Jurusan Kuliah Untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Buat kamu yang merasa tidak terlalu pandai dalam memahami bidang tertentu, memilih jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar adalah opsi yang tepat. Apalagi untuk kamu yang tidak punya kemampuan yang bagus di bidang Matematika.

Kuliah dengan jurusan yang tidak sesuai dengan bidang yang kamu miliki akan kesulitan. Jadi kalau misalnya kamu tidak punya kemampuan yang bagus dalam menghitung, sebaiknya hindari jurusan kuliah yang bersinggungan. Kemudian sesuaikan dengan kemampuan dan minat yang kamu miliki.

Jurusan Kuliah Untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Bagi kamu yang merasa tidak terlalu pintar, pilihlah jurusan kuliah yang tidak terlalu menguras otak. Karena banyak jurusan kuliah yang paling santai yang bisa kamu pilih.

Namun tetap saja, meskipun termasuk jurusan kuliah yang santai, kamu harus tetap menjalaninya dengan serius dan penuh perjuangan. Berikut ini cecepkocep.com rangkum macam-macam kuliah untuk kamu yang merasa tidak pintar.

1. Jurusan Sastra dan Bahasa

Buat kamu yang tidak terlalu piawai untuk menghitung dan menganalisis, kuliah di jurusan sastra dan bahasa adalah pilihan yang tepat. Ketika kuliah di kedua jurusan tersebut, kamu akan lebih banyak belajar tentang kisah, puisi, drama, dan sebagainya.

Terdapat beberapa universitas terbaik di Indonesia yang menggabungkan jurusan sastra dan bahasa menjadi satu kesatuan. Jadi kamu harus perhatikan dulu perguruan tinggi yang akan kamu pilih ketika akan menentukan jurusan kuliah, khususnya jurusan sastra dan bahasa.

Untuk di bagian bahasa, kamu akan lebih banyak belajar tentang gaya bahasa, ejaan, penulisan, dan tata bahasa. Sementara di bagian sastra akan lebih banyak belajar tentang drama, puisi, kisah, dan masih banyak lagi.

Sastra dan Bahasa menjadi jurusan kuliah yang tidak ada Matematika yang sangat kami rekomendasikan.

2. Jurusan Ilmu Sejarah

Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari tentang peristiwa yang telah terjadi sejak lama atau terjadi di masa lampau. Dari ilmu yang dipelajari tersebut, kamu akan membandingkan situasi di masa lalu dan masa sekarang.

Jurusan Ilmu Sejarah sangat cocok untuk kamu yang merasa tidak terlalu pintar. Bahkan di jurusan ini tidak ada jurusan matematika. Meskipun ada, pembahasannya tidak akan terlalu mendalam.

Setelah lulus dari jurusan Ilmu Sejarah, kamu bisa bekerja menjadi budayawan maupun sejarawan.

3. Jurusan Hubungan Internasional

Bagi kamu yang suka berkomunikasi dan punya kemampuan bahasa asing yang baik, memilih jurusan Hubungan Internasional adalah pilihan tepat. Pasalnya saat kuliah di jurusan ini, kamu akan lebih banyak berkomunikasi dengan orang asing.

Setelah lulus dari jurusan Hubungan Internasional, kamu bisa menjadi diplomat dan harus siap kerja di luar negeri. Tentu saja hal ini sangat menarik karena kamu bisa memperoleh pengalaman bekerja di luar negeri.

Siapa yang ingin merasakan suasana kehidupan di luar negeri?

Kuliahlah di jurusan Hubungan Internasional! Selain tidak butuh kemampuan menghitung yang tinggi, setelah lulus kamu bisa bekerja di luar negeri.

Baca juga: Pekerjaan Jurusan IPA yang Gajinya Besar & Prospek Kerja Bagus

4. Jurusan Sosiologi

Bagi kamu yang berasal dari jurusan IPS ketika SMA lalu, kamu bisa melanjutkan studi ke bangku perkuliahan dengan mengambil jurusan Sosiologi. Di jurusan ini, kamu akan lebih banyak bersosialisasi dengan masyarakat.

Meskipun terlihat mudah dan sederhana, namun cakupan ilmu sosiologi sangat luas. Selama perkuliahan nanti, kamu akan memperoleh mata kuliah tentang Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Industri, Sosiologi Gender, dan Sosiologi Lingkungan.

5. Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi menjadi jurusan kuliah yang tidak membosankan yang bisa kamu pertimbangan. Karena selama kuliah nanti, kamu akan belajar banyak tentang menulis berita, membuat iklan, desain, fotografi, public speaking, menjadi pembawa acara, dan masih banyak lagi.

Jurusan Ilmu Komunikasi termasuk jurusan yang tepat untuk kamu yang tidak menyukai matematika. Karena nantinya kamu akan lebih banyak belajar tentang komunikasi dengan banyak orang.

6. Jurusan Desain dan Animasi

Sekarang sudah banyak orang yang memilih jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Salah satu alasan kenapa banyak orang memilih jurusan ini yaitu lebih banyak menggambar dibandingkan dengan menghitung.

Cakupan Ilmu Desain Komunikasi Visual juga cukup luas seperti animasi, desain, dan film. Kalau kamu tertarik dengan animasi, kamu bisa fokus ke bidang film atau game 3D. Tak menutup kemungkinan setelah lulus nanti kamu bisa menjadi animator yang hebat.

7. Jurusan Ilmu Hukum

Ketika kuliah di jurusan Ilmu Hukum, kamu berpotensi tidak akan bertemu dengan Matematika. Karena pada dasarnya ilmu ini lebih mengandalkan konsep dan teori secara mendalam.

Namun setelah lulus nanti kamu tidak bisa langsung bekerja. Pasalnya kamu harus terus menimba ilmu lagi di beberapa lembaga hukum, kejaksaan, pengadilan, dan lembaga lainnya.

Poin penting yang harus kamu perhatikan ketika lulus dari jurusan Ilmu Hukum adalah harus selalu membela kebenaran. Jangan terpaku untuk membela orang-orang yang berduit saja ya..

Baca juga: 7 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

8. Kriminologi

Kuliah di jurusan Kriminologi juga berpotensi tidak akan mempelajari ilmu Matematika secara mendalam. Karena di jurusan ini lebih menekankan pada evaluasi bukti, analisis data, penilaian etis, pemikiran kritis, dan kecakapan lainnya seperti halnya seorang detektif.

Ketika kuliah di jurusan Kriminologi, kamu akan dibekali banyak Ilmu Hukum dan Sosial. Kamu juga akan belajar tentang perilaku masyarakat yang sangat bermanfaat untuk menelusuri setiap kasus hingga memperoleh solusinya.

9. Jurusan Ilmu Filsafat

Jurusan ini memang sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin bergelut dengan Matematika. Namun tidak suka matematika bukan berarti tidak suka berpikir kan?

Nah kalau kamu punya jiwa pemikir yang sangat tinggi, memilih jurusan Ilmu Filsafat merupakan pilihan yang sangat tepat. Apalagi kalau kamu suka berpikir dengan kritis dan menyeluruh, jurusan ini sangat cocok kamu pilih.

Selama kuliah di jurusan Ilmu Filsafat, kamu akan belajar banyak tentang kehidupan manusia, siapa pencipta alam semesta ini, dan masih banyak pertanyaan lainnya yang harus kamu jawab.

Perlu kamu ketahui ya kalau Filsafat ini adalah ilmu dasar untuk semua ilmu. Jadi jangan heran kalau selama kuliah nanti kamu akan lebih banyak berpikir.

10. Jurusan Antropologi

Hampir sama seperti jurusan Sosiologi, Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang manusia. Kamu akan belajar berbagai aspek tentang budaya, bahasa, agama, hak asasi manusia, dan sebagainya.

Seorang lulusan jurusan antropologi biasanya punya pemahaman yang sangat luas tentang toleransi. Tidak hanya itu, pemahaman mengenai keberagaman, dinamika sosial budaya lokal, regional, dan global sangat tinggi.

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa bergabung dengan organisasi asing di bidang kebudayaan. Selain itu kamu juga bisa menjadi seorang peneliti budaya dan sosial kemasyarakatan. Pekerjaan yang lainnya yaitu menjadi kurator, pustakawan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Jurusan Kuliah IPS Yang Menjamin Masa Depan Untuk Perempuan

Tentukan Pilihanmu!

Demikianlah beberapa jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar yang bisa kamu pertimbangkan. Kesepuluh jurusan di atas juga sangat minim ilmu matematikanya yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar calon mahasiswa baru.

Leave a Comment