10 Jurusan kuliah yang jarang Diminati tapi menjanjikan untuk wanita

Sekarang sudah banyak perguruan tinggi yang menawarkan berbagai jenis jurusan kuliah. Dalam menentukan jurusan, kamu pasti ingin memilih jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita.

Setiap jurusan punya persaingan dan prospek kerja yang berbeda-beda. Jurusan kuliah yang punya prospek kerja yang bagus setelah lulus biasanya persaingannya sangat ketat.

Sebagai alternatif, kamu bisa memilih jurusan kuliah yang sepi peminat. Sehingga potensi kamu untuk masuk perguruan tinggi yang diinginkan lebih mudah.

Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Untuk Wanita

Banyak kampus yang menawarkan jurusan kuliah yang jarang diminati tapi dibutuhkan di dunia kerja. Bahkan jurusan kuliah ini sangat cocok untuk wanita.

Berikut ini Cecepkocep.com rangkum beberapa Jurusan kuliah yang jarang Diminati tapi menjanjikan untuk wanita IPA maupun IPS.

1. Jurusan Bisnis Digital

Dunia digital mengalami perkembangan yang sangat pesat. Apalagi sekarang ini kita sudah berada di industri 4.0 yang berfokus pada dunia digital.

Untuk kamu yang tidak ingin ketinggalan dengan dunia digital bisa kuliah di jurusan bisnis digital. Jurusan ini sangat cocok untuk perempuan karena tidak akan terlalu banyak terjun ke lapangan.

Saat kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar banyak tentang teknologi, digital marketing, startup, dan masih banyak lagi. Kamu akan bergelut dengan dunia digital untuk berbagai kebutuhan, salah satunya bisnis.

Prospek kerja untuk jurusan bisnis digital ini tergolong potensial. Karena sekarang sudah banyak perusahaan yang sudah beralih ke bisnis online yang memanfaatkan teknik digital marketing.

2. Jurusan Manajemen Perhotelan

Khusus untuk kamu yang punya skill bahasa Inggris dan ingin berkarir di bidang pariwisata atau perhotelan bisa kuliah di jurusan manajemen perhotelan. Semua skill kamu bisa tersalurkan dan akan terus berkembang ketika kuliah di jurusan ini.

Selama kuliah di jurusan Manajemen Perhotelan, kamu akan akan belajar banyak tentang perencanaan, pengelolaan, manajemen, hingga pengawasan akomodasi.

Untuk masalah prospek kerjanya kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa bekerja menjadi seorang perencana meeting, food service manager, manajer hotel, manajer penginapan, kepala koki, dan masih banyak lagi.

3. Jurusan Data Manajemen

Sekarang jurusan Data Manajemen menjadi jurusan kuliah yang punya prospek bagus di Indonesia. Karena seorang pengelola data sangat diperlukan di berbagai perusahaan.

Seorang pengelola data mempunyai peranan yang sangat penting di berbagai perusahaan. Saking pentingnya, seorang pekerja ini menjadi kebutuhan pokok yang keberadaannya dirahasiakan.

Untuk kuliah di jurusan Data Manajemen ini kamu akan belajar banyak tentang mengolah data dengan baik dan benar. Oleh sebab itu kamu perlu kemampuan analisis yang baik dan tingkat ketelitian yang sangat tinggi.

Baca juga: Jurusan Kuliah Untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

4. Jurusan Teknik Biomedik

Salah satu jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tapi menjanjikan adalah Teknik Biomedik. Buat kamu yang tertarik dengan ilmu kesehatan dan teknologi kedokteran bisa kuliah di jurusan yang satu ini.

Fokus kamu ketika kuliah di jurusan Teknik Biomedik memang pada sains. Namun kamu juga akan belajar tentang teknologinya, terutama teknologi kedokteran.

Dengan prospek kerja di bidang kesehatan, jurusan Teknik Biomedik sangat cocok untuk perempuan. Apalagi kalau kamu punya hobi dan minat yang tinggi di bidang kesehatan dan teknologi, jurusan ini sangat cocok kamu pilih.

5. Jurusan Nutrisi

Jurusan Nutrisi menjadi jurusan kuliah yang sepi peminat setiap tahunnya. Padahal kebutuhan terhadap seorang ahli nutrisi sangat dibutuhkan terutama di rumah sakit untuk membantu pasien.

Wanita tentu saja punya peluang yang sangat tinggi untuk kuliah di jurusan yang satu ini. Pasalnya wanita lebih mudah peka terhadap suatu kondisi tertentu.

Setelah lulus kuliah dari jurusan ini, kamu bisa bekerja di rumah sakit atau klinik. Gaji yang akan kamu peroleh juga tergolong cukup besar untuk seorang perempuan.

6. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Banyak orang yang menganggap kalau kuliah di jurusan ini ujung-ujungnya akan menjadi penjaga perpustakaan. Tidak heran kalau jurusan Ilmu Perpustakaan menjadi jurusan kuliah yang sepi peminatnya.

Padahal jurusan kuliah ini punya cakupan pembelajaran yang sangat luas. Misalnya kamu akan belajar tentang menyebarkan informasi dan mengelola data dengan baik danĀ  benar.

Jurusan yang satu ini sangat cocok untuk perempuan karena biasanya mereka punya tingkat ketelitian yang tinggi. Kemampuan ini sangat diperlukan karena nantinya akan banyak data yang harus kamu olah.

Untuk prospek kerjanya, kamu tidak hanya bekerja menjadi penjaga perpustakaan saja ya. Prospek kerjanya sangat luas karena hampir semua instansi memerlukan tenaga ahli di bidang kepustakaan dan kearsipan.

Jadi nantinya kamu bisa bekerja menjadi pustakawan, indexer, pemilik percetakan, sekretaris, atau penerbitan buku.

7. Okupasi Terapi

Biasanya di setiap rumah sakit akan mempunyai pusat terapi yang berfungsi untuk proses penyembuhan pasien. Seorang lulusan okupasi terapi tentu saja sangat dibutuhkan di tempat tersebut.

Untuk melakoni pekerjaan tersebut, kamu tentu saja memerlukan kesabaran tinggi. Terlebih lagi minat kamu di bidang kesehatan juga sangat dibutuhkan.

Prospek kerja yang dimiliki oleh lulusan jurusan Okupasi Terapi ini cukup cerah karena hampir setiap rumah sakit membutuhkannya. Selain itu gaji yang akan kamu peroleh juga relatif lebih besar.

Tak hanya itu, Okupasi Terapi juga termasuk pekerjaan jangka panjang. Jadi tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan jurusan kuliah yang satu ini.

8. Jurusan Kesejahteraan Sosial

Program studi kesejahteraan sosial mempunyai peminat yang sepi namun prospek kerjanya cukup potensial. Selama kuliah di jurusan ini kamu akan banyak belajar tentang kajian, pengembangan pemikiran, dan menentukan metode yang tepat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Setelah lulus kuliah dari jurusan Kesejahteraan Sosial, kamu bisa menjadi Corporate Social Responsibility (CSR). Tidak hanya itu, kamu bisa saja menjadi seorang manajer layanan sosial komunikasi di suatu lembaga.

Baca juga: Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

9. Jurusan Bisnis Fashion

Sejak dulu dunia fashion selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Pekerjaan di bidang jasa juga sangat dibutuhkan saat ini. Bahkan sudah banyak perusahaan di bidang fashion yang membutuhkan lulusan bisnis fashion.

Jurusan Bisnis Fashion termasuk jurusan kuliah yang cocok untuk kamu yang tidak suka banyak teori. Karena di jurusan ini kamu akan lebih banyak belajar tentang mengatur bisnis fashion dan perilaku konsumen terhadap fashion.

Prospek kerja untuk lulusan bisnis fashion juga cukup bagus. Selain bisa membuka bisnis sendiri, kamu bisa menjadi seorang visual merchandiser, fashion stylish, hingga desainer terkenal.

10. Jurusan Aktuaria

Aktuaria menjadi salah satu jurusan IPS yang sepi peminat tapi menjanjikan untuk wanita. Aktuaria sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan risiko keuangan di masa depan.

Ilmu Aktuaria ini merupakan kombinasi antara ilmu peluang, Matematika, Statistika, Keuangan, dan Pemrograman Komputer. Khusus untuk kamu yang suka dengan hitung-hitungan sangat cocok kuliah di jurusan Aktuaria.

Tentukan Pilihanmu!

Itulah 10 Jurusan kuliah yang jarang Diminati tapi menjanjikan untuk wanita yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang belum menentukan jurusan kuliah.

Leave a Comment