Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK Teknik Mesin & TKR

Salah satu jurusan SMK yang memiliki banyak sekali peminatnya adalah jurusan Teknik Mesin dan Otomotif atau TKR. Tidak sedikit dari mereka yang ingin melanjutkan studi ke bangku kuliah. Terlebih lagi sekarang telah banyak universitas yang menawarkan jurusan kuliah untuk anak SMK Teknik Mesin.

Memilih jurusan ini perlu kamu pertimbangkan dengan matang karena akan berdampak pada karir kamu setelah lulus nanti. Setidaknya jurusan yang kamu pilih punya prospek yang bagus di masa depan.

10 Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK Teknik Mesin dan Otomotif

Apakah kamu adalah lulusan SMK Teknik Mesin atau TKR dan ingin melanjutkan studi ke bangku perkuliahan? Atau kamu bingung jika kuliah nanti mau memilih jurusan apa?

Pada kesempatan kali ini Cecepkocep akan berikan beberapa rekomendasi universitas yang menerima lulusan SMK jurusan Teknik Mesin dan TKR. Simak penejalasan di bawah ya.

1. Teknik Mesin

Kamu bisa memperdalam ilmu yang dipelajari selama di SMK dengan melanjutkan kuliah di jurusan Teknik Mesin. Kemampuan dasar ilmu permesinan tentu saja sudah kamu pelajari selama di bangku SMK.

Seharusnya kamu tidak akan begitu kesulitan untuk menjalani perkuliahan nanti. Ketika perkuliahan nanti, kamu akan memperdalam ilmu dari teknik mesin seperti Mekanika, Kinematika, dan Termodinamika.

Untuk prospek kerjanya setelah lulus nanti tidak perlu kamu ragukan lagi. Karena hampir semua hal saat ini berhubungan erat dengan mesin. Jadi kamu bisa bekerja sebagai Mechanical Engineer, Designer, atau operator.

2. Teknik Otomotif

Jurusan kuliah untuk anak SMK Teknik Mesin yang selanjutnya bisa kamu pertimbangkan adalah Teknik Otomotif. Peluang kerjanya tidak hanya berhubungan erat dengan perbengkelan saja.

Kalau kamu memang berkompeten, kamu bisa membuat desain body ataupun mesin kendaraan sendiri. Kemudian mempresentasikan prototype kendaraan kamu itu ke perusahaan-perusahaan kendaraan bermotor.

Saat ini juga sudah banyak para lulusan Teknik Otomotif yang bekerja sebagai engineer, maintenance planner, dan designer. Kamu bisa bekerja di perusahaan-perusahaan besar seperti Halliburton, Badak LNG, Astra, dan masih banyak lagi.

3. Teknik Elektro

Meskipun kamu ingin berpindah haluan dari jurusan Otomotif atau Mesin, kamu bisa memilih jurusan Teknik Elektro. Setidaknya kamu sudah punya kemampuan dasarnya meskipun tidak banyak.

Hampir semua industri perusahaan maupun individu memerlukan listrik, sehingga prospek kerjanya sangat cerah. Nantinya kamu bekerja sebagai teknisi listrik di perusahaan.

Banyak universitas terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin kuliah di jurusan Teknik Elektro. Salah satunya adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung yang termasuk ke dalam jajaran universitas terbaik di Bandung.

4. Administrasi Bisnis Otomotif

Selanjutnya kamu bisa melanjutkan studi di jurusan Administrasi Bisnis Otomotif. Bila selama ini kamu hanya berkutat di bagian tekniknya saja, namun di jurusan ini kamu akan belajar juga tentang bisnisnya seperti apa.

Bila berbicara tentang otomotif tentu saja sangat luas dan tidak hanya berkutat dengan teknisi saja. Jurusan Administrasi Bisnis Otomotif hadir untuk memberikan pembelajaran untuk mengembangkan ilmu otomotif ini ke ranah bisnisnya.

Jadi setelah lulus kuliah nanti kamu tidak hanya bisa bekerja di perusahaan saja. Kamu juga bisa menjadi seorang wirausahawan yang profesional baik di sektor industri menengah maupun besar.

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak SMK Akuntansi

5. Matematika

Matematika merupakan basic untuk kamu mempelajari teknik pemesinan di bangku SMK. Kalau kamu tidak ingin melanjutkan kuliah di teknik Mesin, kamu bisa memilih jurusan Matematika.

Kalau kamu mengambil jurusan Matematika Murni, kamu bisa menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian. Atau kamu juga bisa memilih Pendidikan Matematika jika kamu punya kemampuan mengajar yang bagus.

Banyak universitas yang menawarkan jurusan Matematika. Untuk Matematika Murni, salah satunya kamu bisa pilih Institut Teknologi Bandung (ITB). Sementara untuk Pendidikan Matematika bisa memilih Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

6. Fisika

Ilmu dasar yang kamu pelajari selama sekolah di jurusan Mesin tentu saja adalah Fisika. Kamu juga bisa melanjutkan kuliah di jurusan yang dikenal sebagai jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar.

Prospek kerja untuk lulusan Fisika ini sangat luas. Misalnya kamu bisa menjadi ilmuwan, peneliti, programmer, tenaga pendidik, dan masih banyak lagi. Tapi ilmunya yang sulit membuat jurusan Fisika ini sepi peminatnya.

7. Teknik Kimia

Meskipun tidak berhubungan langsung, tapi Teknik Kimia masih bersinggungan dengan jurusan SMK TKR. Jurusan Teknik Kimia ini bisa kamu pertimbangkan, terutama kalau punya basic ilmu kimia yang bagus.

Selama perkuliahan nanti kamu akan belajar tentang tata cara pengelolaan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna. Berbeda dengan jurusan Kimia Murni yang mempelajari tentang dasar-dasarnya.

Salah satu universitas yang menawarkan jurusan Teknik Kimia adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

8. Teknik Perminyakan

Tidak berbeda jauh dengan Teknik Kimia, kamu akan mempelajari tentang pengelolaan bahan mentah menjadi bahan berguna. Hanya saja untuk jurusan Teknik Perminyakan ini lebih berfokus pada bahan bakar minyak.

Perlu kamu ketahui kalau Teknik Perminyakan ini termasuk jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja, terutama industri pertambangan. Gaji yang ditawarkan oleh perusahaan jura relatif sangat besar.

Itulah beberapa jurusan kuliah untuk anak SMK jurusan Mesin yang bisa kamu pertimbangkan. Jurusan kuliah di atas tentu saja masih bersinggungan dengan jurusan yang kamu ambil selama di bangku SMK.

Dengan memilih jurusan yang Kocep rekomendasikan di atas, kamu bisa menjalani perkuliahan dengan lebih baik. Karena kemampuan dasar jurusan kuliah tersebut sudah kamu pelajari di bangku SMK.

Leave a Comment