10 Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Gaji Tinggi Untuk Wanita

Meskipun suatu saat akan menikah, namun seorang perempuan juga harus bisa terbebas dari sisi finansial. Oleh sebab itu sangat penting dalam memilih jurusan sebelum melanjutkan pendidikan. Kamu tentu saja bisa memilih jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita.

Memang banyak hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah. Selain biaya dan skill yang dimiliki, prospek kerjanya juga setelah lulus nanti harus dipertimbangkan.

Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi Untuk Wanita

Berikut ini Cecepkocep berikan rekomendasi beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Pendidikan Kedokteran

Jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan salah satunya adalah Pendidikan Kedokteran. Jurusan ini sangat cocok untuk perempuan yang punya gengsi tinggi karena biaya kuliah kedokteran juga sangat tinggi.

Gaji yang akan kamu dapatkan setelah menjadi dokter memang sangat tinggi. Namun hal itu sesuai dengan proses yang harus kamu jalani setelah kuliah nanti.

Setelah lulus kuliah juga kamu juga harus berjibaku untuk memperoleh STR yang juga memakan banyak waktu. Semakin lama waktu untuk dapat STR, semakin besar biaya yang harus kamu keluarkan.

Namun untuk masalah pekerjaan kamu tidak perlu khawatir karena tenaga kerja kesehatan di Indonesia itu masih sangat diperlukan. Kamu bisa bekerja di rumah sakit maupun membuka praktek sendiri.

Kalau kamu punya biaya yang cukup dan kemampuan yang memadai, jangan sungkan untuk kuliah di jurusan kedokteran. Karena Pendidikan Kedokteran merupakan jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan.

2. Keperawatan

Salah satu jurusan yang sangat populer di kalangan calon mahasiswa baru adalah Keperawatan. Karena jurusan kuliah yang satu ini punya prospek yang sangat bagus untuk seorang wanita.

Kebutuhan industri terhadap perawat masih sangat tinggi, sehingga peluang untuk dapat pekerjaan jadi lebih mudah. Nantinya akan ada banyak rumah sakit maupun klinik yang memerlukan perawat.

Selama menjalani perkuliahan, kamu akan dididik untuk menjadi pelayan kesehatan yang profesional. Kamu tidak hanya akan memperhatikan pasien secara fisik saja, namun juga psikis maupun sosial.

3. Kebidanan

Sama seperti dokter dan perawat, bidan juga masih sangat dibutuhkan sebagai tenaga kerja kesehatan. Apalagi jurusan yang satu ini memang dikhususkan untuk wanita saja.

Setelah lulus nanti kamu bisa menjadi bidan di rumah sakit maupun klinik. Bahkan kamu juga bisa membuka praktek sendiri, namun harus mendapatkan izin praktek terlebih dahulu.

Selama menjalani proses perkuliahan, kamu akan belajar secara teori maupun praktek tentang persalinan. Tak hanya itu, kamu juga akan belajar tentang cara pemeriksaan dan perawatan kehamilan, serta membantu pasien setelah melahirkan.

4. Akuntansi

Jurusan akuntansi tidak hanya tersedia di bangku perkuliahan saja, namun juga SMK. Karena prospek sebagai seorang akuntan itu sangat cerah dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Akuntansi merupakan jurusan kuliah untuk anak SMK akuntansi yang sangat cocok kamu pilih. Tidak hanya dari jurusan SMK akuntansi saja, kalau kamu dari jurusan lain juga bisa masuk ke jurusan favorit yang satu ini.

Setelah lulus nanti kamu akan menjadi akuntan di perusahaan dari perusahaan berskala kecil hingga besar. Karena peran seorang akuntan di setiap perusahaan itu sangat penting.

Namun sebelum memutuskan untuk memilih jurusan kuliah Akuntansi ini, pastikan kamu harus punya skill perhitungan yang baik. Dengan begitu kamu akan lebih lancar ketika menjalani proses perkuliahan dan bekerja nanti.

Selama perkuliahan, kamu akan belajar banyak tentang pencatatan, pembukuan, dan laporan keuangan. Setiap harinya kamu akan selalu berhubungan dengan angka.

5. Tata Rias dan Kecantikan

Tata Rias dan Kecantikan merupakan jurusan yang memang sangat khas dengan wanita. Kalau cita-cita kamu ingin menjadi make up artis yang profesional, masuk jurusan yang satu ini merupakan langkah yang tepat.

Untuk prospek kerjanya setelah lulus juga relatif sangat bagus. Nantinya kamu bisa mendirikan bisnis dengan nama kamu sendiri. Misalnya dengan membuka jasa make up artis yang nantinya bisa masuk ke ranah industri TV.

Selama kuliah nanti, kamu akan belajar mengenai make up dari dasar hingga level lanjutannya. Sehingga ketika lulus nanti kamu sudah siap menjadi seorang perias yang profesional.

6. Matematika

Matematika merupakan jurusan kuliah IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar. Karena kebanyakan orang tidak terlalu suka dengan perhitungan yang rumit, jadi mereka enggan untuk masuk jurusan kuliah ini.

Padahal prospek kerja jurusan Matematika tidak hanya bergelut di dunia pendidikan saja. Kamu bisa bekerja menjadi seorang ahli matematika yang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Dalam ranah bisnis, kamu bisa menjadi seorang business analyst, market researcher, hingga bid gada analyst. Namun kamu harus punya bekal yang bagus di bidang statistika.

Namun tenang saja ilmu ini akan kamu pelajari selama kuliah di jurusan Matematika. Apakah masih ragu untuk memilih jurusan kuliah yang satu ini?

7. Teknik Informatika

Karena ilmu ini tidak terlalu fisikal, kamu bisa mempertimbangkan jurusan kuliah yang satu ini. Nantinya kamu akan belajar komputer dan pemrograman secara lebih mendalam.

Prospek kerja untuk lulusan teknik Informatika juga sangat cerah. Bahkan untuk gaji yang ditawarkannya juga sangat tinggi. Gaji seorang app developer di perusahaan bisa digaji dengan nominal yang sangat tinggi.

Sekarang ini dunia pemrograman tidak hanya didominasi oleh laki-laki saja, tapi juga banyak perempuannya. Karena industri digital ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga memerlukan banyak SDM yang kompeten.

8. Ilmu Komunikasi

Kalau kamu orangnya kreatif dan piawai berkomunikasi, memilih jurusan Ilmu Kreatif adalah langkah yang tepat. Karena kamu melatih kemampuan komunikasi itu baik secara lisan, verbal maupun visual.

Selama proses perkuliahan nanti, kamu akan belajar banyak tentang cara menulis yang baik, berbicara yang baik, dan menciptakan komunikasi visual yang baik juga.

Setelah lulus nanti, kamu bisa bekerja menjadi seorang copywriter, penyiar, MC, jurnalis, desainer grafis, dll. Jadi prospek kerja seorang lulusan Ilmu Komunikasi ini sangat cerah.

9. Tata Boga

Perempuan memang dituntut untuk bisa memasak, jadi memilih jurusan kuliah Tata Boga bisa menjadi langkah yang tepat. Apalagi kalau kamu memang benar-benar suka dunia kuliner, jurusan ini sangat cocok untuk kamu pilih.

Prospek kerjanya setelah lulus nanti juga sangat cerah. Kamu tidak hanya akan memasak di dapur pribadi saja, tapi juga juga bisa di hotel ataupun restoran besar.

Selama kuliah nanti kamu tidak hanya akan diajar memasak biasa saja. Kamu juga akan belajar tentang ilmu gizi, sehingga bisa lebih selektif dalam memilih makanan.

10. Psikolog

Jurusan psikolog sangat cocok untuk perempuan karena mereka biasanya bisa memahami seseorang dengan mudah. Apalagi kalau kamu akan menjadi seorang istri yang tentu saja harus memahami karakter suami dan anak.

Ternyata psikolog tidak hanya diperlukan dalam keluarga saja, tapi juga perusahaan. HRD di setiap perusahaan biasanya berasal dari jurusan psikolog yang harus tahu karakter calon karyawan barunya.

Demikianlah beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita yang bisa kamu jadikan referensi.Meskipun begitu, kamu jangan telan informasi ini secara mentah-mentah.

Karena dalam realitanya banyak hal yang harus kamu lalui sebelum akhirnya bisa bekerja dengan memperoleh gaji yang tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment