmu Hukum merupakan jurusan IPS dengan gaji besar. Kamu bisa lihat saja berapa kekayaan yang dimiliki oleh pengacara kondang saat ini yaitu Hotman Paris.

Tapi sayangnya untuk mencari seorang pengacara setelah lulus kuliah itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Kamu tetap butuh jam terbang yang tinggi untuk mewujudkannya.

Sementara untuk gaji yang didapatkan seorang lulusan hukum yang bekerja di firma hukum berkisar Rp5 juta hingga Rp10 juta. Nilai itu akan semakin besar sesuai dengan popularitas firma itu sendiri.

9. Ekonomi

Berbicara tentang jurusan Ekonomi, banyak hal yang akan kamu pelajari. Ilmu ini mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, sehingga prospek kerjanya juga sangat cerah.

Nantinya kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan baik di sektor pemerintahan, sektor swasta, lembaga-lembaga, hingga organisasi publik.

Sementra untuk gaji yang kamu dapatkan juga sangat besar, tergantung dari perusahaan itu sendiri. Ekonomi menjadi jurusan IPS dengan gaji besar yang bisa kamu pertimbangkan.

10. Teknik Kimia

Ilmu Kimia dan Teknik Kimia berbeda ya. Teknik Kimia akan mempelajari lebih banyak ilmu prakteknya ketimbang teori. Prospek kerja untuk jurusan ini juga sangat cerah.

Setelah lulus nanti kamu bisa bekerja di industri obat-obatan, minuman, makanan, dan sebagainya. Rata-rata gaji yang akan kamu peroleh sebagai seorang fresh graduate bisa mencapai Rp5 juta per bulannya.

Tapi kembali lagi ya semua itu tergantung pada tempat perusahaan itu sendiri. Bisa saja kamu memperoleh gaji lebih tinggi atau rendah dari nilai tersebut.

11. Teknik Mesin

Tidak hanya laki-laki saja, sekarang sudah banyak juga wanita yang mengambil jurusan yang satu ini. Kalau sebelumnya kamu lulusan STM dan suka ngoprek mesin, tak ada salahnya untuk mengambil jurusan kuliah ini.

Seorang teknisi sangat dibutuhkan untuk sekarang ini. Apalagi sekarang ini sudah banyak perusahaan yang memproduksi produk dengan mengandalkan mesin.

Gaji yang akan kamu peroleh ketika bekerja sebagai teknisi mesin juga relatif sangat besar. Jadi tak ada salahnya kalau kamu mengambil jurusan kuliah Teknik Mesin ini.

Itulah 11 jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga bisa dijadikan referensi oleh kamu yang tengah menentukan jurusan kuliah terbaik.

Leave a Comment